Dok. Kecelakaan mobil pemudik antara Avanza dengan mobil bak terbuka. Foto: Facebook Brebes Online

Selain di Tol Cipali, 4 Insiden Maut Menimpa Petugas Tol

Estimasi Baca:
Jumat, 15 Jun 2018 08:05:05 WIB

Kriminologi.id - Dua petugas Tol Cikampek-Palimanan atau Cipali tewas setelah tertabrak kendaraan pemudik yang melaju dari arah Jakarta menuju Cirebon, Jawa Barat. Kedua korban adalah Fahmi Hasyim (26), petugas Patroli LMS, dan Rustiana (44), petugas derek.

Insiden yang terjadi pada Selasa, 12 Juni 2018, itu diduga lantaran pengemudi yang mengantuk sehingga mobil yang dikendarai hilang kendali dan menabrak korban di KM 126,200 A, yang terletak di Desa Bantarwaru, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Sebuah minibus Sedan Chevrolet B 1192 EVC dikemudikan Abdullah (21), yang melaju dari arah Jakarta ke Cirebon, oleng ke kiri jalan dan membentur kedua korban. Kedua petugas tol itu pun tewas seketika. Kedua korban sedang berupaya mengevakuasi mobil yang mogok di bahu jalan.

Berdasarkan penelusuran Kriminologi.id, insiden yang menewaskan petugas tol tersebut menjadi yang pertama di tahun 2018. Sebelum di tol Cipali, setidaknya ada empat insiden kecelakaan maut lainnya yang menewaskan petugas tol saat sedang menjalankan tugasnya.

1. Petugas Tol Surabaya Tewas Ditabrak Truk

Seorang petugas jalan Tol Romokalisari, Surabaya, bernama Yudhi Priyanto, tewas setelah ditabrak truk pada Rabu, 9 Agustus 2017. Insiden maut itu terjadi ketika Yudhi sedang bertugas mengamankan jalur karena terjadi kecelakaan di KM 6 arah Surabaya.

Sekitar pukul 06.30 WIB, petugas tol Margabumi Matraraya itu awalnya tengah mengamankan jalur saat terjadi tabrakan antara truk fuso dengan truk lain yang memilih kabur. Saat itu, Yudhi dan rekannya, Agus, memasang tanda traffic cone sebagai pembatas arus.

Ketika Yudhi sedang berdiri di sebelah kiri truk fuso, dekat pembatas jalan tol, dan mengajak sopirnya untuk memeriksa kerusakan, sebuah truk boks yang dikemudikan Dedi Kurniawan (34) dengan kecepatan tinggi menghantam bagian belakang truk fuso. 

Hal itu menyebabkan Yudhi terjepit di antara kabin truk fuso dengan beton pembatas jalan. Sementara petugas tol lainnya, Agus, dan sopir truk fuso berhasil menghindar. Yudhi pun meninggal dunia saat dievakuasi ke rumah sakit.

Hasil penyelidikan kepolisian, insiden maut itu terjadi lantaran sopir truk boks menyetir sambil membuka telepon selulernya sehingga tidak melihat tanda traffic cone yang dipasang oleh petugas tol.

2. Petugas Tol Jagorawi Tewas Tertabrak

Jumat petang, 28 Juli 2017, sekitar pukul 18.00 WIB menjadi hari nahas bagi Mulyadi (49), salah seorang petugas LJT Jasa Marga yang tengah mengevakuasi tiga kendaraan minibus yang mengalami kecelakaan. Pasalnya, saat sedang membantu evakuasi, Mulyadi justru ditabrak dari belakang oleh mobil lain yang sedang melaju.

Saat itu, Mulyadi dan dua petugas tol lainnya dibantu satu pengguna jalan tol telah berhasil mengevakuasi dua kendaraan yang terlibat kecelakaan ke bahu jalan, sementara satu kendaraan minibus masih berada di lajur dua. 

Saat melakukan pengamanan lajur dengan memasang rubber cone untuk persiapan evakuasi kendaraan lainnya, kendaraan lain melaju dari arah belakang petugas dan menabrak keempat korban.

Akibat insiden itu, Mulyadi tewas di tempat. Sementara satu petugas LJT lainnya, satu petugas derek, dan satu orang pengguna jalan tol yang membantu evakuasi mengalami luka berat.

3. Petugas Tol Jadi Korban Tabrak Lari

Yegi (18), seorang petugas penyapu jalan tol, tewas setelah ditabrak sebuah mobil di ruas tol dalam kota KM 9.200, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 26 Juli 2016. Mirisnya, pelaku langsung melarikan diri begitu saja.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 08.50 WIB saat korban sedang menyapu jalan di tepi jalur A KM 9.200 ruas tol dalam kota di kawasan Senayan arah ke Slipi. Tiba-tiba melintas sebuah mobil Toyota Avanza warna putih di lajur dua.

Kendaraan itu menyalip dan masuk ke lajur tiga, di mana korban tengah bertugas menyapu jalan, dengan kecepatan tinggi. Tabrakan maut pun tak terhindarkan.

Setelah menabrak, pelaku langsung melarikan diri. Korban pun tewas seketika di lokasi kejadian, kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit UKI, Cawang, Jakarta, Timur.

4. Petugas Jalan Tol Tewas Tertabrak Truk

Tiga petugas Jasa Marga menjadi korban tabrakan di Tol Cipularang KM 108,400 jalur A di kawasan Kampung Cigentur, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, pada Rabu, 15 Juni 2016. Seorang petugas bernama Asep tewas akibat insiden tersebut.

Saat itu, Asep dan sejumlah pekerja PT Marga Maju Mapan tengah mengerjakan perbaikan jalan. Namun, tiba-tiba sebuah truk fuso yang bermuatan terigu melaju dengan kecepatan tinggi dan langsung menabrak mobil petugas tol yang berada di lajur I, lajur paling kanan.

Darsono, rekan korban, mengatakan para pekerja sebenarnya sudah keluar dari mobil, sembari menunggu aspal datang. Tetapi saat itu Asep masuk ke mobil karena hendak mengambil dokumen yang tertinggal. Saat itulah truk fuso menghantam mobil secara tiba-tiba hingga menewaskan Asep yang berada di dalamnya, sementara dua rekan lainnya luka-luka.

Hendra, sopir truk fuso, mengaku tak mampu menguasai kendaraannya karena kopling bocor dan rem blong. Dirinya terpaksa banting setir ke kanan karena di sebelah kiri ada banyak kendaraan.

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500