Ilustrasi bunuh diri, ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Selain Stephanie, Ini 7 Kasus Bunuh Diri karena Asmara

Estimasi Baca:
Selasa, 27 Feb 2018 15:45:57 WIB

Kriminologi.id - Kasus bunuh diri lantaran depresi akibat persoalan asmara kembali terulang. Stephanie Broadmeadow nekat mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis lantaran depresi putus cinta.

Selain Stephanie, kasus ABG di Kalimantan Selatan sangat unik. Ia nekat bunuh diri untuk menunjukkan cintanya kepada sang kekasih lewat surat.  

Kembali ke Stephanie, yang nekat itu terjun dari lantai 38 Apartemen Kemang Village Residence pada Minggu pagi, 25 Februari 2018. Dari keterangan saksi-saksi yang ada bersama korban sebelum bunuh diri, gadis berusia 18 tahun itu diduga mengalami depresi karena ditinggal putus pacarnya.

Pada hari yang sama seorang pria bernama Wong Berlin (32) nekat mengakhiri hidupnya dengan menyayat lehernya sendiri di kediamannya di Kebon Jeruk, Jakarta Pusat, lantaran cintanya kepada seorang wanita asal Singapura bertepuk sebelah tangan.

Baca: 5 Fakta Tewasnya Stephanie, Gadis yang Jatuh dari Kemang Village

Berdasarkan hasil riset Kriminologi, persoalan asmara menjadi salah satu faktor pemicu seseorang nekat melakukan bunuh diri. Berikut 7 kasus bunuh diri lantaran depresi putus cinta yang terjadi di sepanjang tahun 2017;  

1. Anak Kades Gantung Diri di Hutan

Seorang anak kepala desa Putut Wijanarko (26) ditemukan tewas gantung diri di sebuah pohon di kawasan hutan Wanagama, tidak jauh dari rumahnya, 22 Januari 2017. Putra Kepala Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, itu diduga bunuh diri akibat depresi lantaran patah hati.

Menurut keterangan beberapa tetangga, beberapa hari terakhir sebelum bunuh diri Putut memang tampak bingung dan murung. Belakangan diketahui perubahan perilaku pada Putut karena ditinggal oleh pujaan hatinya.

Baca: Kenali Gejala dan Pemicu Orang Bunuh Diri

Mahasiswa Perbanas Lompat Dari Gedung Kampus

Persoalan cinta pun membuat seorang mahasiswa Fran Berton Martua alias Ucok gelap mata. Ia nekat bunuh diri dari Gedung Init III Kampus Perbanas, Jakarta Selatan, pada 6 April 2017 pukul 22.00 WIB.

Fran melompat dari dak Gedung yang terdiri dari tujuh lantai itu. 

Berdasarkan keterangan Idham, rekan korban di kampus, ia mendengar kabar bahwa Fran baru putus dengan pacarnya. Perilaku Fran memang diakui oleh Idham menjadi berbeda saat itu, lebih diam tidak seperti biasanya. Namun Idham tidak menyangka rekannya sampai nekat bunuh diri.

Gantung Diri dekat Pos Lantas 

Alfiannor alias Alfi (18) melakukan aksi bunuh pada Jumat, 5 Mei 2017. Warga Jalan Provinsi Km 167, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kalimantan Selatan, itu melakukan aksinya di rumah kosong dekat Pos Lantas Satui.  Aksi itu dilakukan lantaran kekasihnya akan merantau ke Pulau Jawa.

Berdasarkan keterangan Kapolsek Satui AKP Apri korban bunuh diri menggunakan selang air, yang di dalamnya terdapat tali jemuran.

ABG Gadis Gantung Diri di Ruang Karaoke 

Seorang ABG bernama Indah Paujiah Siregar (18), warga Panompuan Julu, Desa Panompuan, Kecamatan Angkola Julu, Tapanuli Selatan, nekat mengakhiri nyawanya dengan cara gantung diri, 15 Agustus 2017.

Korban ditemukan tewas gantung diri di salah satu tempat karaoke bernama Arwana di Jalan Bypass, Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Diduga perbuatan ini dilakukan lantaran cinta bertepuk sebelah tangan.

Tidak jauh dari jasad korban, terdapat sepucuk surat ungkapan perasaan yang ditujukan pada kekasihnya. Dalam surat itu, korban menuliskan bahwa aksi nekatnya tersebut sebagai bukti cintanya kepada kekasihnya walaupun sang kekasih tak mencintai dirinya.

Baca: Nekat Sayat Leher, Wong Berlin Diduga Alami Gangguan Jiwa

Buruh Serabutan Gantung Diri di Kontrakan

Seorang buruh serabutan bernama Danu Setiawan (23), warga Dusun Kepuh Wetan, Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, ditemukan tewas gantung diri di rumah kontrakannya oleh sang pemilik kontrakan pada 29 September 2017.

Pemuda yang tinggal sebatang kara itu diduga nekat mengakhiri hidupnya lantaran depresi akibat putus cinta. Hal itu diketahui dari status galau yang ditulis korban di Facebook miliknya sehari sebelum kejadian. 

Tukang Kebun Gantung Diri di Rumah Kosong,

Patah hati yang dialami seorang tukang Edi Supriadi pun berakhir di tiang gantungan. Tukang kebun di Perkebunan kelapa sawit di Desa Air Bikuk, Mukomuk, Bengkulu itu ditemukan oleh warga setempat tergantung di sebuah rumah kosong di wilayah tersebut.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah warga setempat, korban diduga nekat bunuh diri karena depresi setelah putus cinta dengan kekasihnya.

Remaja Gantung Diri di Dapur Rumah

Remaja berinisial EA (17), wara Desa Wangon, Kecamatan Wangon, Banyumas, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung diri di dapur rumahnya lantaran depresi diputus kekasih yang dikenalnya lewat Facebook, 27 Desember 2017.

Keluarga sama sekali tidak mengetahui kenapa EA melakukan hal senekat itu. Sepengetahuan keluarga, EA sama sekali tidak memiliki masalah. Namun beberapa hari menjelang insiden tersebut, EA terlihat murung dan sering melamun. Berdasarkan keterangan temannya, EA diketahui baru putus cinta setelah kekasih yang dikenalnya lewat Facebook memutuskan hubungan. SM

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500