Gedung Kejaksaan Gorontalo Utara. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kasus Anak, Pencurian dan Narkoba Dominasi Kejahatan di Gorontalo 

Estimasi Baca:
Kamis, 2 Ags 2018 17:27:14 WIB

Kriminologi.id - Kasus perlindungan anak, pencurian dan narkoba mendominasi perkara yang ditangani Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara. Sebanyak 22 perkata tindak pidana umum alias pidum tersebut terjadi sepanjang 2018.

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara, Tegar Mawang Dhita mengatakan, pihaknya terus bersinergi dengan instansi terkait dalam penanganan perkara-perkara tersebut guna penegakkan hukum.

Terlebih lagi, ia menambahkan, mengenai kasus perlindungan terhadap anak serta upaya menangkal masuknya narkoba di daerah itu.

"Keseriusan kami dalam penanganan tindak perkara pidana umum tidak perlu disanksikan," kata Tegar di Gorontalo, Kamis, 2 Agustus 2018.

Saat ini, ia menjelaskan, pihaknya sementara melakukan dua penyelidikan tindak pidana korupsi di antaranya, terkait penyelewengan anggaran dana desa. Sementara dua perkara lainnya dalam tahap penyidikan yaitu BLU SPAM dan BSPS.

Tegar mengatakan, pihaknya juga sedang menangani tujuh perkara dalam tahap penuntutan. Yakni kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pembangunan Pasar Pontolo 1 dan 2. Selain itu, dugaan penyelewengan anggaran dana bantuan sosial pada dinas pertanian yaitu pengadaan benih padi yang dikelola kelompok tani.

Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara optimistis akan menyelesaikan perkara yang sedang ditangani, di samping adanya peran TP4D pada saat ini yang telah mendampingi pemerintahan daerah setempat untuk mengurangi terjadinya tindak pidana korupsi.

Serta kerja sama yang terjalin dengan berbagai pihak di daerah itu khususnya pemerintah daerah, untuk mendorong terciptanya kondusifitas daerah, khususnya masyarakat agar dapat menikmati hasil dari pembangunan yang merata.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500