Foto: Ilustrasi Pencopetan

5 Kiat Cegah Copet Gerayangi Dompet Anda

Estimasi Baca:
Kamis, 31 Ags 2017 06:05:16 WIB

Kriminologi.id - Kasus pencopetan sering terjadi di kota-kota besar, terutama daerah tujuan wisata populer. Laman Tripadvisor.com menyebutkan, sejumlah ibu kota negara memiliki tingkat pencopetan tinggi seperti Paris, Amsterdam, Buenos Aires, dan Hanoi. Menurut data yang dirilis Irishexaminer.com sedikitnya 400 ribu kasus pencopetan terjadi saban hari di seluruh dunia.  

Jakarta tidak termasuk dalam data yang dilansir oleh Tripadvisor, namun modus dan pelaku pencopetan di Jakarta bukan barang baru. Pencopetan kerap terjadi di tempat publik dan sarana transportasi publik seperti Transjakarta, commuter line, angkutan kota, atau bus umum. Namun, banyak korban tidak melaporkan kasus pencopetan ini ke polisi.

Baca: Daftar Sepuluh Negara dengan Angka KejahatanTertinggi di Dunia

Walaupun tidak dilaporkan, jenis kejahatan jalanan tetap tetap saja merugikan bagi semua korbannya. Seperti yang disadur dari laman Indonesiatatler.com berikut ini sejumlah kiat agar Anda tidak kecopetan.

 

#1. Jangan Pamer

Jangan sekali-kali memamerkan perhiasan maupun harta benda Anda di ruang publik. Selain itu, hindari pula untuk sering-sering mengeluarkan dompet dari dalam tas. Tindakan tersebut dapat memancing perhatian pelaku. Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelaku tapi juga lantaran ada kesempatan.

 

#2. Bawa Uang Kecil

Bawalah uang bernominal kecil untuk membayar ongkos bus atau ojek online atau membayar belanjaan remeh seperti air mineral atau setangkup burger. Hindari untuk mengeluarkan uang dengan nominal yang besar saat di tempat-tempat ramai. Lebih baik tukarkan terlebih dahulu uang Anda sebelum bepergian ke tempat ramai.

Baca: Pedofil Mengincar, Ini 5 Cara Hindari Anak dari Kejahatan Internet

#3. Jangan Lengah

Tetap awasi posisi tas dan waspadai orang di dekat Anda. Ketika duduk atau beristirahat di tempat publik jangan lupa tetap mengawasi tas dan barang bawaan Anda. Saat di bus atau kereta api, waspadai orang-orang yang terlalu dekat dan kerap menyentuh Anda. Jangan takut menatap mata orang yang mencurigakan dan berteriak ketika dia benar-benar berusaha mencopet Anda.

 

#4. Dompet di Depan

Jangan letakkan dompet Anda di saku belakang, karena hal ini memudahkan pencopet dan Anda tidak akan merasakannya ketika dompet tersebut menghilang. Khusus di kendaraan umum seperti bus, commuter line, dan Transjakarta akan lebih aman jika Anda meletakkan tas di depan dada. Strategi ini memudahkan Anda untuk mengawasi tas tersebut.

Baca: Biar Tak Menyesal Belanja Online, Cek Dulu 6 Panduan Ini

#5. Letakkan Terpisah

Pisahkan antara dompet untuk uang dan kartu-kartu anjungan tunai mandiri milik Anda. Sehingga saat Anda benar-benar kehilangan, hanya dompet berisi uang saja yang melayang. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk memblokir dan mengurusi dokumen kartu-kartu tersebut di bank. BC

KOMENTAR
500/500