Ilustrasi vonis hakim, Foto: Istimewa

Skandal Riggs Bank, Pengadilan Chili Perintahkan Sita Aset Pinochet

Estimasi Baca:
Sabtu, 25 Ags 2018 19:30:14 WIB

Kriminologi.id - Mahkamah Agung Chili memerintahkan penyitaan aset mantan Presiden Augusto Pinochet senilai lebih dari 1,6 juta dolar AS yang dituding sebagai hasil korupsi. Keputusan ini membatalkan putusan sebelumnya yang menyebutkan keluarga Pinochet dapat menyimpan harta senilai 5 juta dolar AS dari kasus penggelapan dana

Keputusan itu hasil dari penyelesaian skandal yang dikenal dengan kasus Riggs Bank. Kasus Riggs Bank menyelidiki asal-usul kekayaan mendiang Augusto Pinochet yang sebagian disembunyikan di rekening bank dengan nama berbeda di American Riggs Bank dan lainnya.

"Pasangan dan ahli warisnya tidak dapat menganggap diri mereka pemilik, dari asal-usul ilegal aset," ujar putusan yang menyebutkan aset akan dikembalikan ke negara seperti dilansir Anadolou Agency, Sabtu, 25 Agustus 2018.

Pemimpin yang disebut diktator dan meninggal pada 2006 itu juga tersandung dugaan penggelapan dana publik.

Pada 2017, sidang di tingkat banding telah membatalkan penyitaan aset Pinochet. Pengadilan memutuskan hampir 5 juta dolar AS yang disita pada 2004 harus dikembalikan ke kerabatnya.

Keputusan pada Jumat sebagian membatalkan keputusan itu, tetapi membiarkan keluarga Pinochet menyimpan sebagian besar asetnya.

Tiga purnawirawan militer yang dinyatakan tidak bersalah oleh putusan sebelumnya, kini dinyatakan bersalah menyelewengkan dana publik dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara.

Pinochet memerintah Chili selama 17 tahun mulai 1973 hingga 1990 setelah sukses melakukan kudeta militer atas presiden Salvador Allende.

Ia disebut pemimpin berdarah dingin karena selama masa kepemimpinannya lebih dari 3.000 orang tewas atau hilang dan puluhan ribu disiksa.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500