Pelaku layangkan tembakan di gandaria city, Foto: Istimewa

Aksi Koboi Jalanan, dari Guntur hingga Anwari Kertahusada

Estimasi Baca:
Rabu, 11 Okt 2017 15:08:08 WIB

Kriminologi.id - Aksi koboi yang dilakukan Anwari Kertahusada di area parkir Mal Gandaria City, Jakarta Selatan,  Jumat, 6 Oktober 2017. Peristiwa ini terjadi karena Anwari tidak terima harus membayar biaya parkir. Dia mengklaim dirinya sedang menggunakan mobil dinas TNI milik istrinya. Akhirnya Anwari mengeluarkan senjata api dan menembakannya ke atas.

Baca: Dokter Koboi Anwari Hanya Lepaskan Satu Tembakan

Peristiwa tersebut menyebabkan petugas parkir saat itu ketakutan dan kini Anwari telah ditangkap oleh Kepolisian Resor Jakarta Selatan. Rupanya aksi koboi di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh Anwari semata. Menurut penelusuran Kriminologi terdapat beberapa warga sipil yang berlagak seperti koboi selama 2016-2017. Berikut daftarnya:

#17 Maret 2016
Seorang laki-laki di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan bernama Guntur Saputra ditangkap. Pasalnya, Guntur beraksi seperti koboi dengan mengacungkan pistol rakitan dan mandau di rumah mertuanya.


#2 Agustus 2016

Warga Depok beraksi bak koboi. Pria bernama Andy Kurniawan yang berprofesi sebagai pengacara mengancam korbannya di minimarket Alfamidi sekitar Depok, Jawa Barat. Pelaku merasa kesal terhadap seorang perempuan yang menyerobot antreannya di depan kasir. Setelah cekcok mulut dengan perempuan itu, pelaku keluar dan mengambil pistol.

Baca: Aksi Koboi Brimob, Saksi Mendengar 20 Kali Rentetan

Pelaku lantas mengacungkan pistol itu ke arah perempuan tadi dan orang-orang yang hendak melerai pertengkaran tersebut. Kemudian pelaku ke luar dari minimarket dan menembakkan pistol tersebut ke udara, setelah itu dia masuk lagi ke dalam minimarket dan mengancam orang-orang lainnya.


#9 Februari 2017

Bekas anggota TNI AL bernama Rahmat Ferdian diringkus Kepolisian Sektor Medan Barat, Sumatera Utara. Rahmat tiba-tiba saja mendatangi korban dan menembak korban dengan senjata air soft gun dari jarak dekat dan kemudian merampas sepeda motor korban.


#21 Maret 2017

Seorang pemuda bernama Irenius Bransafsafubun menjadi korban penembakan orang tak dikenal di Jakarta. Peritiwa ini terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Kejadian ini berawal saat korban dan beberapa rekannya memesan minuman di Plaza Barat Senayan, Jakarta Pusat. Saat itu terjadi kontak mata dengan pelaku dan terjadi keributan kecil.

Baca: Aksi Koboi Jalanan, Minibus Ditembaki Orang Tak Dikenal

Pelaku sempat memukul teman korban tapi mendapat perlawanan. Kemudian pelaku menembaki mobil korban yang sedang melaju di Jalan Sudirman sebanyak empat kali. Namun, tidak ada korban jiwa yang meninggal atau terluka dalam peristiwa itu.


#1 Mei 2017

Aksi koboi terjadi di pekarangan pusat perbelanjaan Plaza Bukittingi, Sumatera Barat. Ada dua orang tak dikenal melepaskan tembakan yang suaranya terdengar oleh pengunjung. Rupanya kedua orang tak dikenal ini merasa kesal karena tidak dapat mengambil mobilnya di area parkir karena mal memang sudah tutup dan petugas parkir sudah pulang. Kedua pelaku akhirnya mengancam petugas keamanan agar dapat membuka area parkir.

Reporter: Orisa Shinta Haryani
Redaktur: Bobby Chandra
KOMENTAR
500/500