Ilustrasi penyelundupan manusia. Foto: Pixabay.com

Penyelundup Manusia ke Malaysia Divonis 5 Tahun Penjara

Estimasi Baca:
Jumat, 1 Des 2017 07:05:39 WIB

Kriminologi.id - Malle Rabbi, pelaku kasus penyelundupan manusia ke Negeri Sabah, Malaysia akhirnya divonis selama lima tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Nunukan, Kalimantan Utara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Husni menyatakan vonis majelis hakim lebih ringan dari tuntutan semula selama enam tahun penjara pada persidangan, Rabu, 29 November 2017.

Vonis yang lebih ringan dari tuntutan tersebut, JPU mempertimbangkan untuk banding. "Kami masih pikir-pikir dulu apakah banding atas vonis majelis hakim terhadap terdakwa," ujar Husni, Kamis, 30 November 2017.

Baca: Tak Terima Putusan Sidang, Penjahat Perang Minum Racun Depan Hakim

Ia menyatakan, terdakwa melanggar pasal 120 ayat (1) Undang-Undang Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2011 junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Pada persidangan sebelumnya yang menghadirkan tujuh orang saksi, JPU menuntut terdakwa selama enam tahun dengan denda Rp 500 juta subsidair tiga bulan penjara.

Husni juga mengatakan, selama persidangan terdakwa mengakui kesalahannya dimana telah enam kali menyelundupkan orang untuk bekerja di Negeri Sabah dengan ongkos sebesar Rp 600.000 per orang.

Baca: Murid SD Tewas, Guru Divonis Bebas

Malle Rabbi tertangkap aparat dari TNI AL di dermaga Pelabuhan Rakyat Yamaker Kelurahan Nunukan Barat saat menyeberangkan 15 calon TKI secara ilegal tujuan Malaysia beberapa waktu yang lalu. Dari 15 calon TKI tujuan Malaysia itu, empat orang diantaranya anak-anak. AN

Penulis: Adryan Novandia
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500