Suap Gubernur Rp 236 Miliar, Mantan Orang Terkaya Dihukum 30 Tahun Bui

Estimasi Baca :

Foto: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi vonis. Foto: Pixabay

Kriminologi.id - Eike Batista, mantan orang terkaya di Brasil, dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena menyuap mantan gubernur Rio de Janeiro. Tokoh terkemuka bidang pertambangan dan minyak dinyatakan bersalah karena menyuap Sergio Cabral 16,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 236,7 miliar.

Hakim federal di Rio de Janeiro menghukum Batista setelah penyelidikan yang berlangsung atas kasus suap kepada Sergio Cabral untuk mendapatkan keuntungan dalam kontrak pemerintah Ex-Gov. Cabral juga divonis bersalah atas beberapa kasus korupsi dan kini berada dalam penjara.

Dilansir dari Antara, Rabu, 4 Juli 2018, penyelidikan telah membuat sejumlah pengusaha dan politikus kuat terkena hukuman penjara. Tim pengacara Batista mengatakan mereka akan mengajukan banding atas putusan itu. Batista dinyatakan bersalah karena menyuap Cabral senilai sekitar Rp 236,7 miliar

Putusan itu merupakan hukuman keenam yang dijatuhkan terhadap Cabral yang telah dijatuhi vonis lebih dari 120 tahun dalam berbagai kasus atas serangkaian dakwaan korupsi.

Enam tahun lalu, Batista (61) memiliki kekayaan sebesar lebih dari 30 miliar dolar atau sekitar Rp 430,3 triliun dan berada pada peringkat 10 dalam daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Batista merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara pengusaha Eliezer Batista. Eliezer Batista adalah Menteri Pertambangan dan Energi pada era pemerintahan Joao Goulart (Presiden Brasil ke-24) dan Fernando Collor (Presiden Brasil pada 1990-1992).

Setelah menghabiskan masa kecilnya di Brasil, Batista dan keluarganya pindah ke Eropa ketika dia masih remaja, karena pekerjaan ayahnya. Mereka tinggal di Jenewa, Dusseldorf dan Brussels.

Pada tahun 1974, ia mulai belajar teknik metalurgi di Universitas Aachen di Jerman. Ketika dia berumur 18 tahun, orang tuanya kembali ke Brasil. Batista tetap di luar negeri dan mulai menjual polis asuransi dari rumah ke rumah untuk mencari nafkah.

Batista adalah ketua konglomerasi Brasil EBX Group. Grup ini mencakup lima perusahaan yang berdagang di Novo Mercado BOVESPA, segmen khusus dari pasar saham Sao Paulo.

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Vonis Suap Gubernur Rp 236 Miliar, Mantan Orang Terkaya Dihukum 30 Tahun Bui

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu