Polisi: Video Kekerasan Siswa di Kelas Terjadi di Pontianak

Estimasi Baca :

Guru Pukul Murid di Pangkalpinang. Foto: Istimewa - Kriminologi.id
Guru Pukul Murid di Pangkalpinang. Foto: Istimewa

Kriminologi.id - Video aksi kekerasan di ruang kelas di sebuah sekolah viral di jagat dunia maya. Dalam video itu, seorang yang diduga guru memukul seorang siswa yang sedang duduk. 

Mengkonfirmasi kebenaran video itu, Kasat Intelkam Polres Pangkalpinang AKP M Adi Putra, Senin, 6 November 2017, mengatakan dari hasil penyelidikan diketahui kejadian di dalam video tidak terjadi di Pangkal Pinang.

"Kejadiannya diduga di Pontianak, di mana saat ini sedang diselidiki lebih dalam oleh kepolisian setempat," katanya.

Adi mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi dengan video dugaan pemukulan siswa oleh guru salah satu SMP yang saat ini tengah viral.

Menurutnya, video tersebut dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk memprovokasi dengan dikait-kaitkan dengan kejadian pemukulan guru terhadap muridnya di SMPN 10 Pangkalpinang pada Oktober 2017. Sehingga, katanya, seolah-olah apa yang ada di video tersebut merupakan kejadian yang ada di SMP N 10 Pangkal Pinang.

BACA: Mendikbud Sebut Video Viral Kekerasan Siswa Dipelintir

Adi menjelaskan, kejadian di video itu tidak ada hubungannya dengan kejadian di SMPN 10 Pangkal Pinang.

"Kejadian di SMPN 10 Pangkal Pinang sudah diselesaikan secara kekeluargaan oleh pihak sekolah, Diknas Kota Pangkal Pinang dan orang tua murid serta murid yang bersangkutan tidak mempermasalahkannya lagi," katanya.

Adi mengatakan, Kota Pangkal Pinang sudah kondusif sehingga harus dijaga selalu dan masyarakat diminta mempercayakan segala sesuatunya kepada pihak kepolisian atau pihak terkait yang dapat dipercaya.

"Karena bila kita menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya maka akan menimbulkan provokasi dan meresahkan masyarakat dan akan berakhir terganggunya situasi kamtibmas. Kami lagi menyelidiki siapa yang menyebarkan berita provokasi ini," ujarnya. 

BACA: Video: Tak Terima Diejek, Guru Pukuli Murid

Hal senada juga diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Ia mengatakan video kekerasan terhadap siswa SMP yang viral di media sosial diduga telah dipelintir, yang seolah-olah peristiwa tersebut terjadi di Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Menurutnya, pihak Kemendikbud tengah mengumpulkan semua informasi terkait peristiwa itu dan tengah berusaha menemukan sumber penyebar video tersebut.

Sebelumnya, beredar viral video yang memperlihatkan aksi kekerasan murid dalam kelas di salah satu SMP di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Informasi yang beredar menyertai video itu, ditengarai karena sang guru tak terima diejek oleh muridnya sendiri. Video itu virai seusai diunggah oleh akun Facebook yang bernama Yuni Rusmini pada Minggu, 5 Oktober 2017.

Video berdurasi 38 detik itu nampak seseorang menghampiri murid yang duduk di kursi paling depan lalu menghajar bertubi-tubi di hadapan murid lain.

BACA: Video: Ojek Online Selamatkan Mobil yang Diamuk Massa

Informasi dalam akun itu juga menyebut aksi pemukulan itu dilakukan guru yang mengajar mata pelajaran matematika. Saat itu korban memangil guru itu nama tanpa menggunakan sapaan Pak.

Bahkan, dalam informasi itu, korban sempat dibawa ke kantor kepala sekolah, dan pihak keluarga kemudian membawa korban ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Rumor Polisi: Video Kekerasan Siswa di Kelas Terjadi di Pontianak

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu