Dok. Zainab Ansari. Ilustari: Kriminologi.id

Pemerkosa dan Pembunuh Zainab Ansari Dihukum Mati

Estimasi Baca:
Minggu, 18 Feb 2018 10:05:26 WIB

Kriminologi.id - Imran Ali, seorang pembunuh berantai di Pakistan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Kota Lahore. Imran terbukti melakukan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap bocah berusia 7 tahun, Zainab Ansari.

Pengadilan khusus antiterorisme yang digelar di Kota Lahore, Pakistan, menghadirkan terdakwa Imran Ali, Sabtu, 17 Februari 2018. Imran Ali, terbukti memperkosa dan membunuh Zainab Ansari, bocah berusia 7 tahun di Peerowala di kota Kasur. Imran Ali juga terbukti membuang mayatnya di tumpukan sampah pada awal Januari 2018.

Zainab kemudian ditemukan tewas di tempat pembuangan sampah pada 9 Januari 2018 setelah beberapa hari menghilang. Kematian Zainab Ansari memicu demonstrasi di penjuru Pakistan yang menuntut pemerintah menyelesaikan kasus tersebut secara cepat.

Baca: Pembunuh Zainab Ansari Ditangkap, Pelaku Terlibat Penculikan 7 Anak

Ehtasham Qadir, Jaksa Agung Punjab, kepada wartawan mengatakan putusan tersebut juga mengumumkan denda satu juta rupee untuk Imran. Tuduhan tersebut termasuk penculikan, pemerkosaan, pembunuhan dan terorisme.

"Saya sangat berterima kasih kepada hakim agung, dia memperlakukan Zainab seperti putrinya sendiri," kata ayah Zainab, Amin Ansari, kepada Al Jazeera.

Sementara ibu korban Nusrat Amin mengatakan, Imran Ali yang dijatuhi hukuman mati dengan empat tuduhan, belum cukup untuk menghukum kejahatan yang dia lakukan.

"Saya ingin dia digantung di mana dia melemparkan tubuh Zainab dan dia harus dilempari batu," kata Nusrat Amin.

Media setempat melaporkan, pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Zainab Ansari merupakan kasus ke-12 di distrik Kasur pada 2017.

Seperti diberitakan pihak kepolisian Pakistan Selasa, 23 Januari 2018, menangkap Imran Ali, yang diduga melakukan pembunuhan berantai dan pemerkosaan. Pejabat kementerian provinsi Punjab, mengatakan bahwa pelaku mengakui membunuh Zainab. Selain itu hasil uji DNA yang dilakukan, cocok dengan sampel DNA yang ada pada tubuh korban.

Pihak kepolisian setempat, Zulfiqar Hameed mengatakan tersangka adalah salah satu tetangga Zainab. Dari hasil rekaman kamera pengawas atau CCTV pada hari penculikan zainab menunjukkan bahwa dia berjalan dengan tenang bersama seorang pria yang diidentifikasi sebagai penculiknya.

Baca: Misteri Buron Tersangka 70 Kasus Pembunuhan Terpecahkan

Petugas yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa pelaku telah melakukan pemerkosaan dan beberapa pembunuhan setidaknya terhadap tujuh anak perempuan.

Hasil autopsi yang dilakukan terhadap jenazah korban menyebutkan bahwa Zainab telah diperkosa dan dicekik hingga tewas.

"Dia ditangkap sebelumnya, tapi dibebaskan karena kami tidak memiliki bukti. Setelah itu, dia mencukur jenggotnya agar tidak ada yang bisa mengenalinya," kata pejabat setempat

Sharif mengatakan dalam pernyataannya bahwa 1.150 sampel DNA dikumpulkan dan disesuaikan dengan sampel yang diambil dari tubuh Zainab.

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500