Ilustrasi kekerasan ekonomi terhadap wanita. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Infografik Bentuk Kekerasan Ekonomi pada Perempuan

Estimasi Baca:
Rabu, 8 Ags 2018 22:15:01 WIB

Kriminologi.id - Kekerasan terhadap perempuan di Indonesia menjadi perhatian berbagai kalangan. Kekerasan fisik dan kekerasan seksual merupakan dua bentuk kekerasan yang kerap dialami perempuan. Namun kekerasan tak melulu berdampak fisik atau seksual. Salah satunya kekerasan yang penting untuk diketahui ialah kekerasan ekonomi. Dibanding kekerasan fisik atau seksual, faktanya kekerasan ekonomi merupakan kekerasan yang paling umum terjadi pada perempuan Indonesia.

Berdasarkan data Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) yang dilaksanakan oleh BPS pada tahun 2016, mengungkap bahwa 1 dari 3 perempuan Indonesia berusia 15 hingga 64 tahun yang sempat atau sedang menikah pernah menjadi korban kekerasan ekonomi dari pasangannya.

Survei tersebut membuktikan kekerasan ekonomi pada perempuan menempati peringkat pertama dari bentuk kekerasan lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut telah Kriminologi.id rangkum data kekerasan ekonomi pada perempuan yang terangkum dalam tampilan infografik di bawah ini.

Infografik Kekerasan Ekonomi. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id
Infografik Kekerasan Ekonomi. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

 

Multimedia: Amin H. Al Bakki
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500