Joging Sendirian, Simak Dulu 5 Tips Aman Ini

Estimasi Baca :

Pixabay.com - Kriminologi.id
Pixabay.com

Kriminologi.id - Berlari menjadi tren olahraga yang banyak diminati saat ini. Olahraga ini praktis untuk dilakoni dan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Kini, berlari banyak dilakukan pada pagi maupun malam hari.

Begitu banyak kompetisi lari yang diselenggarakan di seantero Indonesia, bahkan tidak tanggung-tanggung hadiah yang ditawarkan pun puluhan juta rupiah.

Baca: Diduga Korban Tabrak Lari, Pengendara Motor Tewas dengan Kepala Luka

Komunitas-komunitas olahraga lari bermunculan di seluruh daerah di Indonesia. Komunitas inilah yang menggelar acara latihan dan lari bersama. Namun tidak menutup kemungkinan juga latihan rutin dilakukan seorang diri.

Tapi, bagi Anda yang ingin berlari kecil sebagai cara menjaga kesehatan atau joging di sekitar rumah, tetap bisa dilakukan meskipun sendirian di pagi maupun malam hari.

Lantas, bagaiman aktivitas joging Anda tetap aman? Simak beberapa tips dan trik yang disadur dari fitnessmagazine.com agar berlari tetap aman untuk dilakukan oleh Anda pecinta olahraga lari.

1. Bawa Ponsel

Meskipun terlihat merepotkan, membawa ponsel saat berlari akan sangat membantu Anda. Pasang aplikasi yang dapat merekam jejak rute lari Anda dengan fitur GPS yang ada di dalamnya. Update informasi apapun yang diperlukan kepada orang-orang terdekat Anda selama berlari.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah ditemukan jika terjadi sesuatu pada diri Anda. Keberadaan ponsel juga dapat mempermudah Anda menghubungi orang-orang terdekat yang dapat menolong Anda jika terjadi keadaan darurat, seperti terkilir atau kecelakaan.

2. Hindari Earphone

Hindari mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Penggunaan earphone ketika mendengarkan musik hanya akan menurunkan tingkat kewaspadaan Anda dalam mendeteksi hal-hal yang dapat merugikan diri Anda. Jika Anda tipe orang yang sangat butuh mendengarkan musik untuk memotivasi Anda selama berlari, maka sebaiknya Anda menggunakan pengeras suara pada ponsel. Putarlah musik dengan volume yang tidak berlebihan agar panca indera Anda tetap dapat mendeteksi segala pertanda bahaya yang mungkin ada di sekitar lokasi Anda berlari.

Baca: Wanita Bugil Tabrak Lari di Mangga Dua Idap Bells Palsy

3. Buat Diri Anda Mencolok

Jika Anda memiliki kebiasaan berlari di malam hari, maka Anda perlu membuat diri Anda terlihat mencolok. Kondisi malam hari memungkinkan adanya penerangan yang minim di beberapa titik rute lari Anda. Pada kondisi demikian, kecelakaan sangat mungkin untuk terjadi. Tentu Anda tidak ingin menjadi korbannya bukan?

Untuk itu, tidak ada salahnya membuat diri Anda terlihat mencolok dengan reflective running gear. Dengan perlengkapan ini, pengguna kendaraan dapat mengetahui keberadaan Anda meskipun dengan penerangan yang minim atau, jika kecelakaan tak dapat dihindari pun, paling tidak Anda mudah ditemukan oleh tim pencari ketika hal buruk menimpa diri Anda.

4. Variasikan Kebiasaan

Berlari di rute dan waktu yang sama setiap hari bukanlah ide yang baik. Kebiasaan yang sama membuat Anda menjadi lebih mudah terbaca dan membuka peluang bagi Anda untuk menjadi korban kejahatan. Cobalah membuat alternatif rute-rute baru. Variasikan dengan waktu dan hari yang berbeda pula.

Hal ini bukan saja membantu Anda terhindar dari pelaku kejahatan, namun juga dapat membuat otak Anda lebih fresh dan terhindar dari kejenuhan karena berlari di tempat yang berbeda setiap harinya. Namun, perlu dicatat, Anda juga harus yakin bahwa jalur alternatif yang Anda buat sudah Anda kenali dengan baik. Hindari memilih jalur yang sangat asing bagi Anda karena hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman sepanjang aktivitas berlari.

Baca: Polisi Buru Pelaku Tabrak Lari Wartawan Tribun Sumsel

5. Pelajari Bela Diri

Meski tidak mudah dan tidak semua orang bisa, tak ada salahnya jika Anda belajar teknik dasar bela diri. Hal ini akan sangat berguna apabila kemungkinan terburuk benar-benar terjadi saat berlari. Tentu akan sulit jika pelaku kejahatan yang Anda hadapi berjumlah lebih dari seorang, namun Anda akan tetap dapat diuntungkan jika lawannya hanya satu orang. Dengan demikian, Anda dapat bebas lari tanpa khawatir.

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Tips & Trik Joging Sendirian, Simak Dulu 5 Tips Aman Ini

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu