Ilustrasi palu hakim, Foto: pixabay.com

MA Tambah Hukuman Pembobol Kas Daerah Semarang

Estimasi Baca:
Rabu, 27 Sep 2017 18:55:25 WIB

Kriminologi.id - Mahkamah Agung (MA) memperberat hukuman Diah Ayu Kusumaningrum, terpidana kasus pembobolan dana kas daerah Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, senilai Rp 26,7 miliar. Dalam sidang kasasi yang dipimpin Hakim Agung Artidjo Alkostar, MA memvonis hukuman 12 tahun penjara terhadap mantan pegawai Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) itu.

Panitera Muda Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Heru Sungkowo, membenarkan putusan kasasi dalam perkara tersebut.

Baca : 8 Pelajar Pembakar Kantor Polisi Divonis 6 Bulan Penjara

"Sudah diputus, salinannya juga sudah disampaikan ke kami," kata Heru, seperti dilansir lewat Antara, Rabu, 27 September 2017.

Selain hukuman badan, MA juga memperberat hukuman denda dari sebelumnya Rp 100 juta menjadi Rp 500 juta. Hakim juga masih mengharuskan personal banker BTPN itu mengembalikan uang kerugian negara sebesar Rp 21,5 miliar.

Baca : Hakim Vonis Pemerkosa Anak Kandung 16 Tahun Bui

Hukuman 12 tahun penjara itu lebih berat dari putusan pengadilan tingkat pertama. Pengadilan Negeri Tipikor Semarang menghukum Diah Ayu Kusumaningrum 9 tahun penjara dalam sidang Oktober 2016. Terdakwa terbukti melanggar Pasal 3 dan 5 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah dibuat dan ditambahkan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Saat bekerja sebagai pegawai BTPN, Diah Ayu bertugas mengurusi simpanan dana yang bersumber dari pajak dan retribusi. Terdakwa terbukti memberikan sesuatu kepada pejabat negara atau pegawai negeri dengan maksud tertentu. AA

Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500