Teroris di papua, Ilustrasi: Kriminologi.id

Teror 30 Tahun: Serangan IRA hingga Bom ISIS

Estimasi Baca:
Senin, 6 Nov 2017 11:31:24 WIB

Kriminologi.id - Gerakan terorisme melanda dunia selama beberapa dekade, dan berevolusi dari waktu ke waktu. Peta grafis di bawah ini sangat menarik karena memperlihatkan setiap serangan teror ke seluruh dunia dalam 30 tahun terakhir.

Menggunakan data yang dikumpulkan oleh University of Maryland dan dianalisis oleh Igarapé Institute, peta ini menunjukkan daerah di dunia yang paling terancam oleh terorisme dan bagaimana hal itu menyebar selama tiga dekade tersebut.

Baca: Pemimpin Teroris Bima Menyerahkan Diri

Seperti yang dikutip dari Mail Online, Sabtu, 3 November 2017, peta itu melacak ancaman yang terus berkembang, mulai pembajakan pesawat dan pemboman yang dilakukan oleh kelompk Tentara Pembebasan Irlandia Utara atau IRA pada era 80-an, hingga serangan kelompok teror Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS serta serangan truk di pelbagai negara Eropa beberapa tahun terakhir, termasuk teror di Indonesia.


1984

Peta teror yang melanda dunia tahun 1984. Foto: Dailymail

20 April, London, Inggris: 22 orang terluka saat sebuah bom meledak di area klaim bagasi. Kelompok Anarkis Angry Brigade mengklaim serangan tersebut, meskipun pihak berwenang Inggris mengarahkan jari pada kelompok pemberontak yang didukung Libya.

3 Agustus, Kancheepuram, India: Konter keberangkatan Sri Lanka Airlines di Bandara Internasional Chennai meledak oleh bom waktu. Sedikitnya 33 orang tewas, dan 27 lainnya terluka di tengah Perang Saudara Sri Lanka. Angkatan Darat Tamil Eelam dituduh bertanggung jawab.

Baca: Polisi: Teroris Bima Terafiliasi dengan Mujahidin Indonesia Timur

29 Agustus-10 Oktober, Oregon, Amerika Serikat: lebih dari 700 orang terinfeksi virus salmonella oleh Rajneeshee Cul yang dikenal sebagai serangan bioteror Rajneeshee. Serangan kelompok itu untuk mencoba dan mempengaruhi pemilihan lokal.

20 September, Beirut, Lebanon: terjadi bom bunuh diri di dalam mobil di gedung Kedutaan Amerika Serikat yang dikirim oleh kelompok Hizbullah yang berbasis di Libanon, dan menewaskan 24 orang.

12 Oktober, Brighton, Inggris: teroris IRA mencoba membunuh Perdana Menteri Margaret Thatcher dengan menanam bom di hotel yang digunakan Partai Konservatif dalam konferensi tahunan mereka. Bom tersebut nyaris membunuh Thatcher dan kabinetnya, tapi menewaskan anggota parlemen Konservatif, Anthony Berry.

Baca: Peran 11 Tersangka Teroris Bima, Eksekutor Hingga Bantu Pelarian

23 Desember, Florence, Italia: tujuh belas orang terbunuh dan lebih dari 250 lainnya terluka saat sebuah bom, yang diyakini telah ditanam oleh Mafia Sisilia, meledak di dalam kereta cepat dari Naples menuju Milan.
 

1985

Peta teror yang melanda dunia tahun 1986. Foto: Dailymail

23 Februari, Paris, Prancis: gerilyawan Hizbullah membom toko Marks and Spencer di Paris. Akibatnya satu orang tewas dan 18 terluka. Teroris yang terkait dengan negara tersebut lalu menyerang festival film Yahudi pada Maret, yang menewaskan sedikitnya 18 orang, dan melukai 48 lainnya dalam sebuah serangan bom di Paris pada Desember.

8 Maret, Beirut, Lebanon: sebuah bom mobil meledak di dekat kediaman ulama Sayyed Mohammad Hussein Fadlallah, menewaskan 80 orang dan melukai 200 orang. Otoritas Libanon menuduh Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat atau CIA dan Badan Intelijen Inggris atau SIS Inggris di balik pembunuhan yang gagal tersebut.

Baca: CIA Rilis Isi Komputer Milik Osama Bin Laden

12 April, Madrid, Spanyol: kelompok teror Jihad Islam mengebom restoran El Descanso di luar ibu kota Spanyol tersebut. Petugas Amerika Serikat berada di kawasan tersebut, dan diduga menjadi sasarannya. Sedikitnya 18 orang tewas dan 82 terluka.

14 Juni, Athena, Yunani: pejuang Hizbullah membajak pesawat TWA Flight 847, yang tengah menuju Roma. Serangan itu membunuh seorang pelaut Angkatan Laut AS yang tengah cuti bertugas.

19 Juni, Frankfurt, Jerman: tiga tewas dan 42 terluka saat sebuah bom yang ditempatkan di antara penumpang, meledak di dalam ruang keberangkatan di Bandara Frankfurt. Polisi meledakkan bom kedua. Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

23 Juni, Samudera Atlantik, dekat Irlandia: penerbangan Air India Flight 182 dalam perjalanan dari Delhi ke Montreal diledakkan oleh teroris dari organisasi Sikh Babbar Khalsa di tengah kerusuhan di Punjab, India. Semua 329 awak dan penumpangnya tewas.

Baca: Anggota Jaringan Teroris Bima Dikirim ke Jakarta

22 Juli, Kopenhagen, Denmark: satu orang tewas dan 32 terluka saat dua bom yang ditanam oleh kelompok jihadis yang didukung oleh Hizbullah meledak di kota tersebut. Pembom yang terus meneror mencoba meledakkan bom ketiga.

23 November, Luqa, Malta: pesawat EgyptAir Flight 648 dibajak oleh anggota organisasi Abu Nidal yang terkait dengan Palestina. Otoritas Mesir akhirnya menyerbu pesawat tersebut. Dalam kekacauan yang terjadi, 58 orang terbunuh, bersama dua penyerang.

27 Desember, Italia dan Austria: anggota Abu Nidal secara bersamaan menyerang bandara di Roma dan Wina, menewaskan 19 orang dan melukai 138 lainnya dalam serangan senjata dan granat. Empat dari tujuh penyerang ditembak mati.
 

1986

Peta teror yang melanda dunia tahun 1987. Foto: Dailymail

Februari-September, Paris, Prancis: sepanjang 1986 sedikitnya 10 serangan teror terjadi di Paris, yang semuanya dilakukan oleh militan Libanon yang terkait dengan Hizbullah. Sebanyak 14 orang terbunuh dan lebih dari 250 lainnya luka-luka.

13 Maret, Damaskus, Suriah: militan pro-Irak disalahkan karena meledakkan sebuah bom mobil di kota tersebut, menewaskan 60 orang dan melukai seorang yang tidak diketahui jumlahnya. Sekitar 144 orang tewas dalam serangan lain pada April.

27 Maret, Melbourne, Australia: seorang polisi wanita terbunuh dan 22 orang terluka ketika Markas Besar Kepolisian Russell Street dibom oleh tiga penjahat yang tidak puas.

2 April, Argos, Yunani: TWA Flight 840, yang melakukan perjalanan dari Los Angeles ke Kairo melalui New York City, Roma, dan Athena dibom  oleh organisasi Palestina Abu Nidal, menewaskan empat orang dan melukai tujuh lainnya.

5 April, Berlin Barat, Jerman Barat: sebuah pemboman yang diperintahkan oleh pemerintah Libya membunuh tiga orang dan melukai lebih dari 200 orang di sebuah klub di kota yang sering dikunjungi oleh tentara Amerika.

5 September, Karachi, Pakistan: orang-orang bersenjata dari kelompok Abu Nidal membajak pesawat Pan Am Flight 73. Dalam penyerbuan 16 jam oleh polisi, sedikitnya 20 penumpang tewas dan 120 lainnya cedera. Keesokan harinya, orang-orang bersenjata Abu Nidal melepaskan tembakan ke Sinagoga Neve Shalom di Turki, menewaskan 22 orang lainnya.

25 Desember, Arar, Arab Saudi: penerbangan Iraqi Airways 163 dibajak oleh anggota organisasi jihadis Islam. Dua ledakan granat memaksa pesawat mendarat, menyebabkan 60 orang tewas dan puluhan lainnya cedera.
 

1987

Peta teror yang melanda dunia tahun 1988. Foto: Dailymail

April, berbagai lokasi, Sri Lanka: serangan senjata oleh kelompok bersenjata Tamil Eelam  LTTE menyebabkan lebih dari 200 orang tewas selama bulan tersebut di tengah perang saudara yang brutal.

25 April, Athena, Yunani: bus Angkatan Udara Yunani yang membawa personil militer Amerika Serikat dibom oleh Organisasi 17 November, sebuah kelompok sayap kiri, yang melukai sekitar 18 orang.

19 Juni, Barcelona, Spanyol: sebuah bom diledakkan di pusat perbelanjaan oleh anggota kelompok separatis Basque ETA, menewaskan 21 orang dan melukai 45 orang. Pada Desember, kelompok itu mengebom Zaragoza, 11 orang yewas dan melukai 88 lainnya.

Juli, Haryana, India: anggota kelompok militan Pasukan Komando Khalistan Sikh menembak mati lebih dari 70 orang dalam serangkaian serangan senjata di Punjab.
 

1988

Peta teror yang melanda dunia tahun 1989. Foto: Dailymail

24 Januari, Santander, Kolombia: delapan polisi tewas di tengah konflik yang terus berlanjut antara pemerintah dan berbagai kelompok pemberontak termasuk FARC, ELN dan SGSB yang meningkat seiring waktu dan berujung pada kematian lima tentara Kolombia dan melukai 270 lainnya, saat penyergapan di Guaviare.

Maret-Agustus, berbagai lokasi, Irlandia Utara: Michael Stone membunuh tiga pelayat dan melukai lebih banyak orang lainnya dalam serangan senjata dan granat saat pemakaman tentara IRA. Tiga hari kemudian tentara Inggris David Howes dan Derek Wood ditembak, ditikam, dan dipukuli sampai mati di pemakaman IRA lain di tengah kekhawatiran bahwa mereka pengikut setia Ulster yang merencanakan serangan serupa. Selain itu dua kasus pemboman IRA pada tahun ini menewaskan 14 orang dan puluhan lainnya terluka, sementara IRA juga menembak jatuh sebuah helikopter polisi.

21 Desember, Lockerbie, Skotlandia: Kelompok Nasional Libya Abdelbaset al-Megrahi menanam sebuah bom di Pan Am Flight 103 dari Frankfurt ke Detroit melalui London dan New York atas perintah pemimpin saat itu Moammar Gaddafi. Bom ini meledak di Skotlandia, membunuh 243 penumpang dan 16 awak dan melukai lima orang.
 

1989

Peta teror yang melanda dunia tahun 1990. Foto: Dailymail

19 September, Tenere, Niger: UTA Flight 772 diledakkan dalam perjalanan dari Brazzaville ke Paris dan mendarat di padang pasir. Semua penumpangnya, 170 orang tewas, dan Libya disalahkan dalam peristiwa tersebut.

27 November, Soacha, Kolombia: Penerbangan Avianca 203 dibom dalam perjalanan dari Bogota ke Cali, menewaskan 110 orang. Kartel narkoba Medellin mengklaim bertanggung jawab dalam peristiwa mengerikan itu.

6 Desember, Bogota, Kolombia: sebuah bom truk di markas besar DAS membunuh 52 orang dan melukai lebih dari seribu orang lainnya. Sekali lagi, kelompok kartel karkoba Medellin mengklaim bertanggung jawab.
 

1990

Peta teror yang melanda dunia tahun 1990. Foto: Dailymail

Januari-Desember, berbagai lokasi, Kolombia: konflik yang sedang berlangsung antara pemerintah, pemberontak FARC, dan kartel Medellin menyebabkan ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka dalam puluhan serangan.

16 Mei, London, Inggris: kelompok IRA meledakkan sebuah bom di bawah sebuah minibus militer di London, yang membunuh Sersan Charles Chapman, dan melukai empat tentara lainnya. Belakangan, kelompok tersebut mengebom Bursa Efek London atau London Stock Exchange, meski untungnya tidak ada yang terluka.

11 Juni, Sri Lanka: lebih dari 600 petugas polisi yang tidak bersenjata terbunuh dalam penyergapan oleh LTTE.

5 November, New York, Amerika Serikat: politikus Amerika Serikat-Israel Meir Kahane ditembak dan dibunuh oleh anggota parlemen Mesir El Sayyid Nosair di Hotel J. W. Marriott di New York.

8 Desember, Sabadell, Spanyol: kelompok ETA membom sebuah konvoi polisi yang sedang dalam perjalanan ke sebuah pertandingan sepakbola polisi, dan menewaskan enam orang serta melukai 10 lainnya.
 


1991

Peta teror yang melanda dunia tahun 1991. Foto: Dailymail

Februari, London, Inggris: kelompok IRA melukai empat orang yang meluncurkan peluru mortir di Downing Street dalam upaya membunuh Perdana Menteri John Major dan anggota  kabinetnya. IRA kemudian membunuh satu orang dan melukai 38 lainnya dalam pemboman di stasiun Victoria dan Paddington.

15 Juni, Ludhiana, India: militan Sikh membantai sekitar 100 penumpang Hindu dalam dua kereta api.

15 Oktober, Palliyagodella, Sri Lanka: satu tahun konflik yang sedang berlangsung berujung pada pembunuhan lebih dari 200 orang oleh militan LTTE.
 

1992

Peta teror yang melanda dunia tahun 1992. Foto: Dailymail

5 Februari, Belfast, Irlandia Utara: lima warga sipil beragama Katolik terbunuh dalam serangan kelompok UDA di sebuah toko milik nasionalis Irlandia.

6 Februari, Madrid, Spanyol: empat personil militer dan seorang pegawai sipil militer dibunuh oleh sebuah bom mobil kelompok ETA di Madrid.

17 Maret, Buenos Aires, Argentina: 28 meninggal dan lebih dari 200 lainnya cedera saat seorang pembom bunuh diri Jihad Islam membawa mobilnya ke kedutaan Israel. Argentina menuduh Hizbullah terlibat dalam serangan tersebut.

10 April, London, Inggris: gedung Penukaran Uang Baltik dihancurkan oleh bom truk oleh kelo[ok IRA, menewaskan tiga orang.

16 Juli, Lima, Peru: 25 tewas dan 155 terluka dalam dua pemboman truk yang diklaim oleh kelompok komunis Shining Path.
 

1993

Peta teror yang melanda dunia tahun 1993. Foto: Dailymail

25 Januari, Virginia, Amerika Serikat: imigran Pakistan Mir Qazi melepaskan tembakan ke petugas CIA di luar markas besar CIA, menewaskan dua orang.

26 Februari, New York, Amerika Serikat: pemboman World Trade Center pertama terjadi, yang dilakukan lima kelompok teror, menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 1.000.

12 Maret, Bombay sekarang Mumbai, India: 13 pemboman yang menargetkan bank, hotel, Bursa Efek Bombay dan bangunan lainnya membunuh lebih dari 250 orang. Pemboman dilakukan oleh kelompok kriminal D-Company.

20 Maret, Warrington, Inggris: dua bom yang ditanam oleh kelompok IRA meledak di tempat sampah, menewaskan dua anak.
 

1994

Peta teror yang melanda dunia tahun 1994. Foto: Dailymail

5 Februari, Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina: 68 meninggal saat sebuah mortir dilepaskan oleh Angkatan Darat Republika Srpska mendarat di sebuah pasar yang sibuk.

25 Februari, Hebron, Tepi Barat: warga Israel, Barrich Goldstein, membunuh 29 orang dan melukai 125 orang Palestina dalam sebuah serangan di gua suci.

27-26 Juni, Matsumoto, Jepang: anggota kelompok pemuja Aum Shinrikyo melepaskan gas sarin yang mematikan di lingkungan Matsumoto, Nagano.

18 Juli, Bueno Aires, Argentina: seorang pengebom menabrakkan mobilnya ke gedung Asociación Mutual Israelita Argentina atau Perkumpulan Kejasama Argentina-Israel, yang menewaskan 85 orang. Beberapa negara menyalahkan Hizbullah.
 

1995

Peta teror yang melanda dunia tahun 1995. Foto: Dailymail

30 Januari, Aljazair: sebuah bom mobil meledak di dekat markas besar polisi di Algiers, yang membunuh 42 di tengah perang saudara di negara tersebut.

28 Februari, Zakho, Irak: sebuah bom mobil meledak di tempat yang ramai, menewaskan 76 orang. Persatuan Patriotik Kudistan disalahkan.

20 Maret Tokyo, Jepang: anggota Aum Shinrikyo melepaskan gas sarin ke lima kereta di stasiun kereta bawah tanah Tokyo, yang menewaskan 12 orang dan membuat lebih dari 1.000 orang cedera.

19 April, Oklahoma, Amerika Serikat: serangan bom di Gedung Federal Alfred P. Murrah di pusat kota Oklahoma City membunuh 168 dan melukai lebih dari 650 orang. Hal itu dilakukan sebagai pembalasan atas penanganan Ruby Ridge dan pengepungan Waco.

14-19 Juni, Budyonnovsk, Rusia: puluhan pemberontak Chechnya menyerang kota tersebut sebelum membawa ribuan sandera ke rumah sakit setempat. Setelah beberapa hari mengepung, tentara Rusia menyerangnya, menyebabkan 150 orang terbunuh.

Konflik yang sedang berlangsung di Kolombia, Sri Lanka dan sekitar Tepi Barat menyebabkan ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka.
 

1996

Peta teror yang melanda dunia tahun 1996. Foto: Dailymail

9-18 Januari, Dagestan, Rusia: sekitar 200 pemberontak Chechnya menggeruduk sebuah pangkalan udara sebelum menawan sandera. Serangn itu menyebabkan baku tembak dengan militer Rusia di mana 200 tentara Kremlin, 96 pemberontak, dan 26 warga sipil meninggal.

9 Februari, London, Inggris: kelompok sempalan IRA meledakkan sebuah bom truk yang besar di Canary Wharf, menewaskan dua orang dan melukai 200 lainnya.

Februari-Maret, berbagai lokasi, Israel: empat pelaku bom bunuh diri dari kelompok Hamas meninggalkan 60 orang tewas dan 284 terluka dalam serangkaian pemboman bunuh diri.

15 Juni, Manchester, Inggris: kelompok sempalan IRA memulai bom besar lainnya, melukai lebih dari 200 orang
 

1997

Peta teror yang melanda dunia tahun 1997. Foto: Dailymail

Seorang tentara tewas ditembak di Irlandia Utara di awal tahun, sementara separatis Uyghyr melancarkan beberapa serangan di Cina dan di New York terjadi penembakan di dek observasi Empire State Building.

Orang-orang bersenjata Islam melakukan serangan besar di Mesir, sementara konflik yang sedang berlangsung di Kolombia, Sri Lanka dan India membunuh ratusan orang. Enam belas dan tewas dan puluhan terluka dalam serangan bom di Israel.
 

1998

Peta teror yang melanda dunia tahun 1998. Foto: Dailymail

Puluhan orang tewas dan ratusan lainnya cedera dalam serangan di Kolombia, India dan Sri Lanka.

Pada Agustus, dua Kedutaan Besar Amerika Serikat di Nairobi, Kenya dan Dar es Salaam, Tanzania dibom oleh anggota al-Qaeda dan jihad Islam Mesir. Serangan itu membunuh 200 orang dan melukai 4.000 lainnya.

Belakangan di bulan yang sama, kelompok IRA membunuh 29 orang dan melukai lebih dari 200 orang dengan sebuah bom di Omagh, Irlandia Utara.

Di Yugoslavia, kelompok KLA melakukan serangan dan membunuh selusin orang dan melukai puluhan lainnya.
 

1999

Peta teror yang melanda dunia tahun 1999. Foto: Dailymail

Serangkaian pemboman mobil terjadi di Uzbekistan pada Januari, sebelum pemberontak Chechnya menyerang lagi di Vladikavkaz, Rusia, meninggalkan 62 orang tewas dan 168 terluka. Kemudian pada tahun ini serangkaian pemboman, yang diyakini dilakukan oleh orang-orang Chechnya, membunuh 293 orang lagi.

Di Turki, kelompok Kurdi PKK dipersalahkan atas serangkaian pemboman pasar sementara neo-Nazi David Copeland meledakkan tiga bom di London, Inggris, pada April.

Di Amerika Serikat, 13 orang tewas dalam Pembantaian Columbine.
 

2000

Peta teror yang melanda dunia tahun 2000. Foto: Dailymail

Kelompok ETA membatalkan gencatan senjata dengan Spanyol untuk melancarkan serangan bom di Madrid sebelum melakukan beberapa serangan lainnya di akhir tahun.

Filipina dilanda gelombang serangan teroris, seperti di negara tetangganya di Indonesia.

Gerilyawan Chechnya meluncurkan lima serangan bom bunuh diri ke markas militer dan polisi Rusia dan barak, menewaskan 54 orang dan melukai 100 lainnya.

Di Yaman, kapal USS Cole dibom, menewaskan 19 orang dan melukai 39 lainnya.
 

2001

Peta teror yang melanda dunia tahun 2001. Foto: Dailymail

Hampir 3.000 orang terbunuh dan ribuan lainnya terluka dalam serangan World Trade Center di New York, mendorong George W Bush untuk mengumumkan perang di Afghanistan, dan kemudian Irak.

Sementara di Inggris, IRA membom BBC, dan di Angola sebuah kereta tergelincir di tengah perang saudara di negara tersebut, menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya.
 

2002

Peta teror yang melanda dunia tahun 2002. Foto: Dailymail

Sekitar 200 orang tewas dalam pemboman di Bali yang menargetkan turis barat di Indonesia. Kelompok radikal Islam yang dicurigai melakukan serangan tersebut.

Di Rusia, krisis penyanderaan teater Moskow menyebabkan 131 orang tewas yang dikuasai Chechnya, sementara di Mombasa, Kenya, orang-orang bersenjata Al-Qaeda membunuh 13 orang dan melukai 80 lainnya.
 

2003

Peta teror yang melanda dunia tahun 2003. Foto: Dailymail

Serangan paling mematikan tahun ini terjadi di Irak, atas perintah Al-Qaeda, yang membom masjid Imam Ali yang menewaskan 95 orang dan ratusan lainnya terluka.

Ratusan lagi tewas di Rusia dalam serangkaian serangan bunuh diri, sementara kekerasan terus meningkat di wilayah Israel dan Hotel Marriott dibom di Indonesia.
 

2004

Peta teror yang melanda dunia tahun 2004. Foto: Dailymail

Spanyol terkena serangan teror terbesar dalam sejarahnya saat bom meledak di beberapa kereta api, menewaskan hampir 200 orang dan melukai ribuan lainnya.

Pemboman di Erbil, Irak, yang menargetkan bangunan Kurdi menewaskan 117 orang sementara dua serangan bom dilakukan di metro Moskow.

Kedutaan Australia di Jakarta juga ditargetkan, sementara ratusan serangan bom terjadi di Irak, Afghanistan, dan Timur Tengah yang lebih luas.
 
2005

Peta teror yang melanda dunia tahun 2005. Foto: Dailymail

Di London serangkaian bom di tabung dan bus membunuh 52 dan melukai lebih dari 700 orang. Serangan ini diikuti oleh serangan percobaan kedua, meski perangkat tersebut gagal. Di Amerika, terjadi pemboman yang gagal di Oklahoma.

Bom bunuh diri berlanjut di Timur Tengah, sementara dua serangan terjadi di Thailand dan dikaitkan dengan gerakan separatis.
 

2006

Peta teror yang melanda dunia tahun 2006. Foto: Dailymail

Perang sipil Sri Lanka menghidupkan kembali serangkaian serangan LTTE, sementara pemboman menjadi hal rutin di sebagian besar Irak dan Afganistan.

Di India, pemboman kereta Mumbai membunuh lebih dari 200 orang dan melukai lebih dari 700 orang.
 

2007

Peta teror yang melanda dunia tahun 2007. Foto: Dailymail

Serangkaian pemboman mobil di Irak membunuh lebih dari 800 orang dan melukai 1.500 orang, membuat mereka yang paling mematikan kedua di balik serangan teror 9/11 di New York.
 

2008

Peta teror yang melanda dunia tahun 2008. Foto: Dailymail

Ratusan orang terus terbunuh dalam serangan bom di Irak dan Afghanistan, sementara di India tujuh belas ledakan di Ahmedabad membunuh 56 orang.

Ledakan juga mengguncang Pakistan, menewaskan puluhan orang, termasuk serangan terhadap Marriott Hotel.

Di Mumbai, teroris meluncurkan serangkaian serangan yang terkoordinir, yang menyebabkan 173 orang tewas dan ratusan lainnya cedera. Mereka menyerang stasiun kereta api, hotel, restoran, kantor polisi, dan rumah sakit dengan senjata otomatis.
 

2009

Peta teror yang melanda dunia tahun 2009. Foto: Dailymail

Warga Irak dan India menjadi korban bom bunuh diri dan penembakan. Pemboman mobil menewaskan ratusan orang di Pakistan pada Oktober tahun itu.
 

2010

Peta teror yang melanda dunia tahun 2010. Foto: Dailymail

Pakistan terus dipenuhi dengan kekerasan berdarah dan bom bunuh diri yang melukai lebih dari 500 hanya dalam tiga hari pada September.
 
2011

Peta teror yang melanda dunia tahun 2011. Foto: Dailymail

Pakistan dan India terus dihajar serangan yang sering terjadi, seperti halnya Timur Tengah, meski sangat berkurang saat berakhirnya perang Irak. Somalia juga mengalami serangan.
 

2012

Peta teror yang melanda dunia tahun 2012. Foto: Dailymail

Suriah mulai diganggu oleh serangan teror yang sering terjadi, pertanda adanya konflik yang akan muncul. Sementara serangan berlanjut di Afrika timur. Pakistan dan Banglades juga mengalami kerusuhan, begitu pula Filipina dan sebagian wilayah Indonesia.
 

2013

Peta teror yang melanda dunia tahun 2013. Foto: Dailymail

Di Amerika Serikat, pemboman saat acara Maraton Boston menelan lima nyawa, dan luka lebih dari 250 orang.

Serangkaian serangan berdarah di Pakistan, Suriah, dan Irak merenggut nyawa ribuan orang dan melukai ribuan lagi karena wilayah tersebut sekali lagi dilanda konflik habis-habisan.
 

2014

Peta teror yang melanda dunia tahun 2014. Foto: Dailymail

Serangan kilat oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau  ISIS menyebar ke seluruh Suriah dan sebagian besar Irak, meninggalkan jejak kehancuran berdarah di belakangnya. Sementara di Nigeria, Boko Haram meninggalkan lebih dari 200 orang tewas dalam serangkaian serangan.

Pakistan terus menjadi sarang kekerasan dengan serangan senjata dengan bom bunuh diri yang biasa terjadi. Orang-orang bersenjata dibantai di sebuah sekolah militer.
 

2015

Peta teror yang melanda dunia tahun 2015. Foto: Dailymail

Teroris di San Bernardino, California, Amerika Serikat, membunuh 16 dan melukai dua lusin orang setelah dia melepaskan tembakan di sebuah acara. Di Paris, orang-orang bersenjata membunuh ratusan orang dan lebih banyak lagi yang terluka dalam serangan senjata dan bom terkoordinasi di seluruh kota. Serangan itu terjadi setelah kantor majalah Charlie Hebdo diserang pada Januari.

Sementara itu, kelompok Boko Haram melanjutkan serangannya di Nigeria dan menyebar ke negara tetangga Kamerun, membuat ratusan orang tewas akibat serangan tersebut.

ISIS menyebarkan pengaruhnya di Timur Tengah, membunuh ratusan lebih banyak nyawa, sementara pemboman di Turki dan Yaman juga membunuh ratusan orang.
 

2016

Peta teror yang melanda dunia tahun 2016. Foto: Dailymail

Bandara Brussels, Belgia, diserang oleh pembom, menewaskan 32 orang, sementara polisi di Paris dan Berlin ditikam. Nice juga ditargetkan oleh penyerang truk, sementara pada Desember serangan truk lainnya menyerang di Berlin.

Serangkaian pemboman dan serangan mematikan di Suriah dan Irak bertanggung jawab atas ratusan kematian sepanjang tahun, sementara Somalia, Pakistan dan Turki terus menjadi sasaran.

Bom juga diledakkan di New York dan New Jersey, meski tidak ada yang terbunuh. BC

Redaktur: Bobby Chandra
KOMENTAR
500/500