Ilustrasi pencurian dengan kekerasan. Foto: Kriminologi.id.id

Kejahatan di Lampung Didominasi Kasus Pencurian 

Estimasi Baca:
Minggu, 2 Sep 2018 20:05:53 WIB

Kriminologi.id - Kasus Curas, Curat dan Curanmor atau dikenal dengan istilah C3 mendominasi tindak kejahatan di Lampung. Terkait hal itu, Markas Kepolisian Kota Metro akan terus berupaya dalam menekan angka tingkat kriminalitas tersebut.

Kasatreskrime Polresta Metro AKP Try Maradona mengatakan, selama 2018, kesatuannya telah mendapatkan pengaduan 233 kasus kriminalitas, yang diperoleh berdasarkan laporan dari masyarakat.

"Dari 233 kasus tersebut, Satreskrim Polres Kota Metro telah berhasil menyelesaikan 158 kasus yang menjadi dominasi dan perhatian pihak kepolisian setempat, seperti kasus C3," katanya, Sabtu, 2 September 2018.

Try menjelaskan, tindak kriminalitas yang mendominasi dan telah ditangani serta menjadi perhatian khusus pihaknya adalah kasus pencurian dengan kekerasan yang mencapai 19 kasus, dan pencurian dengan pemberatan sebanyak 24 kasus.

Sementara untuk tindak pidana curanmor, ia menambahkan, masih menjadi kasus yang mendominasi terjadi dalam wilayah hukum Mapolres Kota Metro, dengan angka tertinggi mencapai 41 kasus.

"Hingga saat ini kasus C3 masih menjadi atensi kami pihak kepolisian kota metro, karena ini cukup meresahkan. Dari tindak kriminalitas C3 itu, kasus curanmor sangat mendominasi pada wilayah hukum kami," ujar Try.

Guna menekan tindak kriminalitas diwilayah hukum Polres Kota Matro khususnya tindak kejahatan C3, ia menjelaskan, Mapolres Kota Metro akan aktif melakukan koordinasi bersama seluruh jajaran kepolisian, khususnya pada wilayah perbatasan.

Hal itu, menurut dia, karena tidak menutup kemungkinan, para pelaku kejahatan tersebut merupakan pelaku lintas daerah, sehingga diperlukan adanya kerja sama antar jajaran kepolisian pada Mapolres wilayah perbatasan, seperti Polres Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur dan Kota Bandar Lampung.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500