Sarden Mengandung Cacing Pernah Terjadi di 3 Negara Ini

Estimasi Baca :

Cacing pada Makanan kaleng Sarden. Foto: Facebook/Tika Ummu Nabil - Kriminologi.id
Cacing pada Makanan kaleng Sarden. Foto: Facebook/Tika Ummu Nabil

Kriminologi.id - Temuan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pekan ini begitu mengejutkan. BPOM Batam menyatakan mereka menemukan tiga merek ikan sarden kaleng yang mengandung cacing parasit nematoda. Ketiga merek tersebut adal IO, Hoki, dan Farmerjack. Pihak BPOM menyatakan akan menarik ketiga merek ini dari peredaran.

Rupanya temuan ikan sarden yang mengandung cacing parasit ini juga pernah terjadi di beberapa negara-negara lainnya di dunia. Menurut penelusuran Kriminologi.id, Jumat, 23 Maret 2018, ada 3 negara lain yang mengalami kasus tersebut.

1. Thailand

Pada Desember 2017, Thailand juga mengalami kejadian yang serupa dengan apa yang dialami Indonesia saat ini. Seperti yang dilansir dari Thai News Agency, ada seorang perempuan bernama Surang Isarangkun Na Ayuthaya yang tinggal di daerah Ratchaburi, Thailand menemukan cacing pita di dalam 3 kaleng ikan sarden yang dibukanya.

Seminggu sebelumnya, masyarakat Thailand juga menemukan hal serupa di dalam ikan sarden kaleng dengan merek yang sama. Padahal masa kadaluarsa yang tertera di kemasan tersebut masih belum terlewati.

Surang akhirnya memvideokan temuannya dan kemudian membawanya ke laboratorium kesehatan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

2. Peru

Kejadian ini menimpa Peru pada November 2017. Pemerintah Peru memberikan peringatan terhadap warganya terkait temuan ikan makarel kaleng yang mengandung parasit.

Seperti yang dilansir dalam perureports.com, organisasi kesehatan pemerintah Peru atau Organismo Nacional de Sanidad Pesquera (SANIPES) menemukan bahwa ikan makarel sarden bermerek iDelBueno mengandung parasit jenis Anisakis.

Ikan makarel kaleng bermerek iDelBueno disebutkan oleh SANIPES sebagai produk impor yang didatangkan dari Cina.

Menindaklanjuti isu ini akhirnya pemerintah Peru menarik ikan makarel kaleng merek iDelBueno dari peredaran dan menghentikan impor ikan kaleng dari Cina sampai dengan pihak kesehatan makanan Cina memberikan jaminan keamanan dan kesehatan dari produk-produk ikan yang diekspornya.

3. Inggris

Pada September 2016, masyarakat Inggris dikagetkan oleh foto-foto yang beredar di media sosial tentang cacing yang ada di dalam ikan tuna kaleng.

Fenomena ini ditemukan pertama kali oleh anak berusia 14 tahun yang bernama Horrified Lauren Morris yang hendak membuat makan malam. Dia kaget ketika membuka ikan tuna kaleng dan menemukan cacing di dalamnya.

Infografik Sarden Mengandung Cacing di Berbagai Negara. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Seperti yang dilansir TheSun.co.uk, ikan tuna kaleng bermerek John West tersebut diketahui mengeluarkan bau yang tidak sedap padahal masa kadaluarsanya tertera hingga tahun 2018.

Selanjutnya ayah anak tersebut yang bernama Mark membuka 3 kaleng persediaan yang ada di dapur. Hasilnya satu kaleng baik-baik saja sedangkan 2 kaleng sisanya juga terdapat cacing di dalamnya. AS

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan Sarden Mengandung Cacing Pernah Terjadi di 3 Negara Ini

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu