Ilustrasi pembantu rumah tangga. Foto: Pixabay.com

Tips Hindari Pencuri dengan Modus Pembantu Infal Saat Lebaran

Estimasi Baca:
Minggu, 10 Jun 2018 20:00:45 WIB

Kriminologi.id - Momen libur lebaran dijadikan sebagai kesempatan oleh masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman, demi berkumpul dan merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. Tak terkecuali oleh pembantu rumah tangga atau PRT. Namun banyak kasus pembantu infal hanya dijadikan modus oleh para pencuri.

Bagi banyak orang yang biasa menggunakan jasa pembantu rumah tangga, momen mudiknya pembantu membuat pekerjaan di rumah terasa lebih berat. Mencari pembantu infal atau pembantu pengganti menjadi alternatif yang banyak dipilih.

Karena dipekerjakan PRT secara musiman, yakni hanya selama libur Lebaran, sudah tentu Anda harus lebih teliti dalam mencari dan memilih pembantu infal agar rumah Anda tetap aman.

Hal ini dikarenakan jasa pembantu infal bisa dijadikan sebagai modus oleh pelaku kejahatan dalam menjalankan aksinya.

Infografik tips aman memilih pembantu infal saat lebaran. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Mengutip dari berbagai sumber, berikut Kriminologi.id berikan beberapa tips aman memilih pembantu infal di rumah Anda.

1. Gunakan Yayasan atau Lembaga Penyalur yang Kredibel

Carilah yayasan atau lembaga penyalur pembantu yang resmi dan kredibel. Penilaian awal terkait kredibilitas penyalur adalah dengan melihat terlebih dahulu izin resmi perusahaan tersebut. Kemudian, cari tahu bagaimana reputasi dari penyalur, apakah pernah bermasalah atau tidak selama beroperasi.

Memastikan penyalur sudah memiliki kredibilitas dan cermat dalam memilih tenaga infal akan membuat Anda akan lebih aman, ketika terjadi sesuatu pun akan lebih mudah mengajukan komplain kepada penyalur yang bersangkutan.

2. Lakukan Wawancara dengan Calon Pembantu Infal

Lakukan wawancara secara informal dengan calon pembantu infal yang akan Anda pilih. Wawancara sangat disarankan sebagai langkah awal Anda untuk mengetahui informasi tentang si calon pembantu, tanyakan mengenai identitas, latar belakang, serta keahlian yang dimilikinya.

Selain untuk menghimpun informasi, wawancara juga dilakukan sebagai langkah untuk menemukan calon pembantu mana yang cocok untuk bekerja dengan Anda, dengan mempertimbangkan bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan Anda.

3. Cek Identitas Calon Pembantu Infal

Melakukan pengecekan keaslian identitas calon pembantu infal adalah keharusan. Tujuannya adalah agar Anda tidak tertipu oleh pembantu infal yang palsu. Jika perlu, Anda bisa mendatangi alamat yang tertera di kartu identitas untuk memastikan lebih jauh bahwa si calon pembantu memang tinggal di alamat tersebut. 

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari tindak kejahatan bermodus pembantu infal. Selain itu, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda sudah mengetahui alamat tinggal si calon pembantu dengan jelas sebagai bentuk antisipasi.

4. Telusuri Rekam Jejak Calon Pembantu Infal

Selain mencari tahu tentang keaslian identitas, rekam jejak calon pembantu infal juga perlu dilakukan. Ada baiknya Anda mengecek latar belakang serta pengalaman kerja calon pembantu yang akan dipilih.

Anda dapat menelusuri reputasi si calon pembantu di tempat kerja sebelumnya. Anda harus memastikan apakah calon memiliki masalah atau tidak tempatnya bekerja sebelumnya. Hasi; dari penelusuran reputasi ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan calon mana yang akan Anda pilih untuk bekerja. AS

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500