ilustrasi Penipuan PNS. Ilustrasi: Kriminologi.id

Ini 6 Cara Kebal Rayuan Sindikat Penipu CPNS

Estimasi Baca:
Sabtu, 11 Nov 2017 12:05:45 WIB

Kriminologi.id - enjadi pegawai negeri sipil atau PNS di Indonesia adalah cita-cita banyak orang. Ini terlihat dari jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS yang membeludak. Data yang dilansir oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada sekitar 1,14 juta pelamar CPNS gelombang pertama dan sekitar 1,21 juta pelamar di gelombang kedua.

Begitu tingginya animo masyarakat menjadi pegawai negeri dilihat sebagai peluang bagi orang-orang yang berniat jahat. Contohnya Yuli Ratnasari yang diduga menipu 130 korbannya. Yuli mengaku mengenal beberapa pejabat pemerintahan dan bisa meloloskan korbannya menjadi pegawai negeri asalkan mereka membayar sejumlah uang tertentu.

Baca: Tips Hindari Penipuan Investasi, Jangan Tergiur Untung Besar

Modus penipuan ini sebenarnya bukan hal yang baru di Indonesia. Banyak pihak yang mengaku bisa meloloskan tes CPNS dengan membayar sejumlah dana tertentu. Tak tanggung-tanggung, dananya bisa puluhan juta rupiah tergantung institusi yang dituju. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang termakan bujuk rayu pelaku penipuan modus ini.

Infografik Tips Kebal Tipu Rayu Penipu CPNS. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Menurut informasi yang dihimpun Kriminologi dari berbagai sumber, terdapat beberapa hal yang bisa diperhatikan agar tidak menjadi korban penipuan jenis ini.

1. Tidak Ada Cara Instan

Harus disadari mencari pekerjaan di Indonesia susah. Satu hal yang harus diingat tidak ada cara instan untuk mendapatkannya. Setiap orang harus berusaha keras dalam tes penerimaan. Jadi, jika ada pihak yang menjanjikan bahwa dia bisa menjadikan Anda sebagai PNS tanpa melalui tes CPNS maka bisa dipastikan itu adalah penipuan.

2. Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya dengan desas-desus atau rumor yang mengatakan si A bisa membantu lulus tes CPNS atau si B saudara pejabat pemerintah jadi urusan bisa gampang. Seringkali pelaku sengaja memberitakan hal tersebut dan bahkan menyewa beberapa orang untuk memperkuat kebohongannya.

3. Menjadi PNS Tidak Mudah

Menjadi PNS tak mudah, banyak orang bersaing untuk satu posisi. Bahkan jutaan orang saling berebut untuk formasi yang ditawarkan. Tes yang harus ditembus tidak hanya sekali. Ada tes tulis, tes psikologis, tes wawasan nusantara, tes wawancara, hingga tes prakti.k Jika ada orang yang menjanjikan lolos semua tes tersebut tentu saja harus dicurigai. Tes CPNS tidak hanya melibatkan satu pihak saja sehingga hampir tidak mungkin untuk berbuat curang.

4. Sistem Penerimaan CPNS Terintegrasi

Sistem yang dibangun dalam penerimaan CPNS saat ini terintegrasi antara institusi dan Badan Kepegawaian Negara. Transparansi dan pengawasan diperketat. Salah satu buktinya dapat terlihat dari pendaftaran bagi pelamar CPNS melalui satu situs saja yaitu sscn.bkn.go.id.

Baca: Tips Aman Bagi Perempuan Saat Bepergian

Semua pendaftaran dilakukan secara online dan seleksi administrasi awal dilakukan melalui sistem sehingga sulit diintervensi. Jika ada yang mengaku mengenal presiden sekalipun tetap tidak mungkin untuk melakukan intervensi terhadap sistem. Oleh karena itu, tinggalkan saja pihak yang mengaku bisa membantu agar lolos tes CPNS.

5. Berpikir Logis

Berpikir logis terhadap semua tipu daya pelaku penipuan. Berdasarkan poin-poin sebelumnya dapat dilihat bahwa sistem yang dibangun dalam penerimaan CPNS kali ini memang bertujuan untuk meminimalisasi kecurangan. Pantaulah informasi dari kanal-kanal resmi pemerintahan dan cocokkan dengan apa yang pelaku penipuan tersebut katakan.

Baca: Kiat Aman Belanja Online

Jika ternyata memang tidak cocok maka artinya pihak-pihak ini memang penipu. Jika Anda dapat berpikir logis sejak awal maka Anda akan menyadari bahwa tidak mungkin untuk lolos CPNS hanya dengan bermodal sejumlah dana tertentu dan dengan menitipkan nama pada pejabat tertentu.

6. Percaya pada Kemampuan dan Takdir

Percaya saja pada kemampuan sendiri. Jika Anda tidak yakin maka berusahalah meningkatkannya. Saat ini banyak bertebaran buku latihan soal untuk tes masuk CPNS. Pelajari pola pertanyaannya dan banyaklah berlatih menjawab soal-soal tersebut. Terakhir adalah percaya pada takdir.

Semaksimal mungkin Anda berusaha dan ternyata masih saja gagal, maka percaya saja pada takdir Tuhan bahwa tempat Anda bukan di institusi pemerintahan. Anda bisa mencobanya lagi tahun depan dan tetap berpikiran terbuka bahwa mungkin saja Tuhan menyiapkan tempat bekerja yang lebih tepat untuk Anda. BC

KOMENTAR
500/500