Dok. Peringatan waspada LGBT (Lagi nyetir Gak Boleh Telepon). Foto: Antara

4 Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Mudik Lebaran 2018

Estimasi Baca:
Jumat, 15 Jun 2018 07:05:46 WIB

Kriminologi.id - Kecelakaan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum tidak dapat dihindari selama mudik Lebaran 2018. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas seperti kelelahan, kerusakan kendaraan dan jalur-jalur yang memang memiliki kerawanan kecelakaan yang lebih tinggi.

Berdasarkan penelusuran Kriminologi.id ada 4 titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur mudik, baik yang berada di Jalur Pantura maupun jalan tol.

1. Tol Cipali

Bukan hal yang mengejutkan jika Tol Cipali menjadi daerah yang rawan terjadi kecelakaan. Sejak tahun 2017, begitu banyak kecelakaan terjadi di dalam Tol yang menghubungkan antara Cikopo dengan Palimanan.

Kecelakaan besar yang terjadi di Cipali dalam sepekan terakhir misalnya kecelakaan beruntun yang melibatkan 3 bus dan 3 mobil pribadi pada 9 Juni 2018.

Selanjutnya pada 12 Juni 2018 terjadi kecelakaan tunggal yang mengakibatkan sebuah mobil avanza menabrak tiang pembatas jalan tol di KM 153 Tol Cipali. Pada hari yang sama, 2 petugas tol meninggal dunia karena ditabrak oleh sebuah mobil. Berdasarkan penyelidikan diketahui bahwa pengemudi mengantuk dan membanting stir ke kiri hingga menabrak keduanya.

2. Brebes

Daerah Brebes, Jawa Tengah memang termasuk dalam Jalur Pantura yang selalu digunakan para pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Selama arus mudik 2018 sudah tercatat setidaknya 5 kali kecelakaan yang terjadi di Brebes.

Salah satu titik di Brebes yang sangat rawan kecelakaan adalah flyover Kretek dan jalur setelahnya di turunan Pagojengan Kecamatan Paguyangan. Banyak korban luka maupun meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi di jalur tersebut.

3. Tol Brebes-Pemalang

Pada 10 Juni 2018 terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan 4 mobil pribadi di Tol Fungsional Brebes-Pemalang. Peristiwa ini terjadi di kilometer 291 sebelah Gerbang Tol Kertasari. Tidak ada korban meninggal dalam kecelakaan ini.

Tol Brebes Timur-Pemalang ini memang masih baru dibuka sehingga fasilitas seperti rambu dan penerangan jalan masih belum sepadan dengan jalan tol pada umumnya. Hal ini berpengaruh pada terjadinya kecelakaan di jalur tersebut.

4. Mojokerto

Tabrakan beruntun yang melibatkan 3 truk di daerah Mojokerto, Jawa Timur pada 8 Juni 2018 menyebabkan salah seorang supir truk tersebut meninggal dunia.

Ada beberapa titik rawan kecelakaan di daerah Mojokerto seperti bypass Mojokerto dan jalur Mojokerto- Jombang. Selama arus mudik 2018 ini telah terjadi 6 kecelakaan di dalam Tol yang menghubungkan antara Mojokerto dengan Jombang.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan bahwa hingga H-5 Hari Raya Idul Fitri terjadi 100 kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia. Angka kecelakaan tersebut disebut telah menurun hingga 35 persen dibandingkan kecelakaan di tahun sebelumnya. Pernyataan ini diberikan Kapolri kepada pers di Pos Terpadu Tol Fungsional Brebes-Semarang

KOMENTAR
500/500