Sejoli Pengedar Sabu di Bali Divonis 12 Tahun Bui

Estimasi Baca :

Vonis hukum kasus penyalahgunaan narkoba. Ilustrasi: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Vonis hukum kasus penyalahgunaan narkoba. Ilustrasi: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Sepasang kekasih, I Gede Sudarta (33) dan Tutik Ernawati (35) dijatuhi vonis 12 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Denpasar karena terbukti mengedarkan sabu-sabu. Keduanya ditangkap dengan barang bukti kepemilikan sabu-sabu seberat 773,71 gram. 

"Perbuatan kedua terdakwa melanggar Pasal 112 Ayat 2 jo Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata ketua majelis hakim I Made Pasek saat membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, Senin, 5 Februari 2018.

Baca: Pasutri Bandar Sabu Aniaya Polisi, Suami Tewas Ditembak

Vonis itu lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut sejoli itu dengan  hukuman 15 tahun penjara. Hal yang meringankan bagi kedua terdakwa sehingga majelis hakim memutus vonis di bawah tuntutan karena keduanya bersikap sopan dalam persidangan dan mengakui perbuatannya.

Atas putusan tersebut, kedua terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya Hari Purwanto menyatakan menerima putusan hakim.

Dalam dakwaan tersebut disebutkan sejoli ini ditangkap petugas di area parkir restoran cepat saji KFC di Jalan Gatot Subroto Barat menuju Jalan Kebo Iwa, Desa Padangsambian pada 6 Oktober 2017 sekitar pukul 20.30 Wita.

Saat ditangkap, polisi mengamankan barang bukti berupa lima paket sabu-sabu dan 227 paket kecil dengan total berat 773,71 gram bruto atau 684,52 gram. Keduanya ditangkap saat sedang mengendarai mobil Toyota Avansa nomor polisi DK-1349-AF.

Kedua terdakwa tidak sadar jika keduanya yang sudah tinggal bersama sejak April 2017 telah diintai personel kepolisian Ditresnarkoba Polda Bali. Saat turun dari mobil, keduanya pun dengan mudah dibekuk tanpa perlawanan.

Baca: Simpan Sabu Senilai Rp 1,5 M di Pembalut, Kurir Dibayar 15 Juta

Barang bukti beberapa paket narkoba ditemukan di dalam mobil dan petugas menggeledah tempat kos terdakwa di Jalan I Wayan Guntuh Gang VI Nomor 5, Pandem, Kuta Utara, Badung.

Kepada petugas, terdakwa mengaku mendapatkan barang haram itu dengan cara membeli dari seseorang bernama John yang kini berstatus DPO. Terdakwa Sudarta dan John melakukan transaksi melalui telepon dengan kode "ranjau" sebagai arti dari sabu-sau. RZ

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Vonis Sejoli Pengedar Sabu di Bali Divonis 12 Tahun Bui

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu