5 Ide Unik Kurangi Kecelakaan Mudik, Pasang Patung Hingga Game PS

Estimasi Baca :

Rest area di jalan tol (12/06/2018). Foto: Infonawacita - Kriminologi.id
Rest area di jalan tol (12/06/2018). Foto: Infonawacita

Kriminologi.id - Kecelakaan yang terjadi saat mudik memang menjadi masalah yang terus menerus terjadi setiap tahunnya. Kecelakaan lalu lintas ini tidak hanya mengakibatkan luka-luka dan kerusakan kendaraan, kecelakaan yang terjadi di jalur mudik juga kerap menyebabkan korban jiwa.

Pemerintah maupun pihak swasta bekerja sama untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan yang terjadi saat mudik.

Berdasarkan penelusuran Kriminologi.id ada beberapa cara unik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta untuk mengurangi potensi kecelakaan tersebut.

1. Mudik Gratis

Masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, khususnya menggunakan sepeda motor dikarenakan terlalu mahalnya harga tiket transportasi umum. Padahal melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor sangat berbahaya. 

Jarak tempuh yang terlalu jauh dapat menyebabkan kelelahan pengemudi hingga akhirnya tidak fokus saat mengemudi. Inilah yang dapat menyebabkan kecelakaan. Sehingga program mudik gratis akan meminimalisir masyarakat menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik yang nantinya juga akan mengurangi angka kecelakaan.

2. Bengkel Gratis

Bagi mereka yang mudik menggunakan mobil pribadi hendaknya melakukan pengecekan kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik dengan jarak tempuh yang begitu jauh. Kondisi mobil harus dipersiapkan sehingga tidak terjadi kendala-kendala tertentu selama perjalanan.

Akan tetapi tidak semua orang memahami hal tersebut, sehingga mereka melakukan perjalanan mudik tanpa melakukan persiapan terhadap kondisi mobil yang digunakannya. Ini dapat menyebabkan kerusakan ataupun kendala tertentu selama di perjalanan yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Beberapa perusahaan otomotif yang ada di Indonesia menyediakan bengkel siaga di area istirahat (rest area) di sepanjang jalur mudik yang digunakan. Misalnya Toyota Astra yang menyiapkan 307 lokasi bengkel siaga dengan 1.932 teknisi yang siap membantu para pemudik. Sedangkan Honda menyiapkan 114 bengkel yang disebar pada titik-titik rest area sepanjang jalur mudik. Nissan, Mitsubishi, dan Suzuki juga menyiapkan beberapa bengkel dan posko siaga yang disediakan di sepanjang jalur mudik.

Keberadaan bengkel siaga yang berada di rest area memang bertujuan agar para pemudik dapat memeriksakan kedaraannya saat sedang beristirahat. Diharapkan jika ada masalah atau kerusakan di kendaraan tersebut dapat segera ditemukan dan diperbaiki oleh para teknisi. Sehingga para pemudik dapat melanjutkan perjalanannya dengan aman dan nyaman.

3. Patung Polisi

Ada cara unik yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Indramayu untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di wilayahnya. Mereka menempatkan 28 patung polisi di Tol Cipali dan Jalan Pantura yang masuk dalam wilayah hukum Polres Indramayu.

Ada 2 patung yang dipasang di jalur Pantura dan 26 patung dipasang di tol Ciipali. Sebab belajar dari pengalaman arus mudik tahun lalu, Tol Cipali merupakan daerah yang sangat rawan terjadi kecelakaan.

Patung polisi ini menjadi solusi atas terbatasnya jumlah anggota polisi yang bisa bersiaga setiap saat di jalur-jalur tersebut. Tujuan pemasangan patung tersebut diharapkan dapat mengembalikan fokus para pengendara kendaraan ketika melihat ada polisi di pinggir jalan. Para pengemudi akan menduga itu adalah anggota polisi yang asli sehingga mereka akan berkendara dengan baik. Patung-patung tersebut juga akan dipasangi lampu agar tetap terlihat saat malam hari.

4. Pijat Gratis

Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas saat mudik adalah kelelahan para pengemudinya. Oleh karena itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro menyiapkan layanan pijat gratis di sejumlah rest area yang tersebar di wilayah Bojonegoro.

Dishub bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja untuk menyediakan para terapis pijat yang siap memberikan layanannya dan disebar ke sejumlah rest area yang tersedia. Diharapkan dengan disediakannya layanan pijat gratis ini, para pengemudi kendaraan pribadi dapat merasa lebih segar dan kelelahannya hilang sehingga siap melanjutkan perjalanannya. Selain layanan pijat gratis, pemerintah setempat juga menyiapkan posko kesehatan dan mobil ambulance yang disiagakan jika mendapatkan para pengemudi yang memerlukan penanganan medis.

5. Karaoke dan Permainan Play Station

Beberapa rest area memang menyediakan musik dan bahkan menyediakan layanan karaoke bagi para pengemudi. Ini seperti yang di rest area wilayah Tuban, Jawa Timur yang menyediakan ruangan khusus bagi para pemudik yang ingin menggunakan fasilitas karaoke. Diharapkan dengan adanya fasilitas karaoke ini para pengemudi dapat melepaskan kepenatan dan kebosanannya sehingga bisa kembali fresh saat melanjutkan perjalanannya ke kota tujuan.

Selain ruang karaoke, rest area di wilayah Tuban juga menyediakan layanan permainan play station. Perminan berbasis video game ini memang menjadi permainan favorit bagi seluruh kalangan. Para pemudik bisa memainkan permainan sepak bola hingga permainan peperangan di play station. Permainan ini juga diharapkan bisa mengurangi kepenatan dan kelelahan para pemudik yang telah mengendari motor atau mobil dengan jarak yang begitu jauh. Sehingga ketika akan melanjutkan perjalanan, para pemudik sudah menjadi lebih segar.

Menariknya, berbagai upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk mengurangi kecelakaan di jalur mudik sepertinya mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi. Ka Subdit Kecelakaan Korlantas Mabes Polri Kombes Joko Rudi menyebutkan bahwa hingga tanggal 10 Juni 2018 angka kecelakaan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 terjadi 163 kecelakaan, sedangkan  pada tahun 2017 terjadi 296 kecelakaan.

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan 5 Ide Unik Kurangi Kecelakaan Mudik, Pasang Patung Hingga Game PS

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu