5 Artis Korban Penipuan Toko Online, Tergiur Koleksi Barang Murah

Estimasi Baca :

Pixabay.com - Kriminologi.id
Ilustrasi belanja online, Foto: Pixabay.com

Kriminologi.id - Belanja secara online bukan lagi hal yang asing bagi para perempuan. Kemudahan yang ditawarkan dan menjamurnya berbagai platform aplikasi yang memfasilitasi toko-toko online juga menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan toko online ini dianggap cocok bagi para pembeli yang merasa tidak memiliki banyak waktu untuk memilih barang dari toko ke toko. Mereka cukup melihat aplikasi dan mengetikkan barang yang dicari, setelah itu pembeli dapat memilih harga yang cocok dan memesannya.

Sayangnya belanja secara online juga membuka peluang yang besar terhadap terjadinya kejahatan. Tidak adanya jaminan terhadap barang-barang yang dijual atau bahkan ada beberapa orang yang memang menggunakan toko online untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan.

Infografik 5 Artis Korban Penipuan Belanja Online. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Penipuan saat belanja online tak pandang bulu, semua orang bisa saja menjadi korbannya termasuk para artis papan atas negeri ini. Menurut penelusuran kriminologi.id ada 5 artis yang pernah menjadi korban penipuan belanja online.

1. Arafah Rianti

Seorang artis komedi atau yang dikenal dengan nama komika Arafah Rianti ini sempat menjadi korban penipuan berbelanja secara online. Saat itu Arafah membeli sebuah mobil bekas yang dijual di sebuah platform jual beli online.

Arafah harus merogoh kocek hingga Rp 138 juta untuk membawa pulang mobil tersebut, akan tetapi dalam proses jual-beli tersebut ditemukan kejanggalan terkait dengan surat-surat kendaraan bermotor tersebut.

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang menjadi surat tanda kepemilikan mobil tersebut juga tak kunjung diberikan penjual kepada Arafah. Hingga akhirnya Arafah menuntut penyerahan BPKB sesegera mungkin atau uangnya dikembalikan secara utuh.

Sempat ada kabar burung yang menyatakan penjual hendak memberikan sertifikat rumah kepada Arafah sebagai bentuk ganti rugi. Namun Arafah menolaknya dan hanya meminta BPKB mobil atau uangnya dikembalikan saja.

2. Shireen Sungkar

Artis lain yang pernah tertipu saat belanja online adalah Shireen Sungkar. Istri Teuku Wisnu ini memang mengakui dirinya suka berbelanja secara online ternyata juga pernah tertipu saat membeli beberapa pasang sepatu secara online.

Sepatu yang dibeli oleh Shireen ini adalah sepatu sport branded yang memang ukurannya susah ditemukan di Indonesia. Saat itu Shireen menemukan sebuah toko online yang menyediakan sepatu incarannnya dengan ukuran sesuai keinginannya itu. Tak berpikir panjang Shireen pun memesan dan mentransfer sejumlah uang tertentu ke rekening pelaku.

Setelah satu bulan berselang, sepatu pesanannya tak kunjung datang. Ketika menanyakannya kepada penjual dikatakan bahwa barang yang diinginkan oleh Shireen adalah barang impor sehingga prosesnya memang makan waktu.

Setelah menunggu hingga dua bulan, sepatu pesanannya belum dikirim juga. Shireen mencium gelagat aneh pada toko online tersebut hingga akhirnya Shireen mencari informasi tentang toko tersebut. Hasil  penelusurannya itu, ternyata toko online tempat memesan sepatu itu bermasalah. Begitu banyak keluhan dan caci maki yang dilontarkan para korbannya kepada toko online tersebut. Bahkan tak jarang dari konsumen yang meminta uang kembali. Saat itulah, akhirnya Shireen menyadari bahwa dirinya juga menjadi korban penipuan. Sekitar Rp 4 juta harus raib tak berbekas karena penipuan tersebut.

3. Zaskia Gothik

Berbeda dengan Shireen yang barang pesanannya tak dikirim, biduan dangdut Zaskia Gotik ini menerima barang tidak sesuai pesanannya. Pemilik nama asli Surkianih menjadi korban penipuan belanja online tas bermerek Hermes. Ia mengirimkan uang Rp 300 juta hanya barang yang datang tas palsu.  

Mengetahui tas yang diterimanya palsu, Zaskia kemudian menghubungi penjual dan meminta uangnya untuk dikembalikan. Saat itu penjual mengaku sedang hamil besar sehingga meminta diberi tenggat waktu tertentu dalam mengembalikan uang Zaskia.

Zaskia bermurah hari dengan memberi waktu hingga 2 bulan untuk mengembalikan uangnya. Setelah dua bulan berselang rupanya penjual tidak juga mengembalikan uangnya dan malah menghilang. Zaskia tidak dapat lagi menghubungi penjual tersebut sehingga akhirnya Zaskia memutuskan untuk melaporkannya pada aparat kepolisian. Zaskia mengaku ingin membuat penjual nakal tersebut itu jera atas penipuan yang dilakukannya.

4. Bunga Zainal

Artis cantik Bunga Zainal memiliki pengalaman serupa dengan Zaskia Gotik yaitu tertipu membeli tas produk Italia dengan merek Fendi secara online. Bunga tertipu puluhan juta oleh penjual tas bermerek online tersebut. Berbeda dengan Gotik yang melaporkan kasus penipuannya ke polisi, Bunga memilih mengunggah dan menginformasikan toko online beserta nama penjual yang menipunya ke media sosial dengan tujuan agar diketahui masyarakat sehingga tidak ada lagi yang tertipu seperti dirinya. Bunga mengunggahnya di akun Instagram pribadi miliknya dengan menyertakan foto screencapture akun pemiliknya yang bernama Ade Ringga.

5. Meisya Siregar

Meisya Siregar juga pernah menjadi korban penipuan belanja online. Saat itu istri dari musisi Bebi Romeo itu hendak membeli tas bermerek melalui sebuah toko online bernama Carousell. Pembawa acara bernama lengkap Meisya Najelina Siregar itu mengakui suka sekali mengoleksi tas bermerek dengan model jaman lalu (vintage) dan jarang sekali ditemukan di Indonesia. Saat itu ada seorang penjual di Carousell yang menjual tas vintage bekas. Berhubung modelnya menarik dan susah sekali ditemukan maka Meisya pun membelinya.

Saat pembelian, Meisya sudah mengantisipasi penipuan dengan menolak untuk mentransfer uang secara penuh. Meisya baru mentransfer sepertiga dari harga yang disepakati yaitu Rp 4 juta, namun setelah 4 hari berselang barang tersebut tidak juga datang. Meisya tidak buru-buru curiga terhadap penjual tersebut karena harga yang ditawarkan juga tidak miring hanya berbeda sedikit dengan harga asli.

Setelah melakukan kontak dengan penjual, rupanya banyak juga korban-korban lainnya yang mengeluhkan masalah yang sama. Akhirnya bersama-sama dengan korban penipuan lainnya Meisya melaporkan ke pihak kepolisian. SM DP

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan 5 Artis Korban Penipuan Toko Online, Tergiur Koleksi Barang Murah

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu