Anggota Brimob korban penembakan di Papua. Foto: Ist/Kriminologi.id

Lima Jejak Berdarah Penyerangan Terhadap Brimob

Estimasi Baca:
Selasa, 6 Mar 2018 08:05:36 WIB

Kriminologi.id - Penyerangan terhadap anggota Brimob kembali terjadi. Seorang anggota Brimob Polri bernama Bharada Yasri Abdulmas (24) ditemukan tergeletak dengan luka tusuk di depan Kafe Dronk, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu pagi, 4 Maret 2018.

Bharada Yasri diduga menjadi korban penganiayaan oleh sekelompok orang yang belum diketahui identitasnya. Akibat peristiwa itu, Bharada Yasri mengalami luka di bagian bawah kepala sebelah kiri dan di bawah dagu. Selain itu, juga ditemukan luka akibat senjata tajam di tangan kiri serta paha kiri bagian atas.

Baca: Driver Ojek Online Diperingati Soal Aksi Balasan Anggota Brimob

Berdasarkan penelusuran Kriminologi, Senin, 5 Maret 2018, penyerangan terhadap anggota Brimob merupakan peristiwa yang terus berulang. Dalam kurun waktu 5 bulan terakhir, ada 5 peristiwa penyerangan terhadap anggota Brimob yang terjadi.

Berikut ini adalah 5 peristiwa penyerangan terhadap anggota Brimob tersebut:

1. Pengeroyokan Briptu Ridho di Bogor

Briptu Achmad Ridho (26), anggota Resimen II Pelopor Brimob Kedunghalang Bogor, menjadi korban pengeroyokan di parkiran diskotek Lipss, Sabtu dini hari, 20 Januari 2018. Peristiwa itu terjadi saat Ridho bersama teman wanitanya hendak keluar dari tempat parkir Lipss menggunakan sepeda motor. 

Saat bersamaan, datang mobil Pajero Sport yang hendak masuk ke dalam parkiran. Lantaran tidak ada yang mau mengalah saat berpapasan, cekcok pun tidak dapat dihindari. Ridho mengeluarkan senjata api guna melawan beberapa pria yang hendak mengeroyoknya. Lalu, beberapa pria tersebut mencoba mengambil senjata api milik Ridho.

Akibat perkelahian yang terjadi, seorang pria bernama Fernando Wowor yang juga kader Partai Gerindra tertembak di bagian dada hingga tewas. Sementara Briptu Ridho mengalami kritis.

Baca: Brimob Ditusuk di Depan Kafe Dronk Kemang, Polisi Selidiki Pelaku

2. Pengeroyokan Briptu Yusril di Parepare

Briptu Yusril, anggota Brimob Batalion B Pelopor Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tewas dikeroyok di sebuah kafe di kawasan Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Selasa dini hari, 27 Februari 2018.

Korban terlibat cekcok dengan salah seorang pengunjung kafe. Dua rekan pelaku kemudian membantu dan menghantam korban dari arah belakang menggunakan balok kayu ke arah kepala korban.

Akibat persitiwa itu, korban tewas dengan luka lecet di dada, luka robek pada dagu, lutut kanan lecet, luka pada pelipis kanan dan memar pada kepala bagian belakang.

3. Pengeroyokan Brigadir Lalu Agus Salim di Cibubur

Seorang anggota Brimob bernama Brigadir Lalu Agus Salim menjadi korban pengeroyokan oleh orang tidak dikenal di pelataran Basement Parking Mall Cibubur Junction, Ciracas, Jakarta Timur, pada Senin siang, 27 November 2017. Pada peristiwa itu, senjata api milik Brigadir Lalu sempat dirampas pelaku.

Persitiwa itu terjadi saat Brigadir Lalu janjian dengan Mulyadi di Maxx Coffee Cibubur Junction. Mulyadi merupakan orang suruhan dari Syaifudi. Sementara Syaifudin sendiri mengaku sebagai korban penipuan uang palsu yang dituduhkan kepada Brigadir Lalu.

Kasus ini akhirnya diselesaikan secara kekeluargaan karena ternyata ada salah paham antara korban dan pelaku. Senjata yang sempat dirampas pun sudah dikembalikan.

Baca: Briptu Ridho Jalani Operasi Lepas Jahitan di Wajah

4. Penembakan Anggota Brimob di Papua

Baku tembak antara Brimob Papua dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker terjadi di area Tembangpura, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu sore, 21 Oktober 2017. 

Peristiwa penembakan itu terjadi saat kendaraan jenis Toyota LWB yang dikemudikan Lampung Muhammad Djamil sedang dalam perkalanan dari Rainbow Ridge MP 66 menuju Sporthall MP 68 untuk menjemput Satgas Brimob yang akan berpatroli.

Ketika melintas di sekitar MP 67, kendaraan mereka diberondong tembakan oleh orang tak dikenal. Akibat aksi penembakan itu, kaca depan bagian kanan kendaraan tertembus peluru juga di pintu sebelah kiri mobil. Dalam peristiwa penembakan itu, seorang anggota Brimob bernama Briptu Berry Pramana Putra tewas. 

5. Penembakan Tiga Anggota Brimob di Blora

Aksi koboi penembakan terhadap anggota Brimob terjadi di pengeboran sumur minyak PT Sarana Gas Trembul (SGT) 01 di Desa Trembul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Selasa, 10 Oktober 2017.

Peristiwa itu menewaskan tiga anggota Brimob, yakni Bripka Bambang Tedjo, Brigadir Budi Wibowo, dan Brigadir Ahmad Supriyanto dengan luka tembak. Ketiganya adalah anggota Subden IV Satuan Brimob Pati yang ditugaskan melakukan pengamanan di lokasi tersebut. AS

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500