Cara Mendeteksi Interaksi Teroris Dalam Game Online

Estimasi Baca :

Ilustrasi Teroris. Ilustrasi: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi Teroris. Ilustrasi: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengaku tengah memberikan perhatian khusus pada perkembangan gim online yang begitu massif belakangan ini. Hal tersebut diungkapkan Jubir BSSN Anton Setiawan usai menjadi pembicara Seminar Indonesia International Defense Science (IIDS) 2018 di Universitas Pertahanan (Unhan), Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Fakta tersebut terkait dengan adanya dugaan kuat beberapa aplikasi gim daring (online) digunakan sebagai sarana komunikasi para teroris untuk melakukan serangan.

Anton menyebutkan adanya potensi serangan terorisme di Perancis menggunakan game PlayStation 4. Potensi yang lebih besar lagi disadari akan muncul dengan semakin berkembangnya gim online yang dioperasikan secara daring.

Perhatian khusus yang disampaikan BSSN ini bukan tidak berdasar. Beberapa tahun terakhir, dugaan pelibatan aplikasi gim yang dijalankan secara daring ini memang gencar diberitakan berbagai media internasional usaiserangan teror Perancis pada 2015.

Berdasarkan penelusuran Kriminologi.id dari berbagai sumber, Kota Paris digempur serangan teroris pada November 2015. Akibatnya, sedikitnya 127 tewas dan 300 lainnya terluka. 

Sebagai respons atas serangan teror tersebut, penggerebekan sejumlah sel-sel teroris dilakukan di sekitar Brussel untuk memburu mereka yang bertanggug jawab. Menariknya, pada salah satu penggerebekan, penyidik menemukan sebuah game console PlayStation 4 (PS4).

Atas temuan itu, dugaan penggunan gim online sebagai alat komunikasi teroris pun menguat. Menteri Dalam Negeri Belgia Jan Jambon pada saat itu mengatakan, PS4 digunakan agen ISIS untuk berkomunikasi.

Temuan dan klaim dari Jan Jambon ini pun langsung menjadi sorotan pemberitaan media internasional. Beberapa surat kabar menggunakan laporan di International Business Times (IBT), yang dirilis 14 November 2015, sebagai rujukan untuk memperkuat dugaan penggunaan game PS4 ini. Namun, klaim PS4 yang ditemukan sebagai bagian dari serangan teroris tetap belum terkonfirmasi hingga saat ini.

Dalam laporan IBT itu terdapat sejumlah klaim mengejutkan terkait video game dan potensinya sebagai alat komunikasi untuk teroris.

Sistem suara berbasis IP yang dimiliki PlayStation sulit untuk diselidiki para penyidik dibandingkan dengan bentuk komunikasi yang lebih tradisional, seperti ponsel dan komputer. Melalui sistem ini, teroris dapat mengirim pesan ke satu sama lain dalam permainan PlayStation tanpa berbicara atau mengetik sepatah kata pun.

Ilustrasi game online. Foto: Ist/Kriminologi.id
Ilustrasi gim online. Foto: Ist/Kriminologi.id

Meskipun masih belum jelas apakah serangan teroris di Paris memang menggunakan PS4 untuk berkomunikasi atau tidak, faktanya, ada beberapa fitur dalam game tersebut mulai dari mengirim pesan melalui layanan game daring PlayStation Network (PSN) dan obrolan suara, hingga berkomunikasi melalui permainan tertentu.

Hal tersebut menjadi menguatkan indikasi gim daring berpotensi menjadi jalur komunikasi rahasia yang efektif bagi kelompok-kelompok tertentu.

Lebih jauh lagi, Stephen Kish melalui kajian intelijen strategisnya, yang dirilis Patrick Henry College, mengungkapkan, dunia virtual yang dihadirkan game berbasis daring sangat potensial digunakan untuk tujuan-tujuan ilegal.

Server game menggunakan protokol enkripsi komunikasi dan finansial guna mencegah penipuan dan peniruan pengguna. Namun, dari protokol keamanan daring yang sama, memungkinkan aktor-aktor jahat untuk beroperasi daring secara terselubung.

Model game dengan massive multiplayer online (MMO), tambah Kish, menghadirkan peluang bagi teroris dan anggota kejahatan terorganisir lainnya untuk berkomunikasi dan mentransfer uang ke satu sama lain di bawah selimut enkripsi.

Kish mengungkapkan, badan intelijen di seluruh dunia mengakui adanya daya tarik anonim dari server game seperti League of Legends, World of Warcraft, PlayStation Network, dan Xbox Live. Para pemain memiliki realitas virtual yang di dalamnya mereka bisa menjadi siapa pun, berbicara dengan siapa pun, dan memberikan uang kepada siapa pun. Dalam artian lain, surga bagi teroris.

Kish menunjukkan beberapa fitur dalam game PlayStation yang bisa dijadikan celah para teroris untuk menjalankan aksinya. Komunikasi melalui PlayStation Network (PSN) adalah cara yang mudah diakses dan lebih aman bagi teroris untuk berkomunikasi satu sama lain. Diperkirakan ada lebih dari 65 ribu pengguna aktif PlayStation di seluruh dunia, jaringan komunikasi yang luas ini membuat hampir tidak mungkin dipantau.

Selain itu, celah lainnya adalah teroris memiliki pilihan untuk berbicara satu sama lain dalam permainan-permainan tertentu, misalnya Call of Duty. Dalam permainan itu, mereka dapat membuat pertandingan multi-pemain dan memulai obrolan melalui suara atau teks, yang akan menghilang jejaknya begitu pertandingan selesai. NL

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Tips & Trik Cara Mendeteksi Interaksi Teroris Dalam Game Online

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu