Tips Aman Bagi Perempuan Saat Bepergian

Estimasi Baca :

Pixabay.com - Kriminologi.id
ilustrasi tips aman bagi perempuan, Foto: Pixabay.com

Kriminologi.id - Waspadalah saat Anda bepergian seorang diri, tidak hanya pergi berlibur atau pun pelesiran ke tempat-tempat baru. Bepergian seorang diri termasuk juga ketika Anda pergi ke kantor, ke sekolah atau kampus, dan juga pulang ke rumah.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan terutama jika Anda perempuan dan sendirian. Perempuan termasuk kelompok rentan seperti yang disebutkan oleh Komisi Nasional Perempuan. Ketika bepergian seorang diri, perempuan kian rentan menjadi korban kejahatan.

Berdasarkan Catatan Tahunan Komisi Nasional Perempuan 2017 menyebutkan angka kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di ranah komunitas adalah 3.092 kasus. Kejahatan terhadap perempuan seperti penculikan, pemerkosaan, dan perampokan.

Adapun Ranah komunitas artinya pelaku dan korban tidak memiliki hubungan kekerabatan, darah, dan perkawinan sehingga pelaku bisa saja tetangga, guru, teman kantor, ataupun orang yang sama sekali tidak dikenal.

Rutinitas Anda berangkat kantor dan pulang kantor seorang diri juga dapat membahayakan Anda. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman ketika bepergian seorang diri.

 

1. Jauhi Jalanan yang Gelap dan Sepi

Ketika sedang berjalan sendirian, hindari tempat-tempat yang sepi dan gelap. Apalagi ketika di kiri dan kanan jalanan tersebut adalah semak-semak atau pohon-pohon yang rimbun. Semak dan pepohonan bisa digunakan oleh pelaku kejahatan untuk bersembunyi dan kemudian menyergap korbannya.

Usahakanlah Anda selalu berada di jalanan yang ramai yakni tempat banyak orang berkumpul ataupun toko-toko yang masih buka. Sehingga ketika terjadi kejahatan, Anda bisa langsung berteriak dan mendapat bantuan dari orang-orang di sekitar.

 

2. Jangan Mudah Kasihan

Jangan mudah percaya dan merasa kasihan terhadap orang-orang lain. Ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Beberapa modus baru dalam melakukan kejahatan adalah dengan memanfaatkan perasaan korbannya. Misalnya ada anak kecil yang mengaku salah jalan atau tidak ingat jalan pulang.

Jangan langsung mengantarkan anak tersebut pulang, bisa saja itu tipu muslihat pelaku kejahatan. Lebih baik Anda membawa anak itu ke kantor polisi terdekat atau menelepon polisi untuk datang menghampiri Anda. Sehingga ketika anak ini benar-benar anak yang tersesat, Anda tetap membantu anak tersebut.

Ada juga modus kejahatan yang dilakukan para penjahat dengan berpura-pura menanyakan nama tempat ataupun alamat tertentu. Pelaku biasanya berjumlah satau hingga dua orang yang mengendarai mobil dan kemudian menanyakan alamat pada Anda yang sebenarnya dekat dari lokasi Anda.

Mereka akan berpura-pura tidak paham dan kemudian menawarkan agar Anda ikut mengantarkan mereka dan bersama-sama menaiki mobil tersebut. Jangan pernah menaiki mobil tersebut, segera tolak tawaran tersebut dan hindari tempat tersebut menuju ke tempat yang ramai dan banyak orang.

 

3. Manfaatkan Ponsel

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengatur fitur panggilan cepat atau speed dial di ponsel. Atur agar ketika Anda menelepon angka 1 secara otomatis terhubung dengan kantor polisi. Sehingga ketika Anda berada dalam situasi dan kondisi darurat, Anda dapat dengan segera menghubungi polisi.

Ketika berjalan dan kemudian Anda merasa dikuntit seseorang ataupun tiba-tiba jalanan menjadi lengang maka berpura-puralah Anda menelepon seseorang. Ceritakan situas terkini dengan suara keras bahwa Anda berada di mana, di jalan apa, bagaimana keadaan orang-orang di sekitar Anda.

Strategi tersebut akan membuat pelaku untuk berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan, karena Anda sudah memberikan gambaran yang mendetail tentang kondisi saat itu dan orang-orang yang berada di sana.

 

4. Beri Kabar Teman dan Keluarga

Sebelum Anda pulang kerja, beri kabar pada teman dekat atau keluarga di rumah bahwa Anda dalam perjalanan pulang. Informasikan kepada orang-orang tersebut tentang perkiraan waktu Anda saat sampai di rumah. Cara tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ketika terjadi sesuatu dengan Anda.

Ketika tidak segera sampai di rumah atau di kantor padahal waktu yang Anda perkirakan terlewati sementara ponsel Anda tiba-tiba tidak dapat dihubungi, teman atau keluarga Anda akan segera memahami memang ada sesuatu yang tidak beres. Mereka dapat segera melakukan pencarian dan melapor kepada polisi. BC

Baca Selengkapnya

Home Lapor & Waspada Tips & Trik Tips Aman Bagi Perempuan Saat Bepergian

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu