Foto: Pixabay.com

Biar Tak Menyesal Belanja Online, Cek Dulu 6 Panduan Ini

Estimasi Baca:
Sabtu, 26 Ags 2017 23:32:41 WIB

Kriminologi.id - Perkembangan teknologi berdampak pada ranah ekonomi. Salah satunya adalah munculnya e-commerce atau perdagangan electronik. E-commerce ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk melakukan penjualan, pembelian, pemasaran barang, dan jasa melalui Internet.

Menurut Data Sensus Ekonomi 2016 yang digelar Badan Pusat Statistik, pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia dalam sepukuh tahun terakhir mencapai 17 persen dan total belanja rata-rata 26,2 item. Sebab itu, saat ini mudah bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan melalui berbelanja secara online tentu saja tidak sepenuhnya aman. Masih ada potensi-potensi kejahatan yang dapat terjadi saat bertransaksi. Seperti yang disadur dari Welivesecurity.com berikut beberapa kiat yang harus Anda perhatikan ketika berbelanja online:

#1. Cek Reputasi

Sebelum membeli barang, sebaiknya mencari informasi tentang e-commerce mana yang terpercaya dan memiliki rekomendasi yang baik. Selain itu, di dalam e-commerce biasanya terdapat toko-toko yang menyediakan barang. Jangan tergiur pada harga yang murah, tetapi lihat bagaimana feedback dari pelanggan.

#2. Merek Terpercaya

Banyak barang yang serupa di e-commerce dengan harga yang lebih murah. Hati-hati dengan produk palsu atau kawe yang tentu saja kualitasnya jauh berbeda dengan barang asli. Pertimbangkan terlebih dahulu segala konsekuensinya sebelum membeli barang agar tidak menyesal di belakang hari.

#3. Pembayaran Aman

Membayar dengan kartu kredit harus sangat berhati-hati. Penggunaan secure payment saat bertransaksi tentu saja sangat membantu dalam menjaga keamanan akun anda.

#4. Alamat Website

Alamat website dengan menggunakan https akan mengenkripsi informasi sehingga data informasi anda akan tetap terjaga dan tidak tersebar. Selain itu perhatikan lambang padlock atau tanda gembok yang ada di samping alamat website. Jika lambang tersebut tidak ada maka Anda harus berhati-hati dan lebih baik dihindari.

#5. Jangan Tergoda

Iklan-iklan pop up yang muncul di halaman website biasanya menawarkan diskon atau promosi yang begitu besar. Biasanya Anda harus meng-klik iklan tersebut dan anda akan dibawa ke halaman website lain. Hati-hati karena bisa saja hal ini hanya kamuflase untuk mencuri data dan informasi anda.

#6. Ponsel Sendiri

Penggunaan WI-FI publik untuk melakukan transaksi tentu saja sangat berisiko. Data informasi personal dan kartu kredit Anda bisa tersebar dan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Oleh karena itu, ketika berbelanja secara online lebih baik Anda menggunakan data seluler dari perangkat Anda. BC

KOMENTAR
500/500