Pixabay.com

Tidak Ada Indonesia dalam Daftar, Berikut 10 Negara Teraman di Dunia

Estimasi Baca:
Selasa, 29 Ags 2017 12:34:17 WIB

Kriminologi.id - Kejahatan menjadi masalah bagi setiap negara. Tingkat kejahatan dapat mempengaruhi aktivitas ekonomi, bisnis, dan stabilitas negara. Oleh karena itu, pemerintahan masing-masing negara berusaha mengontrol angka kejahatan di negaranya. 

Meski banyak negara masih dibelit tingkat kriminalitas yang tinggi, sejumlah negara justru dinilai sebagai negara teraman di dunia. Indikator yang digunakan dalam penilaian itu antara lain mengutip laporan statistik yang dirilis United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).

Seperti yang disadur dari topteny.com (laman yang mengupas berita wisata dan gaya hidup) serta berbagai sumber, berikut ini sepuluh negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia.

 

#10. Siprus

Tingkat kejahatan kekerasan di Cyprus hanya 0,06 per 100 orang, tingkat perampokan hanya 0,20 per 1.000 orang. Sedangkan untuk jumlah korban pembunuhan tidak lebih dari 25 orang dalam satu tahun.

Siprus mungkin menjadi salah satu tempat yang paling aman di Eropa. Selain itu Siprus memiliki pemandangan yang begitu indah karena pantai dan pulaunya dikelilingi Laut Mediterania Timur. Kondisi yang aman dan pemandangan indah menjadikan Siprus sebagai tujuan wisata yang sangat populer.

 

#9. Denmark

Denmark juga merupakan negara dengan tingkat kejahatan yang rendah. Potensi seseorang menjadi korban kejahatan adalah 1:18. Sedangkan tingkat pembunuhan secara nasional adalah 4,2 dari setiap 100 ribu penduduk.

Kepolisian Denmark diketahui memberikan jaminan keamanan yang tinggi kepada warga karena selalu ada sejumlah besar polisi yang tersebar di seluruh negeri. Mereka hampir tidak melihat penjahat berkeliaran atau melakukan kejahatan, namun tetap saja mereka terus berusaha keras menjaga stabilitas negara.

 

#8. Islandia

Islandia mengizinkan kepemilikan senjata api bagi warganya. Tercatat 90 ribu senjata api yang dimiliki warga sipil Islandia, namun tidak satu pun dari senjata tersebut meletus atau digunakan dalam kejahatan.

Jumlah polisi di Islandia tidak sampai 1.000 orang dan jumlah tahanan 250 orang. Begitu amannya negeri ini sampai-sampai tahanan diberikan izin untuk meninggalkan penjara dan melakukan kunjungan ke rumah keluarganya sesekali.

 

#7. Jepang

Jepang sangat mirip dengan Denmark. Kedua negara tersebut juga memiliki anggota polisi yang disebar di seluruh negeri. Tingkat pembunuhan di Jepang setara dengan 0,4 pembunuhan setiap 100 ribu orang.

Selain itu tingkat kekerasan juga sangat rendah, seluruh warganya tidak diizinkan untuk membawa senjata termasuk polisi. Akses terhadap senjata benar-benar dibatasi. Hal ini menjadikan Jepang sebagai salah satu negara teraman di Asia.

Sejak dulu Jepang terkenal dengan Yakuza sebagai kelompok kejahatan yang terorganisir dalam melakukan kejahatannya. Namun selama satu dekade terakhir, aksi Yakuza dan kejahatan di Jepang dapat ditanggulangi dengan efektif.

 

#6. Luksemburg

Luksemburg negara kecil dengan luas wilayah sekitar 1.600 kilometer persegi dengan populasi tidak lebih dari 600 ribu orang. Tingkat kejahatan sangat rendah dan hampir mendekati nol. Kejahatan yang paling sering terjadi adalah pencurian kendaraan. Selama 2016, terdapat 242 kendaraan saja yang dicuri.

 

#5. Singapura

Singapura adalah negara paling aman di Asia. Tingkat pembunuhan di Singapura adalah 0,3 per 100 ribu orang dengan tingkat kejahatan mendekati nol. Jenis kejahatan yang sering kali terjadi di Singapura adalah pencurian, dan penipuan perusahaan. Sedangkan kejahatan kekerasan dan yang sifatnya membahayakan nyawa individu hampir tidak pernah terjadi.

 

#4. Bahrain

Bahrain dianggap sebagai negara teraman di wilayah Arab lantaran mereka memiliki salah satu kekuatan penegakan hukum terbesar di dunia. Bahrain memiliki petugas polisi yang tersebar di seluruh negeri dengan jumlah hampir 2.000 petugas per 100 ribu orang. Tingkat kejahatan sangat rendah dan dapat dikontrol oleh petugas kepolisian.

 

#3. Norwegia

Norwegia menduduki tiga besar negara dengan tingkat kriminalitas rendah dan ditetapkan sebagai salah satu negara teraman di dunia. Rapor ini tidak lepas dari sistem kesejahteraan sosial yang dibangun oleh pemerintahnya sehingga memudahkan pemerataan kesejahteraan.

Sedikitnya populasi dan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakatnya menjadikan Norwegia sukses dalam menekan tingkat kejahatan di negaranya. Walau begitu masih terdapat 20 orang yang terbunuh per 5 juta penduduk.

 

#2. Hong Kong

Hong Kong memiliki tingkat pembunuhan sekitar 0,2 per 100 ribu orang. Sedangkan kasus pencurian dan perampokan hampir tidak terjadi di negara ini. Sebab iru, Hong Kong digolongkan sebagai salah satu negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan terendah.

 

#1. Swiss

Swiss menempati posisi puncak sebagai negara paling aman sedunia karena tingkat kekerasan yang terjadi di negara ini tercatat 7 orang per 100 ribu orang. Kejahatan yang terjadi di negara ini lebih banyak pada penipuan asuransi.

Swiss dinilai sebagai tempat teraman dan tenang untuk tinggal karena warga akan selalu menemukan petugas polisi yang tersebar di seantero negeri. Tingkat kejahatan relatif rendah dan satu-satunya tindakan kekerasan yang terjadi biasanya dilakukan warga asing. BC

KOMENTAR
500/500