5 Pembunuhan Sadis Asmara Sejenis, dari Ryan Hingga Genthong

Estimasi Baca :

Ilustrasi Cinta Sejenis Berujung Tragis. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki - Kriminologi.id
Ilustrasi Cinta Sejenis Berujung Tragis. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki

Kriminologi.id - Penemuan mayat dipenuhi luka tusukan sejata tajam pada wajah di Gang Waru, sebuah gang sempit daerah Cawang, Jakarta Timur, pada Senin malam, 16 April 2018, menggegerkan warga sekitar. Pembunuhan terhadap Ali Rahman dilatari persoalan hubungan sesama jenis. 

Hal itu diketahui dari isi pesan Whatsapp di handphone milik Ali Rahman. Isi pesan antara pelaku dan korban berisi percakapan mulai dari mengirim beberapa foto syur korban, mengajak pelaku bertemu di lokasi dan mengajak berhubungan badan sesama jenis.

Pelaku pembunuhan, Petrus Paulus Ualubun berhasil ditangkap di rumah kontrakan kakaknya di daerah Cikarang Selatan. Kepada polisi, mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) itu mengaku niat awalnya bertemu dengan korban hanya untuk sekadar memberi pelajaran, dan tidak ada niat membunuh. Namun semua itu berubah ketika Ali mencolek kemaluannya saat bertemu di Gang Waru.

Kasus pembunuhan yang berlatar asmara sesama jenis bukan kali ini saja mengegerkan masyarakat. Kriminologi.id merangkum 5 kasus pembunuhan sadis yang berlatar asmara sesama jenis lainnya. Kasus Ryan Jombang menjadi kasus pembunuhan asmara sesama jenis yang paling legendaris. 

1. Badrun Habisi Nyawa Kekasih Karena Cemburu

Jasad Imam Maulana ditemukan terbungkus karung di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, pada Selasa, 14 November 2017. Dari hasil identifikasi, korban pembunuhan itu diketahui ternyata dilatari rasa cemburu pelaku sekaligus kekasih sesama jenisnya, Badrun (43).

Badrun merasa cemburu karena Imam memiliki hubungan cinta dengan seorang wanita yang berada di Bandung, Jawa barat. Sebelumnya, pelaku sempat berhubungan intim dengan korban, kemudian meminta korban untuk memutuskan hubungannya dengan kekasih wanitanya di Bandung.

Lantaran tidak menggubris permintaan pelaku, korban dihabisi di tempat kerja pelaku di sebuah Laundry di Ruko Citra Garden, Jakarta Timur. Pelaku menendang kemaluan korban dan membenturkan tengkuk korban ke pinggir tangga lantai. Setelah tewas, korban dibungkus karpet dan dilapisi plastik, lalu mayatnya dibuang ke kawasan Terminal Kampung Rambutan.

2. Sakit Hati Diputus Pentong Bunuh Kekasihnya

Perampokan disertai pembunuhan sadis menimpa Sugeng Wahyudi (42) pada Sabtu, 21 Januari 2017. Sugeng ditemukan tewas bersimbah dasar di ruang tamu rumahnya di Kebumen, Jawa Tengah. Pelakunya adalah DOH alias Pentong (20), EMS (25) dan ES (29).

Terungkap bahwa pembunuhan terhadap mantri kesehatan itu dilatari oleh asmara sesama jenis yang tak sampai. Pentong yang merupakan pelaku utama pembunuhan merasa sakit hati setelah diputus hubungan asmaranya oleh korban. 

Awalnya Pentong hanya ingin mengambil handphone milik korban yang berisi rekaman saat mereka berhubungan badan. Namun, lantaran dikuasai dendam, Pentong menghabisi nyawa Sugeng.

3. Cemburu, Irma Tikam Leher Kekasih Sesama Jenisnya

Cemburu buta dialami oleh Irma Safitri (20) pada pasangan sesama jenisnya Vivi Mulyadi (23). Irma mengetahui Vivi mulai dekat lagi dengan wanita lain. Cemburu buta itu berujung pada tewasnya Vivi di tangan Irma pada 8 November 2016.

Sebelumnya, Irma dan Vivi sedang menenggak minuman keras. Dan Irma menanyakan soal kedekatan Vivi dengan wanita lain. Hal itu pun menimbulkan cek-cek mulut antara keduanya di rumah Kost Bunga, Jalan Salak, Kota Watampone, tempat mereka tinggal berdua.

Karena cemburu dan dipengaruhi minuman keras, Irma menuju dapur dan mengambil pisau, lalu menikam leher pasangan lesbinya itu hingga tewas.

4. Kasus Mujiyanto di Kediri, 15 Pria Tewas Diracun

Pada tahun 2012 silam, masyarakat dihebohkan dengan terungkapnya kasus pembunuhan terhadap 15 orang pria di Kediri, Jawa Timur. Pelakunya adalah pria penyuka sesama jenis bernama Mujiyanto alias Genthong, warga Jatikapur, Kecamatan Tarokan, Kediri, Jawa Timur.

Kepada polisi, Mujiyanto mengaku tega melakukan serangkaian pembunuhan itu karena kesal pasangan sejenisnya JS dekat dengan pria lain. Mujiyanto melampiaskan kekesalannya dengan membunuh semua pria yang dekat dengan kekasihnya JS. Modusnya adalah dengan memberikan minuman atau makanan yang berisi racun tikus kepada setiap korban.

5. Ryan Jombang, 11 Pria Dibunuh dan Dimutilasi

Kasus pembunuhan asmara sesama jenis yang paling menyita perhatian masyarakat adalah kasus Ryan Jombang. Very Idham Henyansyah alias Ryan, pria asli Jombang, Jawa Timur, membunuh total 11 pasangan sejenisnya dengan cara yang sadis, yakni dengan memutilasi. Aksi pembunuhan sadis itu berlokasi di Jakarta dan Jombang.

Pembunuhan berantai yang dilakukan Ryan bermotif rasa cemburu dengan pasangan sesama jenisnya. Kasus Ryan pertama kali terungkap pada tahun 2008, berawal dari ditemukannya 7 potongan tubuh di sekitar kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Pengembangan kasus yang dilakukan kepolisian berhasil mengungkap kasus pembunuhan sadis itu dengan menangkap Ryan sebagai pelaku tunggal. DM

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan 5 Pembunuhan Sadis Asmara Sejenis, dari Ryan Hingga Genthong

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu