Ilustrasi vonis. Foto: Pixabay.com

Tak Terbukti Korupsi, 4 Eks Pimpinan DPRD Sulbar Bebas

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 22:30:57 WIB

Kriminologi.id - Empat orang mantan pimpinan DPRD Sulawesi Barat bisa bernafas lega. Sempat menjadi terdakwa dalam kasus korupsi APBD tahun 2016, keempatnya akhirnya divonis bebas oleh pengadilan karena dianggap tidak terbukti melakukan korupsi.

Keempat orang itu adalah mantan Ketua DPRD Sulbar Andi Mappangara, dan tiga orang mantan Wakil Ketua DPRD Sulbar yaitu Hamzah Hapati Hasan, Munandar WIjaya, dan H. Harun.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mamuju, pada Senin, 10 September 2018, menyatakan keempatnya tidak terbukti melakukan perbuatan sebagaimana dalam dakwaan jaksa. 

Atas pertimbangan itulah majelis hakim yang dipimpin Beslin Sihombing dan dibantu dua hakim anggota Andi Ada serta Irawan Ismail memutuskan keempat terdakwa dibebaskan dari seluruh dakwaan. Selain itu, Jaksa diminta untuk melakukan pemulihan nama baik keempatnya.

Sebelumnya, keempat pimpinan DPRD Sulbar itu duduk di kursi pesakitan dan dituntut hukuman 7 tahun penjara serta denda Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan. Keempatnya dijerat Pasal 12 i UU Nomor 31 Tahun 199 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500