Ilustrasi kecelakaan ojek online. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

5 Kecelakaan Maut pada Sopir Ojek Online, Paling Banyak Ugal-ugalan

Estimasi Baca:
Selasa, 10 Apr 2018 17:10:03 WIB

Kriminologi.id - Senin malam, 9 April 2018, diberitakan seorang wanita cantik yang mengemudikan mobil BMW berwarna putih menabrak seorang sopir ojek online bernama Muhammad Irfan di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat.

Dalam video yang diterima Kriminologi.id tampak detik-detik pascakecelakaan itu terjadi. Terlihat wanita pengendara mobil BMW bernomor polisi B 789 SSN diamankan pihak kepolisian usai insiden. Sementara itu, sopir ojek online Gojek korban pengendara motor bernomor polisi B 6373 PYG tergeletak di jalanan. Salah satu kaki korban tampak putus akibat kecelakaan tersebut.

Insiden kecelakaan di kawasan Harmoni itu menambah banyak jumlah kecelakaan maut yang melibatkan sopir ojek online. Beruntung nyawa Muhammad Irfan sopir Gojek tersebut masih selamat, meskipun harus mengalami putus pada bagian kakinya.

	Infografik deretan kecelakaan maut libatkan pengemudi ojek online. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Kriminologi.id merangkum kecelakaan maut yang menyebabkan tewasnya sopir ojek online. Dalam empat bulan terakhir, tercatat sedikitnya ada lima insiden kecelakaan maut yang terjadi.

1. Menghindari Lubang, Sopir Ojek Online Tewas Terlindas Bus

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Pesing, Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Rabu siang, 28 Februari 2018. Seorang sopir ojek online bernama Rizki Adi warga Tangerang, Banten, tewas terlindas bus.

Menurut keterangan saksi, korban terjatuh setelah menghindari lubang dan kemudian terlindas ban belakang bus Laju Prima bernopol B 7053 TGC.

Jasad korban langsung dievakuasi oleh petugas kepolisian yang tiba di lokasi. Korban tewas mengalami luka parah di bagian kepala.

2. Berusaha Menyalip, Sopir Uber Tewas Terjepi Dua Mobil Besar

Seorang sopir ojek online Uber bernama Suprapto (48) tewas terjepit bus dan truk di Jalan Raya Jenderal Sudirman, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi pada Rabu pagi, 8 Februari 2018.

Kecelakaan itu terjadi saat upaya korban untuk mendahului sebuah bus di depannya mengalami kegagalan. Di sisi kiri ada sebuah truk yang sedang terparkir sehingga menghalangi laju motor korban yang dipacu dengan kecepatan tinggi. Stang kiri motor korban menyenggol bagian belakang truk, sedangkan stang kanan motornya tertahan badan bus. 

Dalam kondisi terjepit, korban kemudian jatuh ke sisi kanan dan langsung tewas di tempat karena benturan yang sangat keras.

3. Mobil Berusaha Menyalip, Sopir Grab Tewas Terlindas

Sopir ojek online Grab bernama DInda Whitavina (25) tewas secara mengenaskan setelah terlibat kecelakaan dengan mobil di Jalan Peta Barat, Rawa Lele, Pegadingan, Kalideres, Jakarta Barat, pada Jumat siang, 22 Desember 2017, sekitar pukul 14.00.

Berdasarkan keterangan polisi, kecelakaan terjadi karena sebuah mobil Avanza berusaha mendahului kendaraan lain di depan. Ternyata di depan ada sepeda motor yang dikendarai korban yang berasal dari Palmerah.

Motor korban tersenggol sehingga masuk ke kolong mobil. Korban pun tewas di lokasi kejadian perkara.

4. Dua Metromini Kebut-kebutan, Dua Sopir Ojek Online Tewas Tertabrak

Dua sopir ojek online tewas ditabrak bus Metromini pada Jumat, 22 Desember 2017, di bawah kolong halte Velbak, Jalan Kyai Maja Nomor 65, Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan keterangan saksi mata, kecelakaan itu berawal dari dua bus Metromini yang saling kebut-kebutan dan salah satu bus kehilangan kendali, lalu menabrak pembatas jalan sehingga masuk ke jalur arah berlawanan. Metromini tersebut lantas menabrak dua driver ojek online yang sedang melaju, hingga terseret di bawah halte Velbak.

Sopir ojek online Go Jek meninggal di tempat, sedangkan sopir ojek online Grab sempat kritis dan dilarikan ke rumah sakit. Namun, nyawanya tidak tertolong. Sopir Metromini, AS (37), langsung diamankan di Polres Jakarta Selatan. 

5. Usai Menurunkan Penumpang, Sopir Ojek Online Mental Diserempet Mobil

Sopir ojek online lainnya yang mengalami kecelakaan maut adalah Ayub Putra Bayu Sibarani (19), yang tewas terserempet mobil pada Jumat, 1 Desember 2017. Menurut keterangan sopir lainnya bernama Munadi, korban mengalami kecelakaan di depan Pengadilan Tinggi Jakarta Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

Dikabarkan korban baru saja menurunkan penumpang. Tidak lama berselang, korban diserempet mobil dari arah Senen menuju Semper hingga korban terpental. Korban tewas seketika bermandikan darah, terutama pada wajah dan perutnya. Di dekat helm milik korban, ada tas hitam dengan darah kental pada bagian atasnya. 

Akibat kejadian itu, ratusan sopir ojek online memenuhi jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, untuk melayat rekannya yang tewas kecelakaan tersebut pada Jumat sore.

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500