Anda Seorang Psikopat? Kenali Dulu 10 Ciri-cirinya

Estimasi Baca :

Pixabay.com - Kriminologi.id
Ilustrasi psikopat, Foto: Pixabay.com

Kriminologi.id - Jika ada satu hal yang bisa kita pelajari dari film atau buku kejahatan, psikopat dilukiskan sebagai sosok yang sangat menakutkan. Mereka pembunuh berantai berdarah dingin yang tidak memiliki kemampuan merasakan simpati atau penyesalan. Sederhananya, kecuali jika memang ingin mati, Anda tidak bisa bermain-main dengan psikopat.

Karakter yang digambarkan dalam film-film Hollywood tidak sepenuhnya salah, tapi psikopat sebenarnya jauh lebih kompleks dari itu. Sebabnya, tidak semua dari mereka adalah "si gila kanibal" yang menjadi pembunuh berantai seperti Hannibal Lecter. Beberapa dari mereka sebenarnya ada di lingkungan sekitar dengan berpura-pura menjadi orang lain.

Baca: Anda Seorang Psikopat? Kenali Dulu 10 Ciri-cirinya

Nah, mungkin Anda tidak menyadari keberadaan mereka. Bisa jadi si psikopat tetangga yang tinggal di sebelah rumah Anda sekarang. Atau, jangan-jangan Anda mungkin seorang psikopat? Jika Anda curiga ada tetanggan ataun And seniri adalah psikopat, inilah tanda-tanda untuk mengetahui apakah Anda psikopat, seperti yang dikutip dari Elitereaders.com.

 

#10. Gangguan Kepribadian Antisosial

Berlawanan dengan kepercayaan populer, psikopat sebenarnya bukan sesuatu yang bisa didiagnosis pada seseorang. Menurut teori Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders atau DSM-5, diagnosis yang paling umum saat orang dicurigai sebagai psikopat adalah gangguan kepribadian antisosial.

Baca: Siti Aisyah Mengaku Tak Bersalah dalam Pembunuhan Kim Jong-nam

Kelainan ini adalah kondisi mental yang menggerakkan seseorang untuk memanipulasi, mengeksploitasi atau bahkan melanggar hak-hak orang lain. Namun, tes ini hanya bisa dilakukan pada pasien berusia 18 tahun ke atas. Singkatnya, “psikopat” hanyalah istilah yang lebih mudah diakses psikiater untuk mendiagnosa gangguan kepribadian antisosial.

 

#9. Gairah Fisiologis Rendah

Selain pola tingkah laku mereka yang berbeda, psikopat juga cukup menarik secara perbedaan dari sisi fisiologi, ilmu yang mempelajari kegiatan zat hidup. Menurut penelitian, psikopat memiliki cara yang berbeda untuk menanggapi rangsangan mereka, yang pada gilirannya mempengaruhi tingkat gairah dan reaktifitasnya.

Baca: Polisi Ringkus 6 Pelaku Pembunuhan di Kafe, Satu Orang Ditembak

Respons fisiologis mereka yang berbeda, demikian penelitian tersebut, memungkinkan mereka untuk mengatur tingkat detak jantung, suhu tubuh, dan bahkan tekanan darah.

 

#8. Kurangnya Empati dan Penyesalan

Menurut penelitian, alasan gairah fisiologis para psikopat rendah adalah kurangnya emosi dibandingkan dengan manusia biasa. Kurangnya penyesalan dan empati bagi orang-orang di sekitar mereka adalah salah satu ciri yang paling menentukan. Kemampuan kita memahami perasaan orang lain adalah alasan mengapa kita saling menghormati.

Baca: Mayat Wanita Setengah Bugil Ditemukan, Diduga Korban Pembunuhan

Kemampuan kita untuk bersimpati memberikan kita rasa welas asih bagi sesama manusia. Adapun para piskopat atau Anda sendiri menjadi orang-orang yang melibatkan diri sendiri untuk bersedia melanggar hak-hak orang lain atau bahkan keamanan mereka hanya untuk keuntungan pribadi dan bersenang-senang.

 

#7. Penyiksa Hewan

Menyiksa hewan adalah gejala dari masalah perilaku yang disebut gangguan perilaku. Kelainan ini bisa dibilang unik karena bisa didiagnosis sejak masa kanak-kanak dan para ahli percaya bahwa bila tidak diobati, penyakit tersebut berkembang menjadi gangguan kepribadian antisosial saat mereka dewasa.

Saat membunuh seekor hewan tidak diragukan lagi adalah aktivitas barbar, tapi tidak selalu menjadi gejala kelainan perilaku. Anak sering menghabiskan banyak waktu terlibat dalam beberapa aktivitas karena penasaran. Jadi, juga cukup aman untuk mengaitkan pembunuhan hewan dengan cinta belaka seperti berburu sebagai olah raga.

Baca: Keluarga Terima Kematian Dhea Rahma Amanda, Tak Minta Autopsi

Untuk menentukan apakah seorang anak adalah psikopat atau tidak, beberapa sinyal merah yang harus Anda waspadai adalah bagaimana mereka yang tanpa dosa membunuh hewan dengan cara-cara di luar perikemanusiaan seperti membakar atau memukuli kucing dan atau anjing sampai meregang nyawa.

 

#6. Kurangnya Rasa Tanggung Jawab

Sifat lain yang paling umum pada psikopat adalah kurangnya rasa tanggung jawab. DSM-5 menyebutkan dalam salah satu studi mereka bahwa psikopat cenderung tidak dapat mempertahankan pekerjaan dan memastikan stabilitas finansial mereka. Selanjutnya, studi mereka juga menyatakan ini mungkin akibat kurangnya rasa bersalah para psikopat ini.

Baca: Akal-akalan Perusahaan Asuransi Perdaya Nasabahnya

Curang, mencuri atau bahkan sekadar berbohong bukanlah masalah besar bagi mereka. Kurang rasa bersalah ini memungkinkan mereka ceroboh yang sering kali menyebabkan pemecatan. Kurangnya ketakutan yang sering menimbulkan pelanggaran dan agresi juga faktor besar di balik karir mereka yang tidak stabil.

 

#5. Impulsif

Sehubungan dengan kurangnya tanggung jawab, psikopat juga cenderung impulsif. Mereka cenderung melakukan sesuatu tanpa berhenti memikirkan terlebih dahulu kemungkinan dampaknya kelak. Misalnya, sering cenderung menghabiskan uang secara impulsif, yang seringkali berakhir buruk bagi mereka secara finansial.

Baca: Viral: Bolos Sekolah, Siswi SMP Mabuk Hingga Terkapar

Perilaku impulsif yang melekat juga salah satu alasan utama mengapa mereka rentan terhadap agresi dan kekerasan. Impulsif juga sering membawa pada situasi yang sulit di mana mereka merasa tidak sadar menyinggung orang lain karena kegagalan mereka memikirkan efek dari kata-kata dan tindakan mereka.

 

#4. Ceroboh

Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang percayai, psikopat umumnya cenderung tidak waras. Tidak seperti psikopat Hollywood yang lebih banyak meminjam karakter seperti Dexter dan Hannibal Lecter, kesimpulan sebenarnya sering kali merek cenderung terlibat dalam aktivitas yang sembrono dan berlebihan.

Baca: Video: Ini Suasana Pabrik Kardus Telur yang Memakan Korban

Aktivitas berlebihan tersebut seperti sering mengebut di jalanan, berfoya-foya, menyalahgunakan zat terlarang, atau bahkan berjudi hingga bangkrut. Perilaku keterlaluan ini dapat dikaitkan dengan gairah fisiologis rendah mereka yang memungkinkan mereka menjadi pribadi yang tak mengenal rasa takut.

 

#3. Terlibat dalam Kegiatan Kriminal

Salah satu ciri paling berbahaya dari penderita gangguan perilaku dan gangguan kepribadian antisosial adalah kecenderungan potensial mereka terlibat kejahatan. Dalam kasus terburuk, ketidakpedulian psikopat terhadap orang-orang di sekitar membuat mereka melakukan hal buruk kepada orang lain hanya untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Baca: Dicari Tak Bertemu, Nasib Napi Narkoba Berakhir di Tali Sepatu

Dengan perilaku impulsif dan sering sembrono, potensi mereka dalam melakukan kejahatan sebenarnya cukup tinggi. Selain itu, ketidakmampuan mereka untuk merasakan emosi sering membuat mereka berpikir bahwa ditangkap oleh aparat berwenang karena melakukan kejahatan bukanlah alasan untuk takut.

 

#2. Menawan

Salah satu ciri paling populer yang sering dipromosikan oleh tokoh psikopat ala film Hollywood adalah pesona bawaan mereka. Dan untuk sebagian besar, film-film yang disodorkan sutradar Hollywodd itu ada benarnya. Memiliki daya tarik alami adalah salah satu ciri psikopat yang paling menentukan.

Salah satu hal menarik tentang orang-orang dengan gangguan kepribadian antisosial, terlepas dari kurangnya empati, mereka memiliki pemahaman gejala sosial yang rumit sampai pada titik di mana mereka dapat dengan mudah memalsukan kebaikan dan empati hanya untuk mendapatkan apa pun yang mereka butuhkan.

Baca: Polisi Identifikasi Penembak Brutal Las Vegas Kakek 64 Tahun

Itulah salah satu perbedaan utama antara psikopat dan sosiopat yang seringkali membingungkan kebanyakan orang. Sementara psikopat memikat orang lain agar bisa berbaur, para penderita sosiopat tampak lebih ngawur dan eksentrik karena mereka sering cenderung tidak tertarik bergaul sama orang lain.

 

#1. Manipulatif

Salah satu sifat psikopat yang paling merusak adalah kecenderungan mereka memanipulasi orang lain demi keuntungan pribadi. Sebab itulah mereka akhirnya menghancurkan kehidupan orang lain. Namun, bagi orang yang lebih pintar, keterampilan manipulatif mereka seringkali menghasilkan karir yang sukses.

Baca: Halangi Pesawat Mendarat, 23 Satpol PP Divonis Penjara

Beberapa psikopat berpenampilan paling hebat di luar sana cenderung berhasil di bidang yang sering membutuhkan keterampilan dalam manipulasi seperti hukum, kepala perusahaan, direktur utama, atau pialang saham di bursa Wall Street.

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan Anda Seorang Psikopat? Kenali Dulu 10 Ciri-cirinya

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu