Ilustrasi Pasangan, Foto: Pixabay.com

Cari Jodoh Online, Ini 7 Trik Aman Bertemu Si Dia

Estimasi Baca:
Sabtu, 4 Nov 2017 14:35:23 WIB

Kriminologi.id - Perkembangan teknologi di era digital ini semakin memudahkan manusia dalam berbagai hal. Mulai dari melakukan hal-hal kecil hingga yang rumit sekalipun. Telkom Indonesia pada 2013 pernah menggunakan slogan "Dunia dalam Genggamanmu." Saat ini slogan tersebut rasanya benar-benar menggambarkan apa yang terjadi di dalam masyrakat. Hampir semua masalah dapat diselesaikan dengan ponsel pintar yang Anda miliki.

Sekarang, jika lapar, tinggal membuka ponsel dan dengan membuka aplikasi, memilih menu, dan selanjutnya makanan akan diantar ke tempat Anda. Bahkan seluruh peralatan di rumah seperti televisi, mesin cuci dan kompor sekalipun dapat dioperasikan melalui ponsel pintar Anda.

Baca: Simak, Cara Bijak Hindarkan Anak dari Predator Seksual

Tidak hanya itu, urusan hati dan jodoh pun dapat dilakukan melalui ponsel. Begitu banyak aplikasi yang menyediakan layanan mempertemukan Anda dengan jodoh. Beberapa aplikasi ada yang berhasil mempertemukan Anda dengan si dia, tapi ada juga yang gagal. Beberapa situs mak comblang yang populer di kalangan anak muda seperti aplikasi Tinder, Setipe, Badoo, serta OkCupid.

Aplikasi ini ada yang gratis tanpa syarat. Anda hanya diharuskan mendaftar dan membuat profil diri di aplikasi tersebut. Tetapi Anda harus ingat bahwa tidak semua orang yang ada di dalam aplikasi tersebut bertujuan baik. Ada saja orang-orang yang memiliki niat jahat dan ingin memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mencari korbannya.

Baca: Jika Rampok Satroni Rumah Anda, Ini yang Harus Dilakukan

Sepekan yang lalu sales promotion girl asal Bogor bernama Herawati ditemukan meninggal pada 23 Oktober 2017. Herawati menjadi korban perampokan dan pembunuhan. Pelaku mengakui bahwa mereka mencari calon korbannya melalui media sosial dan aplikasi jodoh yang populer di kalangan anak muda.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi atau pun media sosial untuk bertemu orang asing atau teman baru sebaiknya harus lebih berhati-hati. Seperti yang disadur dari independent.co.uk, beberapa tips ini dapat membantu Anda agar tidak menjadi korban dari kencan online 

1. Kenali Lawan Bicara

Cobalah mengenali sifat-sifat yang dia tampakkan saat kalian saling mengirim pesan. Anda harus tetap waspada terhadap informasi-informasi yang ditampilkan dalam profil dirinya. Bisa saja apa yang disebutkan tidak benar, apalagi jika di profil dirinya hanya memuat informasi yang sedikit.

2. Kumpulkan Informasi

Berkencan secara online artinya memulai hubungan dan komunikasi tanpa bertemu lawan jenis di dunia nyata. Biasanya ketika merasa nyaman berkomunikasi di dunia maya baru kemudian bertemu di dunia nyata. Sebelum bertemu pasangan di dunia nyata, kumpulkanlah informasi yang dia miliki. Misalnya nomor telepon, email, dan akun-akun media sosialnya yang lain. Ini untuk mengetahui bagaimana kehidupan sosialnya dan apakah informasi yang dia sampaikan memiliki kesamaan dengan akunnya yang lain.

3. Cek Secara Offline

Mengecek apakah seseorang yang sedang berkomunikasi dengan Anda adalah dia yang sebenarnya itu penting. Jika pernah menanyakan tempat dia bekerja atau tempat dia tinggal, sebisa selidiki dari teman-teman Anda yang bekerja di gedung yang sama ataupun tinggal di lingkungan yang sama. Ini penting sebelum memutuskan bertemu pasangan Anda di dunia nyata. 

4. Jika Ragu, Tinggalkan

Setelah mengumpulkan informasi dan kemudian melakukan pengecekan secara offline, ternyata informasi yang dia berikan sebelumnya meragukan maka tinggalkan saja. Setiap Anda ragu terhadap seseorang, maka lebih baik sudahi dan cari orang lain yang lebih meyakinkan. Jangan tergiur dengan kata-kata manis yang dia sampaikan. Bisa jadi dia melakukannya untuk memancing Anda agar terjebak tipu muslihatnya.

5. Temui di Tempat Ramai

Jika Anda memutuskan menemuinya maka pilihlah tempat yang netral dan ramai. Bisa saja di kedai kopi yang biasa Anda datangi atau tempat-tempat yang sudah Anda kenal. Berjanjilah untuk langsung menemuinya di lokasi yang telah ditentukan, jangan biarkan dia menjemput Anda dan bersama-sama pergi ke tempat tersebut. Ini bisa menjadi peluang baginya untuk melakukan kejahatan pada Anda. 

6. Temui di Pagi Hari

Walaupun bertemu di pagi atau siang hari agak tidak lazim dilakukan, namun ini waktu aman bertemu orang yang baru Anda kenal. Ajak pasangan Anda bertemu di siang hari saat hari libur seperti Sabtu atau Minggu. Saat siang hari, orang-orang sekitar Anda dapat melihat secara jelas apa yang sedang kalian lakukan. Sehingga ketika ada tindakan yang mencurigakan, mereka dapat membantu Anda.

7. Kabarkan Pada Teman

Sebelum bertemu pasangan, jangan malu mengabarkan pada teman-teman dekat Anda. Berikan informasi-informasi tentang pasangan Anda kepada mereka dan juga informasikan tempat kalian akan bertemu. Sehingga ketika memang Anda tidak ada kabar setelah pertemuan itu, mereka segera menyadari dan tahu harus mencari kemana. Setidaknya ini juga memudahkan pekerjaan polisi jika sesuatu yang buruk terjadi dengan diri Anda. Polisi akan lebih cepat menemukan keberadaan Anda. BC

KOMENTAR
500/500