Selain FBR, Ini 5 Ormas yang Pernah Bentrok selama 2017

Estimasi Baca :

Ilustrasi Tawuran. Foto: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi Tawuran. Foto: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Bentrokan antara organisasi Forum Betawi Rempug atau FBR dengan Kelompok Ambon terjadi di tiga tempat berbeda di wilayah Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Desember 2017 lalu. Bentrok yang berawal dari kesalahpahaman diantara kedua anggota kelompok itu mengakibatkan satu orang tewas.

FBR tercatat salah satu ormas yang kerap bentrok dengan sesama Ormas lainnya. Kriminologi pun mencatat ada 5 kelompok Ormas yang juga pernah bentrok dengan anggota kelompok lainnya selama 2017-2018.

Baca: Bentrok FBR vs Kelompok Ambon Terjadi di 3 Lokasi di Bekasi

1. Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI)

GMBI adalah ormas yang didirikan pada tahun 2002 oleh M. Fauzan Rachman. Kegiatan ormas ini beragam mulai dari bakti sosial hingga turun ke jalan menyampaikan aspirasi-aspirasi kelompok mereka.

Ormas GMBI pernah terlibat bentrokan dengan Front Pembela Islam (FPI) di Polda Metro Jaya pada 12 Januari 2017. Saat itu GMBI menuntut kepolisian untuk menindak tegas laporan dan pengaduan yang masuk terkait Rizieq Shihab atau yang dikenal dengan sebutan Habib Rizieq.

Selanjutnya, GMBI juga sempat terlibat bentrokan dengan kelompok Brigade Utama Anak Singaperbangsa (BUAS). Saat itu memang GMBI bergabung dengan aliansi ormas Laskar NKRI dan Gibas Cinta Damai. Memang GMBI sendiri memiliki Jargon “NKRI Harga Mati”

Baca: Ricuh GMBI di Kantor Wali Kota Bekasi, 5 Anggota Ormas Diperiksa

2. Front Pembela Islam (FPI)

FPI adalah ormas islam yang didirikan pada 17 Agustus 1998 di Pondok Pesantren Al-Umm Tangerang Selatan. Tujuan awal didirikan FPI adalah sebagai pengamanan swakarsa khususnya terhadap umat islam setelah runtuhnya rezim Soeharto.

Beberapa insiden bentrokan yang terjadi di Jakarta melibatkan FPI dengan ormas lainnya. Misalnya bentrokan yang terjadi pada 12 Januari 2017 antara GMBI dengan FPI. Bentrokan ini terjadi di sekitar Polda Jawa Barat. Tidak lama berselang, FPI kembali bentrok dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser)  pada 17 April 2017 di Kramat Lontar, Jakarta Pusat.

3. Pemuda Pancasila (PP)

Pemuda Pancasila (PP) awalnya didirikan sebagai sebuah organisasi paramiliter Indonesia. Kelompok ini didirikan oleh Jenderal A.H Nasution pada 28 Oktober 1951. Seiring berjalannya waktu, PP tidak lagi diberdayakan sebagai organisasi paramiliter namun beralih menjadi organisasi kemasyarakatan.

PP sempat bentrok dengan kelompok Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia pada 5 Desember 2017 di Jalan Kalimalang, Tambun, Kabupaten Bekasi. Sekitar 40 orang terlibat dalam bentrokan tersebut.

Sebelumnya, PP juga sempat bentrok dengan kelompok Benteng Bogor Raya Pajajaran (BBRP) pada 9 April 2017 di Jalan Pamuruyan, Sukabumi, Jawa Barat. Bentrokan ini diduga berawal dari pengrusakan atribut BBRP oleh dua orang tidak dikenal yang diduga adalah anggota kelompok PP.

4. Benteng Bogor Raya Pajajaran (BBRP)

Ormas BBRP adalah salah satu kelompok yang berbasiskan budaya Sunda dan Jawa Barat yang didirikan pada 16 Juni 2011. Ormas ini berfokus pada pendidikan, pelatihan, dan pengembangan kebudayaan Sunda. Walaupun begitu, BBRP juga pernah terlibat bentrokan dengan kolompok Ormas lainnya.

Salah satu contohnya yang terjadi pada 9 April 2017, BBRP bentrok dengan Ormas PP karena dugaan adanya pengrusakan atribut kelompok oleh anggota PP. Selanjutnya pada 13 Desember 2017 BBRP dan PP nyaris bentrok kembali di daerah Bogor. Sekitar 69 orang dari kedua kelompok Ormas tersebut diamankan oleh aparat kepolisian setempat.

Baca: FPI Bertindak Anarkis Merazia Toko Obat, Polisi Mengaku Kecolongan

5. Badan Pembinaan Potensi Keluarga Banten (BPPKB)

BPPKB adalah Ormas yang aktif dalam kegiatan-kegiatan bernuansa keagamaan seperti membangun musola. Selain itu, BPPKB juga aktif melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar seperti pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Akan tetapi BPPKB juga sempat terlibat bentrokan dengan kelompok Ambon pada 25 November 2017 di Bilabong, Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Bentrokan ini berawal dari pembongkaran markas BPPKB di wilayah tersebut oleh kelompok Ambon. Berdasarkan keterangan kelompok Ambon, pembongkaran tersebut dilakukan atas perintah dari pengelola perumahan Bilabong.

Bentrokan antar Ormas tidak hanya terjadi pada 2017. Sebelumnya beberapa kelompok Ormas juga saling serang satu dengan yang lain.

Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari perusakan atribut dan pos atau markas Ormas sampai dengan perseteruan personal antar anggota yang berujung bentrokan antar kelompok.

Hal ini harus mendapatkan perhatian bagi pengurus masing-masing Ormas agar tindakan-tindakan ini bisa dihindari. Selain itu, pihak aparat penegak hukum dan pemerintah dapat menindak tegas ormas-ormas yang sering terlibat dalam bentrokan-bentrokan. RZ

	Infografik Daftar Ormas yang Saling Terlibat Bentrok. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Peta Kejahatan Selain FBR, Ini 5 Ormas yang Pernah Bentrok selama 2017

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu