Ilustrasi vonis. Foto: Pixabay.com

Pengadilan Cibadak Bebaskan Terdakwa Pemerkosa Gadis Bawah Umur

Estimasi Baca:
Jumat, 5 Jan 2018 21:30:27 WIB

Kriminologi.id - Salah seorang terdakwa kasus pemerkosaan gadis pelajar SMP di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cibadak. Meski vonis tersebut dinyatakan banding, keputusan majelis hakim ini dikecam oleh Lembaga Penelitian Sosial dan Agama (Lensa).

Direktur Lensa, Daden Sukendar mengatakan vonis bebas itu merugikan korban dan perlu dipertimbangkan oleh Mahkamah Agung.

"Kami terkejut setelah menerima informasi, terdakwa kasus pemerkosaan yakni BS alias Unyit (23) divonis bebas oleh empat majelis hakim yang menangani sidang kasus ini," kata Daden Sukendar di Sukabumi, Jumat, 5 Januari 2018.

Baca: Bertemu di WC Umum, Wanita Muda Hampir Diperkosa

Menurut informasi, korban RO melaporkan kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan BS bersama tiga rekannya kepada pihak kepolisian beberapa waktu lalu dan kasusnya pun disidangkan sesuai Perkara Pidana No.341/Pid.Sus/2017/PN.Cbd melalui Pengadilan Negeri Cibadak.

Namun, sayangnya dari hasil sidang tersebut majelis hakim memutuskan untuk memvonis bebas terdakwa BS. Menurut Daden, vonis ini merugikan korban. Selain bisa kehilangan masa depan karena telah diperkosa secara bergiliran, masyarakat juga disebutnya tidak bisa mencari keadilan.

"Perlu adanya evaluasi baik dari Pengadilan Tinggi hingga Mahkamah Agung, karena kasus vonis bebas terhadap pelaku kejahatan seperti ini sudah beberapa kali terjadi," katanya.

Baca: Karyawati Bank Dirampok dan Diperkosa Seorang Remaja

Daden berharap adanya keadilan untuk korban dari kasus ini apalagi korbannya adalah perempuan di bawah umur. Pihaknya juga berharap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi yang menangani kasus tersebut memperjuangkan keadilannya melalui banding di Pengadilan Tinggi Jabar.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500