Persebaran Korban Tewas Miras Oplosan Bandung, Cicalengka Terbanyak

Estimasi Baca :

Barang bukti miras oplosan yang diamankan di Mapolrestro Jakarta Timur, Kamis (05/04/2018). Foto: Walda Marison/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Barang bukti miras oplosan yang diamankan di Mapolrestro Jakarta Timur, Kamis (05/04/2018). Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Miras oplosan menjadi topik pembicaraan hangat warga Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Setidaknya ada 39 orang yang meregang nyawa akibat menenggak miras oplosan tersebut, namun rupanya fenomena miras oplosan ini tidak terhenti dan terus merebak ke daerah Bandung juga Sukabumi.

Informasi terakhir yang diperoleh Kriminologi.id, jumlah korban tewas di daerah Bandung dan Sukabumi mencapai 45 orang. Jumlah yang lebih banyak dibandingkan korban miras oplosan di Jakarta dan sekitarnya.

Korban miras oplosan yang berjumlah 45 orang ini tersebar di daerah Kabupaten Bandung dengan jumlah korban tewas sebanyak 35 orang, Kota Bandung sebanyak 4 orang korban tewas, dan 6 orang korban tewas di Kabupaten Sukabumi.

Infografik Jumlah korban miras oplosan maut di Jawa Barat. Infografik: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Korban tewas di Kabupaten Bandung terbanyak berasal dari daerah Cicalengka dengan 22 orang korban tewas, daerah Nagrek dengan 3 orang korban tewas, daerah Cikancung dengan 2 orang korban tewas, daerah Rancaekek dan Cileunyi dengan masing-masing seorang korban tewas. Sedangkan sisanya 6 orang korban tewas tidak diketahui asal daerahnya.

Korban tewas di Kota Bandung sebanyak 4 orang dan hanya berasal dari dua daerah saja yaitu daerah Buah Batu sebanyak 2 orang korban tewas, dan daerah Bukat dengan 1 orang korban tewas, dan seorang lainnya tidak diketahui asal daerahnya secara lebih jelas.

Korban tewas di Kabupaten Sukabumi berjumlah 6 orang yang berasal dari daerah Pelabuhan Ratu sebanyak 4 orang tewas, dan seorang korban tewas dari daerah Cibadak. Sedangkan seorang lainnya tidak diketahui asal daerahnya.

Sejauh ini masih banyak korban-korban miras oplosan lainnya di daerah Bandung dan sekitarnya yang masih menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit sekitar dan tidak menutup kemungkinan jumlah korban tewas akibat miras oplosan akan terus bertambah.

Jika dijumlahkan dengan korban tewas gara-gara menenggak miras oplosan di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang dengan jumlah korban tewas di Bandung dan Sukabumi maka jumlahnya mencapai 84 orang korban tewas. Angka ini begitu tinggi mengingat fenomena ini baru dimulai kira-kira seminggu yang lalu.

Polisi masih terus melakukan penyelidikan terhadap fenomena miras oplosan yang terjadi selama ini. Polisi juga belum bisa menyimpulkan apakah kedua fenomena tersebut memiliki keterkaitan atau tidak, sejauh ini polisi masih berfokus pada tempat-tempat yang memperjualbelikan miras oplosan berujung maut tersebut.  DP

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan Persebaran Korban Tewas Miras Oplosan Bandung, Cicalengka Terbanyak

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu