Pencabulan anak di Singkawang Tertangkap, Ilustrasi: Pixabay

Selama Dua Bulan, 52 Anak Dicabuli Termasuk Kasus Duren Sawit

Estimasi Baca:
Kamis, 12 Okt 2017 16:19:48 WIB

Kriminologi.id - Rumah pelaku pencabulan berinisial A di Duren Sawit digeruduk warga, Rabu, 11 Oktober 2017. Rumah kontrakan di Jalan Ahyar, Duren Sawit, Jakarta Timur, itu ramai dengan masyarakat sekitar. Pelaku diduga mencabuli tiga korban. Peristiwa pencabulan ini terungkap saat korban mengeluhkan sakit di kemaluannya.

Berdasarkan data pemberitaan yang dihimpun oleh Kriminologi, selama dua bulan terakhir tepatnya sejak 16 Agustus 2017 hingga 12 Oktober 2017, ada sekitar 52 anak Indonesia menjadi korban pencabulan. Pulau Sumatera memiliki jumlah kasus pencabulan tertinggi. Berikut ini data per Pulau:

 

#JAWA

Terdapat 19 anak di Pulau Jawa yang menjadi korban pencabulan, baik yang dilakukan oleh orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal korban. Ada delapan anak yang menjadi korban pencabulan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sedangan enam anak dicabuli di Jawa Tengah, 4 anak di Jawa Barat, dan seorang anak di Jawa Timur.

Menariknya di Jawa Barat terdapat pelaku pencabulan yang berprofesi sebagai guru mengaji. Berdasarkan pengakuan pelaku ini, ada empat orang santri yang menjadi korban perilaku bejatnya.

 

#SUMATERA

Terdapat 23 anak yang menjadi korban pencabulan. Jumlah korban pencabulan tertinggi ada di Sumatera Selatan dengan 15 anak. Sedangkan empat anak menjadi korban pencabulan di Aceh dan dua anak dicabuli di Sumatera Utara dan dua anak korban di Kepulauan Riau. Sedikitnya 14 anak menjadi korban di Sumatera Selatan dilakukan oleh orang yang sama.

Pelaku memiliki usaha playstation sehingga dia mengiming-imingi para korbannya dengan tawaran untuk bermain playstation gratis. Selain itu, modus guru mengaji juga terjadi di Aceh. Seorang santriwati menjadi korban perbuatan cabul guru mengajinya di sebuah pesantren.

Salah satu kasus yang paling miris terjadi di Kepulauan Riau. Pasangan suami-istri ditangkap karena persetubuhan dan pencabulan anak di bawah umur. Korban dicabuli dan disetubuhi si suami setiap kali menginap di rumah mereka. Sedangkan istrinya mengaku melihat suami melakukan perbuatan bejat tersebut, namun dia tidak melaporkannya karena si istri menderita kista dan tidak bisa berhubungan seksual dengan duami.

 

#BALI DAN MALUKU

Terdapat lima anak yang menjadi korban pencabulan. Terdapat 4 anak yang dicabuli di Bali, dan seorang anak dicabuli di Maluku Utara.

 

#KALIMANTAN

Terdapat dua anak yang menjadi korban pencabulan di Kalimantan. Ada satu anak yang dicabuli di Kalimantan Barat dan satu anak dicabuli di Kalimantan Selatan. Kedua modus yang dilakukan oleh pelaku serupa, yaitu dengan mengiming-imingi korban dengan sejumlah uang asalkan korban mau disentuh dan bahkan disetubuhi oleh pelaku.

 

#SULAWESI

Terdapat tiga anak yang dicabuli di Pulau Sulawesi. Ada dua anak menjadi korban pencabulan di Sulawesi Utara dan satu  anak menjadi korban pencabulan di Sulawesi Tenggara. Kedua anak yang menjadi korban pencabulan di Sulawesi Utara adalah anak kandung pelaku sendiri.

Tindakan cabul itu terkuak saat si bungsu bercerita pada kakaknya apa yang telah dilakukan ayah mereka. Ternyata sang kakak juga mengalami perlakuan yang sama. Merasa tidak terima adiknya juga dicabuli. Akhirnya perlakuan tersebut diceritakan kepada ibu mereka. Ibunyalah akhirnya yang melaporkan pada pihak berwajib.

Reporter: Orisa Shinta Haryani
Redaktur: Bobby Chandra
KOMENTAR
500/500