5 Tipe Orang Tua yang Tega Bunuh Anaknya

Estimasi Baca :

Anak  bunuh ayah tiri karena rindu ibu kandungnya, Ilustrasi: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi Pelaku Pembunuhan, Foto: Pixabay.com

Kriminologi.id - Seorang bayi tiga tahun perempuan dibunuh ayah kandungnya sendiri di Apartemen Gading Nias, Jakarta Utara pada 8 Agustus 2017. Korban dibekap dengan bantal hingga tewas saat istrinya sedang bekerja.

Seringkali kita mendengar kisah yang menggambarkan ibu tiri sebagai sosok yang paling kejam, namun dari sejumlah studi ternyata ayah tirilah yang kejam. Seperti yang dilansir dalam situs news.com.au anggota keluarga yang memiliki perilaku kekerasan paling sadis adalah ayah tiri. 

Baca: Suami Pembunuh Istri dan Dua Anak Mengaku Syok

De Bortollo melakukan penelitian di Australia selama 2000 hingga 2011 dan menemukan kasus 155 pembunuhan yang dilakukan 97 orang tua terhadap anaknya. Ada beberapa tipe pembunuh anak yang disebut oleh Bortoli, yang bergelar doktor ini, yaitu:

1. Faktor Pasangan Laki-laki

De facto male adalah pasangan laki-laki pada saat itu. Tidak harus pasangan resmi, bisa saja pasangan laki-laki yang sudah tinggal serumah dengan ibu dari anak-anak yang dibunuhnya. Pembunuhan biasanya dilakukan dengan sangat brutal. Pelaku tipe ini sudah menunjukkan tanda-tanda perilaku kekerasan yang ditujukan pada anak. Beberapa kali kejadian di Australia, metode pembunuhan yang dilakukan adalah dengan menginjak anak tersebut bahkan melemparnya dari tempat yang tinggi. Korban biasanya hanya seorang dengan umur dibawah lima tahun
 

2. Ayah yang Sudah Bercerai

Separated Father adalah ayah biologis anak namun telah bercerai dengan istrinya sehingga memiliki keterbatasan berinteraksi dengan anak. Seringkali perceraian yang terjadi dikarenakan perilaku kekerasan yang dimiliki oleh laki-laki tersebut. Biasanya korbannya tidak hanya seorang saja tetapi juga terkadang pelaku juga membunuh istrinya sendiri. Pembunuhan anak ini dimaksudkan untuk memberikan hukuman bagi istri karena telah menceraikannya.

Baca: Bukan Hanya di Tangerang, Ini Lima Kasus Suami Bunuh Anak Istri
 

3. Ibu Biologis yang Sedang Menjalin Hubungan

Coupled Mother adalah ibu biologis yang sedang menjalin hubungan dengan ayah biologis anak tersebut. Walaupun kasus ini jarang sekali terjadi, namun pembunuhan terhadap anak yang dilakukan oleh ibu biologis ini pernah terjadi. Biasanya si ibu memiliki masalah kejiwaan.

4. Ayah Biologis yang Sedang Menjalin Hubungan

Coupled father atau ayah biologis yang sedang menjalin hubungan dengan istrinya. Biasanya ayah tipe ini memiliki sejarah dalam melakukan kejahatan. Pembunuhan dilakukan kepada anak dan juga istrinya dengan menusuk atau tindakan yang menyebabkan cedera kepala.

Baca: Istri Tuntut Suami Ditahan Usai Dibacok dan Diseret

5. Ibu Single

Single mother atau seorang ibu yang menjalani dan merawat anak-anaknya seorang diri tercatat juga pernah membunuh anak-anaknya. Tidak ada rentang umur tertentu anak yang menjadi korbannya. Ibu yang menjanda melakukan pembunuhan seringkali karena jiwanya terguncang. Sebab, tuntutan dan tanggung jawab yang begitu berat dipikulnya sendirian. BC

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan 5 Tipe Orang Tua yang Tega Bunuh Anaknya

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu