Kenali Tanda dan Gejala Anak Ketergantungan Narkoba

Estimasi Baca :

Ilustrasi narkoba, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi narkoba, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Pengungkapan kasus narkoba kembali marak. Dalam kurun waktu yang relatif berdekatan di bulan Februari lalu, empat artis kenamaan terciduk petugas kepolisian terkait kasus penyalahgunaan narkoba yaitu Fachri Albar, Roro Fitria, Dhawiya dan Rizal Djibran.

Dari pengungkapan itu, tiga dari empat artis yang ditangkap tersebut diketahui bukan baru pertama kali menggunakan narkoba. 

Dari hasil pemeriksaan polisi, Fachri Albar mengaku sudah memakai ganja mulai 2015 dan sabu-sabu sejak setahun terkahir. Sementara Dhawiya diketahui sudah mengonsumsi narkoba jenis sabu sejak tahun 2010.

Baca: Pakai Ganja Sejak 2015, Fachri Albar Diciduk Setelah Diintai 3 Bulan

Rizal Djibran juga sudah tiga kali menjalani pemeriksaan atas dugaan penggunaan narkoba sejak tahun 2017. Namun dalam upaya pemeriksaan pertama dan kedua, Rizal selalu lolos, sementara di pemeriksaan yang ketiga ini baru terbukti.

Efek ketergantungan yang ditimbulkan oleh narkoba membuat para penyalahgunanya sulit untuk berhenti. Alhasil penyalahgunaan terhadap penggunaan narkoba justru berulang. Hal ini jelas sangat berdampak buruk bagi generasi muda.

Oleh karena itu, ada baiknya para orang tua untuk mulai mencoba mengenali tanda dan gejala apa saja yang muncul ketika individu menggunakan dan mulai ketergantungan narkoba. 

Infografik gejala dan ciri fisik pengguna narkoba. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Pengenalan akan tanda dan gejala ini menjadi penting agar ada penanganan yang sedini mungkin sebelum narkoba semakin menggerogoti dan merusak anak Anda.

Baca: Polisi: Dhawiya Zaida Pakai Narkoba Sejak 2010

Tanda-tanda awal yang paling mudah diidentifikasi adalah adanya beberapa perubahan pada fisik.

Merujuk pada artikel yang dikeluarkan oleh HelpGuide, sebuah situs kesehatan mental dan emosional, tanda-tanda fisik yang paling umum terlihat pada orang yang ketergantungan narkoba antara lain:

  • Mata merah, pupil lebih besar atau lebih kecil dari biasanya
  • Perubahan pada pola makan atau pola tidur
  • Penurunan atau peningkatan berat badan yang tiba-tiba
  • Memburuknya penampilan fisik
  • Adanya bau yang tidak biasa pada nafas, badan, atau pakaian
  • Tremor, bicara tidak jelas, atau koordinasi yang terganggu

Lebih jauh lagi, artikel berjudul Drug Abuse and Addiction: Recognizing the Signs and Symptoms of Durg Use and Addiction itu juga menunjukkan tanda dan gelaja yang biasanya muncul akibat penggunaan narkoba jenis-jenis tertentu. Simak tanda dan gejalanya berikut ini:

Mariyuana/ganja: mata merah dan berkaca-kaca; nada bicara keras, tertawa yang tidak jelas diikuti dengan rasa kantuk; kehilangan minat dan motivasi; peningkatan atau penurunan berat badan yang tak wajar.

Stimulan (termasuk amphetamine, kokain, sabu-sabu): pupil melebar; sikap hiperaktif; euforia; mudah marah; mudah gelisah; berbicara berlebihan dan diikuti oleh depresi atau waktu tidur yang tidak biasa, cenderung berlebihan; bisa pergi dalam jangka waktu yang lama tanpa makan atau tidur; penurunan berat badan; mulut dan hidung menjadi kering.

Baca: Narkoba Menyerbu Indonesia karena Eksekusi Mati Terlalu Lama

Inhalan atau hisap (lem, aerosol, uap): mata berair; gangguan pada penglihatan, ingatan dan pikiran; sekresi dari hidung atau ruam di sekitar hidung dan mulut; sakit kepala dan mual; munculnya keracunan; rasa kantuk; kontrol otot yang buruk; perubahan nafsu makan; mudah gelisah; mudah marah; banyak kaleng aerosol di tempat sampah.

Halusinogen (LSD, PCP): pupil membesar; perilaku yang aneh dan irasional termasuk paranoia, agresif, halusinasi; suasana hati berubah-ubah; menarik diri dari orang lain; bicara tidak jelas; kebingungan.

Heroin: pupil mengkerut atau mengecil; pupil tidak ada respon pada cahaya; muncul tanda jarum pada kulit; waktu tidur yang tidak biasa; berkeringat yang berlebih; muntah-muntah; batuk-batuk dan terisak; kejang; kehilangan selera makan.

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Tips & Trik Kenali Tanda dan Gejala Anak Ketergantungan Narkoba

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu