Dok. Patrialis Akbar, Foto: kriminologi.id/M. Adam Isnan

Terbukti Terima Suap, Hakim Vonis Patrialis Akbar 8 Tahun Bui

Estimasi Baca:
Senin, 4 Sep 2017 18:17:55 WIB

Kriminologi.id - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonis delapan tahun penjara kepada mantan hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar.

"Majelis Hakim menjatuhkan pidana selama delapan tahun denda Rp 300 juta diganti tiga bulan kurungan," ujar ketua majelis hakim Nawawi saat membacakan vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin 4, September 2017.

Patrialis juga dikenai hukuman tambahan membayar uang pengganti sebesar uang suap yang diterimanya. Patrialis dianggap bersalah menerima uang suap sebesar 10 ribu dolar Amerika Serikat dan Rp 4.043.195 dari pengusaha importir daging sapi Basuki Hariman. Suap itu terkait uji materi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Hakim juga membacakan beberapa poin yang meringankan dan memberatkan Patrialis. Hal yang meringankan yakni kooperatif, sopan selama persidangan dan punya tanggung jawab keluarga. Hakim juga mempertimbangkan jasanya yang pernah menjabat Menteri Hukum dan Ham di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  "Pernah berjasa ke negara, salah satunya pernah mendapatkan Satya Lencana," ucap Nawawi.  

Sebelumnya, Direktur CV Sumber Laut Perkasa, Basuki Hariman divonis 7 tahun penjara oleh majelis hakim pada pengadilan Tipikor, Senin,  27 September 2017. Basuki diwajibkan membayar Rp 400 juta dan subsider tiga bulan kurungan penjara. FS


 

Reporter: Walda Marison
KOMENTAR
500/500