5 Trik Selamatkan Sepeda Motor dari Incaran Begal

Estimasi Baca :

Bennets.co.uk - Kriminologi.id
Ilustrasi Begal, Foto : Bennets.co.uk

Kriminologi.id - Beredar video rekaman pengawas atau CCTV mengenai pencurian sepeda motor yang menjadi viral di media sosial. Peristiwa pencurian ini terjadi, Jumat, 8 September 2017 di depan sebuah mini market di Kompleks Ruko Permata Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Dalam tayangan CCTV tersebut tampak dua begal motor yang sedang menjalankan aksinya. Satu pelaku berusaha membobol kunci dari motor yang sedang diparkir. Pelaku lainnya menunggu di sepeda motor. Untungnya aksi ini dapat digagalkan oleh satpam kompleks tersebut.

Baca: Tips Aman Bagi Perempuan Saat Bepergian

Adapun angka kasus pencurian sepeda motor di Indonesia, khususnya Jakarta, memang relatif tinggi. Statistik kejahatan Kepolisian Daerah Metro Jaya menunjukkan bahwa terdapat 2.941 kasus pencurian kendaraan bermotor selama 2016.

Sebagai pemilik, Anda harus berusaha mengamankan kendaraaan masing-masing. Seperti yang disadur dari laman resmi Kepolisian Inggris, met.police.uk, terdapat beberapa formula yang dapat digunakan untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor. Berikut tipsnya:

 

1. Pilih Tempat Parkir

Pilihlah tempat parkir resmi yang disediakan oleh pemerintah. Tempat parkir resmi pemerintah ini menjamin adanya petugas yang selalu ada dan mengawasi tempat parkir. Selain itu, tempat parkir resmi biasanya memiliki kamera CCTV yang dapat memantau situasi dan kondisi.

Baca: Infografis Tips Hindari Aksi Kejahatan Jalanan

Jika tidak menemukan tempat parkir resmi di wilayah yang Anda datangi, parkirlah kendaraan Anda di tempat yang ramai dan penerangan yang baik. Usahakan agar kendaraan Anda diletakkan di tempat yang masih bisa Anda lihat.

 

2. Matikan Mesin

Jangan lupa untuk mematikan mesin kendaraan ketika ditinggalkan. Walaupun Anda merasa punya urusan hanya sebentar , tetap matikan mesin kendaraan. Begal dapat menggondol sepeda motor Anda dalam beberapa detik. Ketika Anda tidak mematikan mesin kendaraan, ini justru mempermudah pencuri beraksi.

 

3. Kunci Setir

Ketika Anda meletakkan kendaraan baik di rumah ataupun di tempat parkir, jangan lupa untuk mengunci setir. Ini akan menyulitkan pencuri saat melakukan aksinya. Selain itu, beberapa sepeda motor merek tertentu memiliki sistem pengamanan yang akan aktif ketika setir dikunci menghadap ke kanan.

 

4. Pengaman Tambahan

Usahakan untuk memasang pengaman tambahan, khususnya ketika Anda akan meninggalkan kendaran dalam jangka waktu yang lama. Pengaman tambahan ini bisa berupa gembok yang dipasang di lubang cakram depan untuk sepedo motor non-matic.

Sedangkan untuk sepeda motor matic bisa dipasang secure key shutter. Tombol ini harus dinyalakan terlebih dahulu sebelum menyalakan sepeda motor. Jika tombol ini tidak dinyalakan terlebih dahulu, maka sepeda motor tidak bisa dinyalakan. Pemasangan pengaman tambahan merupakan hal penting untuk mempersulit pencuri melakukan aksinya.

 

5. Pasang Alarm

Jika ada pencuri yang sedang berusaha membobol kunci kendaraan Anda, alarm akan berbunyi dan suaranya bisa menarik perhatian orang-orang di sekitar. Dengan begitu, pelaku akan membatalkan niatnya mencuri sepeda motor Anda. BC

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Tips & Trik 5 Trik Selamatkan Sepeda Motor dari Incaran Begal

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu