Illustrasi: Kriminologi.Id/S. Dwiangga Perwira

Selain ISIS, 10 Kelompok Ini Juga Dicap Teroris

Estimasi Baca:
Sabtu, 7 Okt 2017 06:05:41 WIB

Kriminologi.id - Teror yang menerpa Mandalay Bay, Los Angeles pada 1 Oktober 2017 menggemparkan dunia. Aksi biadab ini terjadi pukul 08.00 waktu setempat, yang bertepatan dengan festival musik country yang digelar di area terbuka. Tembakan datang dari lantai 32 Hotel Mandalay Bay dan menyasar kerumunan penonton.

Jumlah korban tewas hingga tulisan ini ditayangkan tercatat 59 orang dan sedikitnya 500 orang luka-luka. Biasanya aksi terorisme tersebut diorganisir oleh kelompok-kelompok terorisme. Namun, menurut laporan sementara pihak kepolisian, pelaku yang juga warga negara Amerika Serikat bernama Stephen Paddock itu bekerja sendirian.

Dalam dunia terorisme, aksi yang dilakukan Paddock dikenal dengan lone wolf terrorisme atau terorisme yang bekerja sendirian. Merujuk kehidupan alam liar, ada serigala yang menyerang mangsanya secara bergerombol, namun ada pula serigala yang mengintai korbannya sendirian. Inilah yang disebut lone wolf terrorism.

Kelompok teror Islamic State of Iraq and Syria atau ISSI kerap mengklaim setiap aksi teror yang dilakukan lone wolf terrorism di seantero dunia sebagai anggotanya. Oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Amerika Serikat, ISIS dikelompokkan sebagai organisasi terorisme yang paling berbahaya di dunia.

Selain ISIS, berdasarkan informasi yang dilansir dari foxnewspoint.com ada beberapa kelompok terorisme paling berbahaya di dunia. Berikut daftarnya.


#10. Kurdistan Workers Party (PKK)

Pendiri kelompok Kurdistan Workers Party (PKK) adalah Abdullah Ocalan. Kelompok teroris ini pertama kali berdiri pada 1978. Kelompok teroris ini memiliki beberapa daerah yang dijadikan pusat koordinasi dan pusat kontrol tentaranya. Pada 2005, PKK menyepakati gencatan senjata dan menerima bantuan dari PBB. Pada 2014, pemerintahan Turki berkomitmen untuk membasmi ISIS dan PKK.

 

#9. Hezbollah

Hezbollah berasal dari bahasa Arab yang artinya Partai Allah. Kelompok teroris ini semula adalah miltan Syiah dan berdiri di Lebanon pada 1985. Pendirinya bernama Hassan Nasrallah. Hebollah dituduh bertanggung jawab atas aksi terorisme yang terjadi di Timur Tengah, Eropa, dan Lebanon.
 

#8. Revolutionary Armed Forces Colombia

Kekuatan dari RAFC adalah jumlah anggota dan juga tingginya simpatisan yang mendukung kelompok ini. Para simpatisan inilah yang mau mendukung kebutuhan finansial RAFC. Pada 2001 diperkirakan jumlah anggotanya 13 ribu perempuan dan 25 ribu laki-laki. Kelompok ini bertanggung jawab atas 12 persen kematian yang terjadi di dunia. RAFC sangat terkenal dalam melakukan penculikan terhadap anggota militer dan polisi kemudian menuntut sejumlah uang sebagai syarat pembebesan.

 

#7. Taliban

Taliban sebenarnya berarti murid dan berdiri pertama kali pada 1994. Pendirinya bernama Mohammad Omer. Ideologi berbahaya yang dianut oleh kelompok ini ditengarai berasal dari pengaruh Deobandi Fundamentalism dan Pashtunwali Culture. Kelompok ini dituduh terlibat dalam aksi terorisme 9 September 2011 atau 9/11 di Amerika Serikat.


#6. Boko Haram

Boko Haram mengklaim dirinya sebagai kelompok jihad Nigeria Timur Laut atau Northeastern Nigerian. Pendirinya adalah Mohammad Yusuf. Kelompok ini kerap melakukan kekerasan, penculikan, dan pembunuhan selama bertahun-tahun. Penculikan anak-anak oleh anggota kelompok Boko Haram sempat menjadi perhatian masyarakat Internasional.

Pada 2009, polisi dan militer setempat memulai kampanye untuk melawan kekerasan yang dilakukan oleh Boko Haram. Polisi membunuh tujuh ratus orang yang tergabung dalam kelompok ini. Tidak hanya itu, polisi juga merusak banyak kantor, sekolah dan semua tempat dimana kelompok ini beroperasi.

 

#5. Hamas

Hamas sebenarnya disebut kelompok teroris yang didasari oleh pandangan politik berbeda. Hamas pertama kali berdiri pada akhir 1987. Kelompok ini terlibat dalam beberapa serangan yang terjadi di Amerika Serikat, Kanada, dan Israel. Kelompok ini dibenttuk oleh Palestenian Muslim Brotherhood dan ideologinya adalah Paletine Nationalism.

 

#4. The Lord Resistance Army

The Lord Resistance Army (LRA) adalah kelompok terorisme yang ada di Sudan Selatan, namun mereka melancarkan aksi-aksinya di luar Sudan. Mereka membunuh banyak orang dan menyerang di banyak negara. Pada 2007 terdapat tiga ribu sampai tujuh ribu orang tergabung dalam kelompok ini.

 

#3. Tehrik-e-Taliban Pakistan

Kelompok teroris ini berdiri di Pakistan pada 2007. Walaupun tidak setua kelompok-kelompok teroris lainnya, bahaya Tehrik-e-Taliban ini mendapat pengakuan dunia. Kelompok ini masih berhubungan dengan kelompok Al-Qaeda. Mereka berbagi masalah pendanaan, pembuatan bom, dan tenaga ahli dalam terorisme. Kelompok ini ada di Afghanistan dan ikut perang Northern Eastern.
 

#2. Al Qaeda

Al Qaeda adalah organisasi Wahhabi yang diinisiasi Osama Bin Laden. Kelompok ini berdiri pada 1988. Banyak kelompok terorisme dengan skala lebih kecil berada di bawah Al-Qaeda antara lain Mujahideen, Shuragroup, dan Tahrir Al Sham. Al Qaeda termasuk salah satu kelompok teroris paling berbahaya di dunia karena memiliki 67 ribu anggota. Mereka berhasil menciptakan teror juga kekerasan di wilayah Timur Tengah.
 

#1. Islamic State Iraq and Syria atau ISIS

Islamic State Iraq and Syria atau ISIS adalah kelompok terorisme paling berbahaya di dunia. Kelompok terorisme ini merancang dan melakukan aksi terorisme secara luas dan menyebar ke negara-negara di dunia. ISIS bertanggung jawab terhadap 45 persen korban tewas dalam aksi terorisme yang terjadi di seluruh dunia. Kelompok ini juga mendorong peningkatan jumlah aksi bom bunuh diri yang terjadi di seluruh negara.

KOMENTAR
500/500