Ilustrasi Pernikahan Anak. Foto: Pixabay.com

4 Pernikahan Anak di Bawah Umur Curi Perhatian, Alasan Takut Berzina

Estimasi Baca:
Sabtu, 21 Apr 2018 18:55:05 WIB

Kriminologi.id - Pernikahan pasangan anak yang belum berusia 18 tahun di daerah Bantaeng, Sulawesi Selatan mendapatkan persetujuan dari Pengadilan Agama. Padahal sebelumnya permintaan keduanya untuk menikah ditolak oleh penghulu dan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, akan tetapi melalui pengajuan dispensasi yang ditempuh keduanya ke Pengadilan Agama akhirnya pernikahan itu bisa digelar. 

Pengadilan Agama menyetujui pernikahan pasangan di bawha umur tersebut.  Pernikahan anak di bawah usia 18 tahun masih cukup tinggi di Indonesia. United Nations Children’s Fund (UNICEF) menyebutkan ada 1 dari 4 anak perempuan yang menikah sebelum umurnya genap 18 tahun.

Berikut penelusuran Kriminologi.id terkait kasus pernikahan anak di bawah umur yang sempat geger dan menjadi pembicaraan di media sosial sejak tahun 2017 hingga kini; 

1. Amanda Nikah di Usia 15 Tahun di Sumatera Selatan 

Pernikahan sepasang remaja yang masih duduk di kelas 8 Sekolah menengah Pertama (SMP) di Palembang, Sumatera Selatan, Muhammad Fitrah Rizky alias Gaston dan Amanda Safitri menggemparkan. Amanda Safitri, mempelai perempuan asal Baturaja, Palembang ini masih berumur 15 tahun saat dipinang Gaston.

Kisah ini menjadi viral sejak mempelai perempuan menyebar foto pernikahannya dengan mengunggah melalui media sosial pribadinya Facebook. Pada keterangan foto di unggahannya, pasangan di bawah umur itu telah melakukan akad nikah pada 17 Mei 2017. Tak lupa dalam keterangan foto tersebut, Amanda juga memohon doa dari semua teman dan keluarganya.

2. Andini Nikah di Usia 15 Tahun di Sulawesi Barat

Andini dan Arling adalah dua pelajar yang dinikahkan orang tuanya saat status keduanya masih duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA). Pernikahan keduanya itu digelar orang tua karena khawatir sang anak melakukan perbuatan zina yang dilarang oleh agama.

Hubungan keduanya sangat dekat dan mengaku telah berpacaran selama 8 bulan. Latar belakang saling mencinta ini yang membuat orang tua mereka menikahkan anaknya. 

Saat menikah Andini mempelai wanita berusia 15 tahun, sedangkan pasangannya dua tahun lebih tua atau 17 tahun. Arling dan keluarganya menyiapkan dana sebesar Rp 10 juta dan dua cincin emas sebagai mahar untuk meminang Andini. Akad nikah pasangan tersebut pada 26 November 2017.

3. Awalia Mar'a Nikah di Usia 14 Tahun di Sulawesi Selatan

Berbeda dengan Andini, pasangan Awal Rahman dan Awalia Mar’a memutuskan naik ke pelaminan di usia 14 tahun. Kedua orang tua pasangan pengantin di bawah umur ini masing-masing telah memberikan restu. Rahman dan Mar'a telah menjalin kasih selama 2 tahun. 

Pernikahan keduanya pun digelar di daerah Bulukumba Sulawesi Selatan dengan mahar atau uang panaik sebesar Rp 30 juta. Selain itu, orang tua mempelai laki-laki juga menyerahkan 400 liter beras dan memotong dua ekor kuda dan seekor sapi untuk digunakan dalam keperluan pesta pernikahan yang digelar pada 13 Juli 2018.

4. Fika Alvira Nikah di Usia 14 Tahun di Sulawesi Tenggara

Serupa dengan Awalia Mar'a, Fika Alvira pun naik ke pelaminan di usia yang relatif muda yakni 14 tahun. Fira dipersunting kekasihnya Saimul yang berusia 19 tahun.

Fika, merupakan perempuan putus sekolah. Ia hanya menyelesaikan pendidikan sekolah dasar. Walaupun putus sekolah, mahar atau uang panaik yang harus dikeluarkan Saimul sangat besar yaitu Rp 127 juta.

Uang mahar ini dibayarkan oleh keluarga mempelai laki-laki kepada pihak mempelai perempuan. Keduanya ternyata memang telah dijodohkan oleh kedua orang tuanya.

Infografik 4 Pernikahan Anak Hebohkan Sosial Media. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

KOMENTAR
500/500