Ilustrasi: Hukum Cambuk Foto: Pixabay

Pelecehan Seksual Anak, 4 Orang Dihukum Cambuk di Halaman Masjid

Estimasi Baca:
Selasa, 14 Nov 2017 09:35:11 WIB

Kriminologi.id - Sebanyak empat orang terdakwa dihukum cambuk karena terbukti secara sah melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. Tim eksekutor yang menghukum cambuk kepada mereka berlangsung di halaman Masjid Agung, Blangpidie, Aceh.

“Empat terdakwa tersebut melanggar Pasal 47 Qanun Nomor 6 tahun 2014 dan menjatuhkan hukuman uqubat tazir cambuk sebagaimana keputusan Mahkamah Syariah Tapaktuan, Aceh Selatan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya, Abdur Kadir di Aceh, Senin, 13 November 2017.

Baca: Pelecehan Seksual Anak Tinggi di Maluku, Jaksa Naikkan Tuntutan

Adapun para terdakwa yang dihukum cambuk atas nama Hasanuddin Waruhu, 42, warga Desa Pisang, Kecamatan Setia, M Jasman, 20, warga Desa Alue Jerjak, Kecamatan Babahrot. Kemudian, M Safwan, 38, warga Desa Suka Damai, Kecamatan Manggeng dan Rudi Arianto, 18, warga Desa Alue Sungai Pinang.

Hukuman cambuk yang dijatuhkan kepada mereka jumlahnya berbeda-beda. Mahkamah Syariah telah memutuskan, terdakwa Jasman dicambuk 48 kali. Berhubung telah menjalani masa penahanan selama 14 bulan, maka hukuman cambuk terhadapnya dikurangi menjadi 34 kali.

Baca: Hukum Mati atau Kebiri bagi Pelaku Kekerasan dan Pelecehan Anak

Begitu pun dengan Rudi Arianto dari 30 kali dikurangi menjadi 20 kali cambuk setelah dipotong masa penahanan selama 10 bulan. Hal serupa juga terjadi pada terdakwa Hasanuddin dan M. Safwan yang masing-masing mendapat cambukan sebanyak 4 hingga 8 kali setelah dikurangi di dalam rumah tahanan negara.

"Jadi, dalam perkara ini empat terdakwa itu masing-masing telah menjalani penahanan sejak dimulainya penyelidikan oleh pihak kepolisian sampai keluarnya vonis dari Mahkamah Syariah yang telah berkekuatan hukum," kata Abdur. TD

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Nuruddin Lazuardi
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500