Kolase foto wanita cantik di balik pusaran korupsi. Foto: Ist/Kriminologi.id

Lima Perempuan Cantik di Pusaran Korupsi, Steffy Burase Tidak Sendiri

Estimasi Baca:
Kamis, 19 Jul 2018 20:25:54 WIB

Kriminologi.id - Beberapa kasus korupsi yang dilakukan para pejabat negara kerap juga menyeret sosok wanita di belakang mereka. Sosok wanita yang kini tengah hangat dibicarakan adalah Fenny Steffy Burase terkait dugaan suap penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018 yang pada Provinsi Aceh.

Kehadiran sosok Steffy Burase dalam kasus yang menyeret Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai tersangka ini karena wanita berparas cantik itu disebut-sebut sebagai orang dekat dari Irwandi Yusuf.

Selain itu, Steffy juga diketahui bertindak sebagai tim ahli dari acara Aceh Marathon International 2018. Mantan model itu kemudian turut diperiksa sebagai saksi kasus suap DOKA Tahun Anggaran 2018 yang diduga mengalir untuk pembiayaan Aceh Marathon International 2018 itu.

Infografik wanita cantik dalam pusaran korupsi. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Sosok wanita yang muncul di balik kasus korupsi tidak hanya terjadi kali ini saja. Berdasarkan penelusuran Kriminologi.id dari berbagai sumber, berikut 5 sosok wanita lainnya yang muncul di balik beberapa korupsi besar yang pernah terungkap.

1. Anggita Eka Putri

Nama Anggita Eka Putri mencuat seiring dengan pengungkapan kasus dugaan suap yang menimpa mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar pada 2017 silam. Wanita berusia 25 tahun itu ikut tertangkap saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Patrialis di pusat perbelanjaan Grand Indonesia pada 25 Januari 2017.

Kepada KPK, Anggita mengaku diberi mobil jenis Nissan March dan uang sebesar US$ 500 oleh Patrialis. Terkait hubungan keduanya, Anggita mengaku kenal dengan Patrialis saat masih bekerja di salah satu tempat bermain golf pada September 2016.

2. Jennifer Dunn

Nama artis cantik ini terseret dalam kasus tindak pidana pencucian uang Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan, adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, pada tahun 2014. Dalam kasus tersebut, Jennifer diduga telah menerima hadiah berupa mobil dari hasil pencucian uang yang dilakukan Wawan. 

Alhasil, Jennifer turut diperiksa sebagai saksi selama 5,5 jam oleh KPK. Jennifer mengaku telah mengenal Wawan sejak Juni 2013 dan hanya sebatas teman. Ia juga mengaku memang telah diberikan mobil jenis Toyota Vellfire oleh Wawan, namun pemberian itu diklaim sebagai bentuk rayuan Wawan agar mau bergabung dengan production house miliknya. Serta sebagai pembayaran uang muka untuk produksi sebuah film.

3. Dipta Anindita

Dipta Anindita merupakan sosok wanita yang namanya muncul dalam pusaran kasus korupsi dan pencucian uang proyek simulator surat izin mengemudi (SIM), yang menjerat mantan Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo. 

Wanita pemenang ajang kontes kecantikan di Solo pada 2008 ini kemudian diketahui sebagai istri ketiga dari Djoko. Keterlibatannya dalam kasus yang terungkap pada 2013 ini karena dirinya memiliki aset yang diduga berasal dari hasil korupsi yang dilakukan Djoko, antara lain rumah mewah di Solo, Semarang dan Depok, apartemen di Jakarta, dan sebuah SPBU di Jakarta.

4. Vitalia Sesha

Vitalia Sesha adalah salah satu di antara beberapa sosok wanita cantik yang terseret di pengungkapan kasus korupsi kuota impor daging sapi dan pencucian uang yang menjerat pengusaha Ahmad Fathanah pada 2013 silam. Selain Fathanah, kasus ini juga menjerat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka.

Dalam kasus ini, model salah satu majalah dewasa itu diketahui memiliki hubungan khusus dengan Fathanah dan telah menerima sejumlah hadiah mewah yang diduga hasil pencucian uang. Beberapa di antaranya adalah satu unit Honda Jazz putih bernomor polisi B 15 VTA serta jam tangah mewah yang bernilai Rp 70 juta. Barang-barang tersebut kemudian disita oleh KPK sebagai barang bukti untuk penyelidikan.

5. Ayu Azhari

Salah satu nama sosok wanita dalam pusaran korupsi yang menyita perhatian publik adalah Ayu Azhari. Salah satu senior dalam dunia perfilman Indonesia itu ikut terseret dalam kasus korupsi yang sama dengan Vitalia Sesha.

Ayu dipanggil oleh KPK untuk dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Ahmad Fathanah. Pemanggilan itu dilakukan karena diduga Ayu telah menerima sejumlah uang dari Fathanah, yakni sebesar USS 800 dan USS 1.000. kepada KPK, Ayu mengaku uang itu merupakan pembayaran uang muka untuk manggung dalam acara PKS.

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500