Murid SD Tewas, Guru Divonis Bebas

Estimasi Baca :

pixabay - Kriminologi.id
pixabay

Kriminologi.id - Kasus kematian siswa SD Global Sevilla, Gabriella Sheryl Howard atau Gaby yang meninggal karena tenggelam saat mengikuti pelajaran olahraga telah diputus di persidangan. Terdakwa Ronaldo Laturette yang tak lain adalah guru olahraga Gaby diputus tidak bersalah.

"Mengadili dan menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diberitakan penuntut umum, dan oleh karenanya membebaskan terdakwa dari segala dakwaan tuntutan," ucap Ketua Majelis Hakim Matauseja Erna Marylin saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa, 28 November 2017. 

Baca: Murid SD Tewas Dianiaya, Pihak Sekolah Bantah Ada Perkelahian

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai tidak ada satu pun saksi yang diajukan oleh Jaksa yang bisa membuktikan terdakwa telah lalai hingga menyebabkan Gaby kehilangan nyawa. 

Jaksa Mardiana Yolanda Isabella Silaen telah menghadirkan 8 saksi ke persidangan, yaitu kedua orang tua Gaby, guru UKS, guru wali kelas, dokter RS Pondok Indah Puri Indah, dokter RS Polri, penyidik kepolisian, serta terdakwa sendiri. 

Namun tak satu pun keterangan saksi yang dianggap majelis hakim bisa menerangkan kelalaian yang dilakukan terdakwa hingga menyebabkan tewasnya Gaby.
  
Jaksa menjerat terdakwa dengan Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun penjara. Namun jaksa hanya menuntut terdakwa dengan tuntutan 10 bulan penjara.

Atas vonis bebas yang berbeda jauh dari tuntutan kepada terdakwa, Jaksa menyatakan akan mengajukan kasasi. 

Baca: Trauma Dirisak, Murid SD di Jakarta Timur Tak Sekolah Sepekan

Kasus ini bermula dari kematian Gaby yang ditemukan tewas di kolam renang sekolahnya SD Global Sevilla, Puri Indah, Jakarta Barat saat mengikuti pelajaran renang pada 17 September 2015.

Guru olahraga Gaby, Ronaldo Laturette yang dianggap lalai mengawasi murid didiknya dilaporkan oleh kedua orang tua Gaby ke kepolisian. Persidangan kasus ini memakan waktu yang panjang hingga 2 tahun lamanya. RZ

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Vonis Murid SD Tewas, Guru Divonis Bebas

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu