Ilustrasi sabu-sabu Fotp: Kriminologi.id

Reza, Pemilik 23 Paket Sabu 15,3 Gram di Bali Divonis 9 Tahun Penjara

Estimasi Baca:
Rabu, 18 Apr 2018 20:15:15 WIB
Vonis terhadap Reza Rizal Alamsyah, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewa Arya Lanang Raharja yang menuntut hukuman 13 tahun penjara dan denda Rp1 miliar, subsider enam bulan penjara.

Kriminologi.id - Terbukti memiliki 23 paket sabu-sabu dengan berat total mencapai 15,3 gram, Reza Rizal Alamsyah, dijatuhi hukuman selama sembilan tahun penjara. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, juga menjatuhkan denda Rp 1 miliar, subsider enam bulan penjara kepada pria 22 tahun tersebut.

"Terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melawan hukum memiliki, menyimpan dan menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman melebihi lima gram," kata Ketua Majelis Hakim Angeliky Handajani Day di Pengadilan Negeri Denpasar, Rabu, 18 April 2018.

Hakim menilai perbuatan Reza melanggar Pasal 112 Ayat 2 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Vonis majelis hakim itu, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewa Arya Lanang Raharja yang menuntut hukuman 13 tahun penjara dan denda Rp1 miliar, subsider enam bulan penjara.

Yang meringankan hukuman Reza, karena bersikap sopan dalam persidangan. Selain itu, Reza belum pernah dihukum dan menyesali perbuatannya.

Hal yang memberatkan tuntutan JPU, karena perbuatan Reza tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan segala bentuk peredaran narkotika.

Perbuatan Reza terungkap, berawal dari informasi dari masyarakat. Reza sering membawa dan mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu. 

Petugas melakukan pengintaian terhadap Reza dan berhasil membekuknya pada 19 Oktober 2017, pukul 16.00 Wita di rumahnya, Jalan Nusa Kambangan IX Nomor 6, Denpasar Barat.

Dari penangkapan, polisi menggeledah baju dan celana Reza, namun tidak ditemukan barang bukti. Kemudian, petugas melanjutkan penggeledahan ke dalam kamar Reza dan mendapati 13 plastik klip kristal bening di dalam dompet warna merah di atas lemari pakaiannya.

Tidak hanya itu, petugas juga menemukan di dalam dompet itu sembilan plastik klip kecil berisi kristal bening yang terbungkus satu klip plastik besar. Selanjutnya, petugas juga menemukan satu klip sabu yang ditemukan di bawah meja beserta bong atau alat hisap barang haram itu.

Kepada petugas Reza mengakui barang itu miliknya dan petugas langsung membawanya ke kantor polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan barang bukti juga dilakukan penimbangan.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500