Ilustrasi vonis hakim, Foto: Istimewa

Mantan Pacar Dibunuh untuk Tumbal, Pelaku Dihukum 32 Tahun Penjara

Estimasi Baca:
Jumat, 4 Mei 2018 09:55:15 WIB

Kriminologi.id - Sandile Mantsoe (28) dihukum 32 tahun penjara oleh Pengadian Tinggi Johannesburg karena terbukti membunuh mantan pacarnya. Sandile membunuh Karabo Mokonea (22) dan membakar jenazahnya karena melakukan ritual untuk kemakmuran hidupnya atau yang biasa disebut tumbal.

Pembunuhan terhadap Mokoena terjadi pada tahun lalu dan memicu kemarahan warga. Protes pun digelar di seluruh provinsi Gauteng, yang meliputi kota-kota Johannesburg dan Pretoria.

Mereka menggunakan tagar seperti #MenAreTrash untuk mengutuk insiden itu. Beberapa pria juga bergabung dengan kampanye melawan kekerasan terhadap wanita tersebut.

Hakim Peet Johson mengatakan pada hari Kamis, 3 Mei 2018, terdakwa tidak menunjukkan penyesalan. Hal itu menurutnya berbahaya bagi masyarakat, seperti dilansir dari Anadolu, Jumat, 4 Mei 2018.

Menurut Johson, Mantsoe mencoba segala cara untuk menyembunyikan jasad mantan kekasihnya yang terbakar. Penegak hukum berhasil menemukan jasad korban dan menyeret pelaku ke pengadilan.

Mantsoe bahkan membantah melakukan pembunuhan terhadap Mokoena. Selama pemeriksaan, dia mengaku menemukan bahwa Mokoean melakukan bunuh diri dengan menikam dirinya sendiri saat dirinya kembali ke rumah. Mantsoe kemudian menguburkan jenazah korban yang hangus di sebuah makam di lahan kosong.

Pengungkapan kasus itu dilakukan aparat setelah pihak keluarga mengajukan laporan orang hilang pada bulan April tahun lalu.

Seperti dilansir dari BBC, pihak kepolisian mengatakan, terdakwa mengakui pembunuhan itu sebagai bagian dari ritual yang akan memajukan usahanya. 

Hakim, dalam persidangan, memberi tahu Mantsoe bahwa jika dia berpikir kekayaannya dapat membawa dia bebas ke mana-mana, maka kini dia tidak punya tempat selain di penjara.

Afrika Selatan tercatat sebagai wilayah dengan kasus perkosaan dan pembunuhan tertinggi di seluruh dunia, dengan sebagian besar korban dibunuh oleh pasangan mereka. AS

KOMENTAR
500/500