Ilustrasi penembakan. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Enam Penembakan dalam 3 Bulan, 2 Kasus Masih Misterius

Estimasi Baca:
Selasa, 24 Jul 2018 09:08:00 WIB

Kriminologi.id - Penembakan oleh orang tidak dikenal kembali terjadi. Herdi (45), seorang warga Penjaringan, Jakarta Utara, menjadi korban penembakan, Jumat, 20 Juli 2018 malam, sekitar pukul 23.30 WIB. Herdi tewas di tempat lantaran peluru menembus kepala dan punggungnya.

Peristiwa itu terjadi saat Herdi sedang berjalan kaki menuju rumahnya beberapa saat setelah turun dari mobil. Tiba-tiba melintas dua orang dengan menggunakan sepeda motor N-Max abu-abu dan langsung menembakan senjata api ke arah korban. Kedua pelaku pun langsung melarikan diri.

Kepolisian masih menyelidiki kasus yang menewaskan seorang karyawan di salah satu perusahaan perizinan kapal di Jakarta tersebut.

Penembakan oleh orang tidak dikenal beberapa kali terjadi. Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, Kriminologi.id mencatat setidaknya ada empat peristiwa penembakan lainnya.

1. Sopir Truk Tewas di Tol JORR

Senin, 9 Juli 2018, menjadi hari nahas bagi Marthen Lay Gara (33), seorang sopir truk fuso. Marthen tewas setelah sebutir peluru bersarang di kepala bagian kirinya saat melintas di Tol JORR KM 184 Pasar Rebo menuju Cilandak.

Peristiwa nahas ini terjadi tepat di KM 184 atau di depan proyek Apartemen Izzara. Saat itu, sebelum terkena peluru, rekan korban mendengar suara ledakan. Saat menoleh ke Marthen, rekan korban mendapati bahwa rekannya tersebut tak sadarkan diri. Setelah diperiksa, terdapat luka di kepala.

Penyelidikan terhadap kasus ini masih terus berlanjut, namun belum ditemukan pihak yang harus bertanggung jawab. Hasil pemeriksaan forensik mengungkap bahwa benda logam yang berada di kepala Marthen berbentuk tidak beraturan. Besaran logam pun diketahui berukuran kecil, yakni sekitar satu sampai dua sentimeter.

2. Lapas di Pekanbaru Ditembaki OTK

Orang tidak dikenal menembaki Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Gobah, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Minggu dini hari, 8 Juli 2018. Sedikitnya terjadi lima tembakan yang menyasar ke lapas yang berlokasi di Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Gobah, tersebut.

Peristiwa penembakan itu terjadi dua kali. Tembakan pertama terjadi pada pukul 03.30 WIB, namun petugas jaga tidak menemukan hal mencurigakan. Selang setengah jam kemudian, terjadi empat tembakan yang menyasar pintu pelayanan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa penembakan tersebut.

Meskipun pihak kepolisian mengaku sudah mengetahui identitas pelaku, hingga kini belum teridentifikasi secara pasti siapa pelaku penembakan.

3. Saripah Tewas Saat Beli Pulsa

Saripah (34) tewas diterjang timah panas di depan anaknya, Rabu malam, 4 Juli 2018. Peristiwa penembakan itu diketahui diawali dari aksi pembegalan yang terjadi di depan toko pulsa di Jalan Rasuna Said RT 04/RW 01, Kelurahan Pakojan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten.

Pembegalan disertai penembakan itu terjadi karena Saripah berusaha mempertahankan sepeda motornya yang hendak dirampas oleh dua orang tidak dikenal saat tengah menunggu suaminya membeli pulsa. Seorang pelaku akhirnya menembaknya. Tubuh Saripah langsung tersungkur bersimbah darah.

Setelah sempat melarikan diri, para pelaku penembakan berhasil dibekuk oleh jajaran Polda Metro Jaya pada Rabu, 18 Juli 2018. Pelaku berhasil diidentifikasi setelah dilakukan pencarian selama kurang lebih dua pekan dengan menyebar sketsa ke beberapa wilayah.

4. Penembakan Pesawat Trigana Air

Senin, 25 Juni pagi, sekitar pukul 10.00 WIT, pesawat Twin Otter Trigana Air yang tengah mendarat di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, ditembaki oleh sekelompok orang tidak dikenal. Akibatnya penembakan tersebut, pilot pesawat Captain Ahmad Abdillah mengalami luka tembak di bagian punggung.

Saat itu, pesawat Trigana Air dengan nomor registrasi penerbangan PK -YRU tersebut baru saja mendarat di Bandara Kenyam dalam keadaan lancar dan mulus pada pukul 09.40 WIT. Sesaat setelah mendarat di apron landasan dan hendak menuju taxi out untuk memarkirkan pesawat, tiba-tiba pesawat itu dihujani tembakan.

Penembakan itu diketahui dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), yang ternyata di hari yang sama juga menyasar warga di sekitar bandara. Penembakan di sekitar bandara tersebut menewaskan tiga orang warga.

5. Pedagang Nasi Uduk di Jambi Tewas Ditembak

Maryanto (35), seorang pedagang nasi uduk di Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, tewas seketika setelah ditembak pelaku yang berpura-pura menjadi pembeli. Peristiwa nahas ini terjadi pada Rabu dini hari, 30 Mei 2018.

Pedagan nasi uduk di Jalan Lintas Timur Sumatera itu tewas seketika dengan luka tembakan di bagian dada kirinya.

Sebelum terjadi penembakan, salah seorang pelaku terlibat pertengkaran dengan korban. Pertengkaran itu dipicu karena pelaku meminta korban untuk menyerahkan kunci motor korban. Kemudian, pelaku langsung menembak korban hingga tewas seketika.

Setelah menjadi buronan selama satu hari, pelaku berhasil diamankan kepolisian pada Kamis, 31 Mei 2018. Dari penangkapan tersebut petugas menyita barang bukti diantaranya satu pistol rakitan, dua butir amunisi kaliber 5,56 milimeter, satu buah HP Nokia warna hitam dan satu unit motor Honda Beat warna putih. AS

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500