5 Cara Menghindari Kejahatan Taksi Online Agar Selamat Sampai Tujuan

Estimasi Baca :

Ilustrasi taksi online. Ilustrasi:  Dwiangga Perwira/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi taksi online. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Otak pelaku perampokan taksi online Grabcar bernama Lidi tewas ditembak petugas Polres Metro Jakarta Barat saat ditangkap. Perampokan yang dilakukan sopir taksi online ini membuat citra transportasi sistim online menjadi rusak. 

Ketua Asosiasi Driver Taksi Online (ADO), Christiansen, mengatakan calon penumpang harus memastikan kondisi taksi online yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan itu aman sebelum berjalan. Agar aman sampai tujuan, ini 5 cara menghindari kejahatan taksi online;  

1. Pastikan Foto Sopir Tak Berbeda dengan Aplikasi 

Langkah pertama yang perlu dilakukan calon penumpang adalah dengan memastikan foto yang terpampang di aplikasi itu sama dengan sopir yang menjemput penumpang. 

Kesamaan foto ini menjadi identitas utama yang perlu diperhatikan calon penumpang agar terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan sepanjang perjalanan. Jika wajah sopir yang datang menjemput dengan foto diaplikasi lebih baik batalkan order. 

2. Cek Bagasi untuk Memastikan Tak Ada Orang Lain

Calon penumpang tidak perlu ragu untuk melakukan pengecekan terhadap bagasi taksi online yang datang menjemput. Penumpang bisa meminta taksi online yang menjemputnya itu diparkir di tempat aman, lalu memeriksa dalam mobil termasuk bagasi untuk memastikan aman.

Buka juga pintu bagasi, jika ternyata terkunci maka minta sopir untuk membuka. Setelah semuanya aman, baru masuk untuk menempuh perjalanan.  
 

3. Berbagi Lokasi dengan Keluarga Terdekat

Berinteraksi dengan keluarga dan orang terdekat dengan mengirimkan posisi terakhir saat di dalam taksi online penting dilakukan. Berbagi lokasi atau share location kepada orang tedekat itu bisa menghindari tindakan jahat di dalam taksi online. 

Share location ini juga bisa mempermudah keluarga dan orang terdekat memahami lokasi penumpang taksi online. Selain keluarga, berbagi lokasi posisi terakhir ini juga mempermudah polisi dalam melakukan penelusuran jika terjadi tindak pidana kejahatan. 

4. Rute Perjalanan Sesuai Aplikasi

Usahakan selama perjalanan penumpang memantau aplikasi rute perjalanan. Jika sopir mengendarai ke luar jalur alias menggunakan jalur berbeda dari aplikasi, maka penumpang bisa menegurnya. 

Karena, perjalanan sopir menggunakan jalur berbeda itu perlu diwaspadai penumpang. 

5. Mobil Penjemput dengan Nomor Polisi Berbeda

Identitas mobil juga perlu diperhatikan oleh penumpang. Jika driver taksi online yang menjemput datang dengan jenis mobil dan nomor polisi berbeda itu perlu ditanyakan. Hanya saja, sepanjang foto di aplikasi dengan sopir itu sama tak perlu risau. 

Perbedaan kendaraan yang dibawa sopir itu merupakan masalah driver taksi online di lapangan. Karena rental mobil tidak bisa memberikan jaminan kendaraan dipakai satu sopir.

Infografik cara terhindar dari kejahatan taksi online

  DP

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Tips & Trik 5 Cara Menghindari Kejahatan Taksi Online Agar Selamat Sampai Tujuan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu