Ilustrasi vonis hakim, Foto: Istimewa

Suap Auditor BPK, Irjen Kementerian Desa Divonis 1,5 Tahun Penjara

Estimasi Baca:
Rabu, 25 Okt 2017 17:21:31 WIB

Kriminologi.id - Inspektur Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tinggal, dan Transmigrasi, Sugito divonis 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 100 juta oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Sugito terbukti bersalah menyuap auditor BPK dengan uang sebesar Rp 240 juta. 

Suap tersebut diberikan Sugito kepada auditor BPK Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli agar Kementerian Desa PDTT mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Sugito terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan dan denda sebesar Rp 100 juta," kata ketua Majelis Hakim Diah Siti Basariah saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Rabu 25 Oktober 2017.

Baca: Kasus Suap Auditor BPK, Dua Pejabat Kemendes Dituntut 2 Tahun Bui

Vonis yang dijatuhkan kepada Sugito lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menuntut Sugito divonis 2 tahun penjara ditambah denda Rp 250 juta. 

Vonis yang dijatuhkan kepada Sugito bersamaan dengan vonis yang diterima oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Keuangan Inspektorat Jenderal Kementerian Desa PDTT, Jarot Budi Prabowo yang merupakan bawahan Sugito. Jarot divonis pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 75 juta dalam kasus yang sama.

Dalam pertimbangan vonis tersebut, majelis hakim menyatakan bahwa perbuatan keduanya dianggap telah memperburuk citra inspektorat yang seharusnya melakukan pengawasan.

"Perbuatan terdakwa semakin menguatkan persepsi publik bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah atau inspektorat belum optimal melakukan tugas untuk mengawasi jalannya pemerintah dan malah jadi bagian permasalahan," tambah Diah yang menjadi ketua majelis hakim didampingi anggota majelis: Ibnu Basuki Wibowo, Hastoko, Sofialdi, dan Sigit Herman Binaji.

Baca: Suap Auditor BPK, Moge Diantarkan ke Rumah Sigit

Atas vonis itu, Sugito dan Jarot menyatakan menerima putusan tersebut. Sementara Jaksa menyatakan pikir-pikir.

"Saya selaku terdakwa menerima putusan mengucapkan terima kasih kepada majelis hakim termasuk JPU, saya menerima putusan," ucap Sugito. RZ

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500